Penjelasan Apa Itu Feedback dan Jenisnya

Penjelasan Apa Itu Feedback dan Jenisnya

Penjelasan Apa Itu Feedback dan Jenisnya

Gambar : umpan balik, penelitian, menerima, peduli, kepuasan, bisnis, nasihat, daftar pertanyaan, ulasan, meminta, surat keterangan, layanan, pelanggan, pendapat, penulisan, penilaian, klien, melaporkan, usul, mendukung, evaluasi, ide, melihat, teks ...Jogja One Solution – Umpan balik (feedback) adalah tanggapan yang diberikan oleh seorang komunikan (penerima pesan) ketika seorang komunikator (pemberi pesan) sedang menyampaikan pesannya. Dalam arti singkat, feedback dapat dikatakan sebagai tanggapan atau respon terhadap suatu pesan. Feedback yang ditimbulkan dari proses komunikasi memberikan gambaran kepada komunikator tentang hasil komunikasi yang dilakukannya. Feedback merupakan satu – satunya elemen yang dapat men- judge komunikasi yang telah berlangsung berhasil atau gagal. Ini bisa berupa respon positif atau respon negatif. Berikut ini penjelasan apa itu feedback dan jenisnya.

 

 

Pengertian Feedback

feedback

Jika diartikan secara kata, feedback berasal dari bahasa Inggris yakni kata “feed” dan kata “back”. “Feed” memiliki arti memberi dan “back” memiliki arti kembali, jadi jika keduanya digabungkan feedback memiliki arti “memberikan kembali”.

Feedback adalah tanggapan atau respon yang diberikan oleh seorang komunikan (penerima pesan) kepada komunikator (pengirim pesan). Contohnya sebagai karyawan pasti memiliki seorang atasan, nah atasan biasanya akan memberikan feedback tentang performa karyawan selama bekerja. Feedback memiliki fungsi untuk memberikan motivasi kepada karyawan kedepannya agar performa kerja lebih meningkat dari sebelumnya.

Contohnya lain sebagai developer website, Anda membuatkan website sesuai dengan keinginan yang diutarakan oleh pembeli website. Nah saat sudah jadi, Anda memperlihatkan kepada pembeli website kemudian meminta feedback kira-kira kurang apa saja dan ada revisi atau tidak.

Secara umum, feedback memiliki fungsi yang banyak terutama terciptanya komunikasi dua arah yang baik. Feedback yang positif akan menghasilkan pekerjaan yang baik pula, sedangkan saat memberikan feedback yang negatif jangan lupa untuk memberikan saran kira-kira apa saja yang perlu diperbaiki, jangan hanya menyalahkan tanpa memberikan solusi.

Jenis Feedback

Dalam prakteknya, ternyata feedback memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda. Nah agar lebih jelas, berikut pembahasan mengenai jenis-jenis feedback.

1. Feedback positif

Feedback positif adalah tanggapan yang ditunjukan oleh komunikan yang menandakan dia mengerti, mau membantu dan bekerjasama dengan komunikator dalam suatu pembahasan tertentu.

Contohnya seorang manager marketing memberikan feedback kepada para marketingnya terutama dalam hal performa bekerjanya yang jauh dari target, kemudian para marketing memberikan penjelasan mengenai apa yang menjadi penghambat dan usulan-usulan kepada manajer marketing agar hasilnya mendekati pada target  yang sudah ditentukan.

2. Feedback negative

Feedback negative memiliki arti tanggapan yang ditunjukan oleh komunikan berupa ungkapan tidak suka, tidak mendukung dari apa yang komunikator sampaikan. Contohnya tidak peduli dengan apa yang disampaikan, sikap acuh tidak acuh, dan beberapa tindakan lainnya.

3. Feedback netral

Rating feedback

Feedback netral adalah tanggapan yang sulit dipahami apakah itu positif atau negative. Biasanya dilihat dari respon yang diberikan oleh komunikan berupa diam tidak memberikan balasan.

4. Feedback internal

Feedback internal adalah tanggapan atau respon yang berasal dari diri sendiri (komunikator). Maksudnya ketika seorang komunikator menyampaikan suatu hal kepada komunikan, kemudian dia meralat apa yang disampaikan karena berbagai hal tertentu, nah inilah yang dinamakan feedback internal.

5. Feedback eksternal

Feedback eksternal adalah tanggapan atau respon yang didapatkan dari pihak komunikan. Contohnya komunikan memberikan ekspresi wajah, perilaku, suara-suara dan gerak-gerik tertentu saat terjadi komunikasi dengan seorang komunikator.

6. Feedback verbal

Feedback verbal adalah respon yang diberikan oleh komunikan berupa ucapan verbal seperti  interupsi, komentar, pertanyaan, nyeletuk saat komunikator menyampaikan pesan.

7. Feedback non verbal

Sebaliknya, feedback non-verbal adalah wujud tanggapan berupa tulisan, ekspresi wajah, gerak-gerik, isyarat dan sebagainnya.

Cara Memberikan Feedback

Dalam penyampaiannya, feedback memiliki dua jenis yaitu feedback yang disampaikan secara langsung dan feedback tidak langsung. Dalam penyampaian feedback, Anda perlu melakukannya sebaik mungkin. Nah berikut cara menyampaikan feedback yang benar:

  • Harus jelas dan spesifik

Agar mudah dipahami, feedback usahakan disampaikan secara jelas dan spesifik agar komunikan bisa memahaminya dengan lengkap tidak setengah-setengah.

  • Lakukan secara tertutup

Karena fungsi feedback adalah memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan yang dimiliki, maka dalam penyampaiannya usahakan dilakukan secara tertutup, tujuannya agar orang lain tidak mengetahuinya, terutama pada kekurangan yang dimiliki.

  • Berikan waktu untuk merespon

Saat feedback disampaikan, usahakan berikan waktu kepada komunikator untuk memberikan respon terhadap apa yang Anda sampaikan. Karena sejatinya feedback adalah komunikasi dua arah antara komunikator dan komunikan. Walaupun Anda berkomunikasi dengan bawahan sekalipun, mereka tetap berhak mendapatkan waktu untuk merespon feedback yang diberikan.

  • Ciptakan suasana yang hangat

Dalam penyampaian feedback, usahakan ciptakan suasana yang hangat dan kondusif, jangan mengedepankan emosi sesaat. Tujuannya agar apa yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh komunikan.

  • Lakukan follow up

Nah yang terakhir adalah lakukan follow up terhadap feedback yang sudah Anda sampaikan kepada komunikan. Jika perlu lihat progresnya perkembangannya juga agar apa yang disampaikan benar-benar dikerjakan. Itulah penjelasan apa itu feedback dan jenisnya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat