Penjelasan Apa Itu UEFI dan Bedanya Dengan Legacy

Penjelasan Apa Itu UEFI dan Bedanya Dengan Legacy

√ Perbedaan UEFI dan Legacy Mode - Pilih yang Mana?Jogja One Solution – Pada dasarnya sebuah komputer atau perangkat IT pasti memiliki software yang berfungsi sebagai jembatan antara sistem operasi dengan hardware, software ini adalah Firmware. Dalam beberapa merk motherboard terdapat beberapa cara untuk bisa masuk dalam sistem bios pada saat booting seperti menekan tombol F2/delete pada keyboard, atau merestart komputer dan tekan F8.Kemudian setelah masuk pada menu setting, anda akan menemukan informasi terkait komputer tersebut mulai dari waktu, tanggal, hardware, dll. Pada informasi disaat proses booting pada bios anda akan menemukan mode UEFI dan legacy.  Berikut ini penjelasan apa itu UEFI dan bedanya dengan legacy.

 

 

Apa Itu UEFI

UEFI singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface. UEFI adalah pembaruan teknologi terbaru dari BIOS yang berfungsi mengupdate fungsi BIOS yang sudah ketinggalan zaman. Awal mulanya UEFI muncul pada pertengahan tahun 1990an dimulai dari hadirnya stAndar EFI yang ada pada komputer server. Saat itu yang sudah menggunakan firmware EFI adalah perusahaan Intel dan HP.

Kemudian seiring berjalannya waktu sistem EFI mengalami perkembangan agar bisa digunakan pada semua komputer, tidak terbatas pada komputer server saja. Hasilnya lahirlah sistem baru UEFI atau EFI V2.X, tetapi lebih banyak yang menyebutnya dengan UEFI.

UEFI BIOS

Saat ini UEFI sudah mulai banyak digunakan pada komputer dan laptop generasi terbaru. Karena saat ini hardware komputer sudah lebih canggih dan BIOS sudah tidak bisa mendukung lagi, terutama pada penggunaan hardisk yang lebih besar dari 2 terabyte. UEFI hadir untuk mengatasi permasalahan BIOS yang sudah ketinggalan zaman, berikut kelebihan yang dimiliki UEFI.

Kelebihan UEFI

    • UEFI memiliki komunikasi yang lebih baik  dengan hardware dan firmware dibandingkan dengan BIOS. Contoh saja UEFI tidak lagi memerlukan boot sector pada hardisk, bisa menggunakan mouse dan keyboard untuk interface.
    • UEFI bisa custom program sehingga produsen hardware bisa menambahkan aplikasi dan driver di dalamnya, jadi sudah tidak perlu lagi CD driver seperti yang ada pada komputer BIOS.
    • Tampilan UEFI lebih menarik dan modern dibandingkan BIOS.
    • Bisa menggunakan mouse dan keyboard untuk inputnya.
    • Security UEFI lebih kuat jika dibandingkan dengan BIOS
    • UEFI mendukung kapasitas hardisk lebih dari 2,2 TB, jadi lebih aman untuk Anda yang suka menyimpan file pada hardisk.
    • UEFI memiliki waktu startup yang lebih cepat.
    • Proses resume dari hibernate yang lebih cepat.
    • UEFI mendukung driver perangkat 64 bit.
    • Saat ini UEFI bisa menjalankan BIOS, jadi untuk hardware lama masih bisa tetap berjalan normal.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat