Pengertian USB OTG dan Manfaatnya

Pengertian USB OTG dan Manfaatnya

PENGERTIAN USB OTG DAN MANFAATNYA

Hardware – Mungkin kalian masih asing dengan USB OTG, sebelum membahas tentang manfaatnya kita akan membahas pengertian tentang USB OTG dahulu. Bagi sebagian pengguna ponsel mungkin istilah ini cukup asing, meskipun pada kenyataannya ini bukanlah sebuah fitur baru.

Secara sederhana bisa diartikan sebagai sebuah alat yang memungkinkan kita untuk menghubungkan perangkat baik smatphone / ponsel maupun tablet dengan Flashdisk atau perangkat / media lainnya. Namun perlu diketahui tidak semua perangkat android, java maupun symbian dapat menjalankan fungsi USB OTG.

Apa itu USB OTG?

USB OTG berasal dari singkatan On-The-Go adalah sebuah standarisasi perangkat agar dapat terkoneksi dengan USB sehingga memungkinkan perangkat membaca data dari USB tanpa harus membuka nya dulu dari PC.

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain.

Manfaat OTG

Hasil gambar untuk usb otg"

Fitur USB On The Go memiliki banyak manfaat. Seperti sebagaimana definisi yang disebutkan di atas, secara standar USB On The Go membantu device untuk melakukan pembacaan dan penulisan data seperti flashdisk, card-reader, isi MP3 Player/smartphone lain (merk tertentu dengan modus mass storage) serta pembacaan/pengenalan HID (Human Interface Devices) seperti mouse, keyboard, serta gamepad.
Selain kemampuan standar sebagaimana disebutkan di atas, kemampuan fitur USB On The Go dikembangkan ke arah produktivitas yang ke depannya akan sangat membantu pengolahan data.

Lalu apakah Smartphone anda Sudah Mendukung Fasilitas USB OTG ini?

Mungkin banyak orang yang tidak tahu tentang fasilitas USB OTG. Karena memang mereka masih awam menggunakannya. Sehingga banyak orang yang tidak mau tahu akan keberadaan fasilitas ini.

Bagaimana mengetahui bahwa smartphone anda sudah mendukung fitur ini?

Jika anda belum tahu, anda bisa mengeceknya pada informasi spesifikasi dashbook smartphone anda. Atau mungkin cek langsung ke website nya. Cirinya jika smartphone tersebut telah mendukunf fasilitas USB OTG maka pada box smartphone akan terlihat gambar USB.

Bagaimana mengetahui perangkat kompatibel tidaknya dengan flashdisk OTG?

  • Cara mengeceknya mudah
  • Pertama lihat lah apakah sama port pada flashdisk OTG dengan port pada perangkat anda
  • Kedua jika sama, coba masukkan, pas atau tidak.
  • Ketiga jika bisa masuk, lihatlah pada perangkat anda, apakah muncul notifikasi yang menandakan bahwa flashdisk OTG kompatibel dan terbaca oleh perangkat smartphone.

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian USB OTG dan manfaat Flashdisk USB OTG. Semoga bermanfaat . . .

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat