Pengertian, Teknik, Manfaat, dan Kendala Web Scraping

Pengertian, Teknik, Manfaat, dan Kendala Web Scraping

Pengertian, Teknik, Manfaat, dan Kendala Web Scraping

Pengertian, Teknik, Manfaat, dan Kendala Web Scraping - Hosteko Blog Jogja One Solution – Web scraping dapat menjadi cara terbaik ketika ingin mengumpulkan data website Anda untuk dianalisis. Teknik ini dapat dengan mudah mengumpulkan data pelanggan sehingga lebih mudah dalam menentukan strategi pemasaran yang sesuai. Sebagian orang saat ini mungkin masih mengumpulkan data secara manual yaitu dengan menyalin satu persatu data yang ada di website. Namun jika website yang Anda kelola adalah situs berukuran besar dengan jumlah ribuan data, tentu pekerjaan tersebut akan memakan waktu yang sangat lama. Untungnya, saat ini ada teknologi bernama web scraping yang dapat menyederhanakan proses tersebut. Berikut ini pengertian, teknik, manfaat dan kendala web scraping.

Web Scraping, Apa Itu?

Web scraping adalah teknik yang sangat berguna dalam bisnis online, baik itu untuk riset pasar, riset pesaing, atau mencari leads. Namun, manfaatnya lebih dari sekedar itu.

Dalam menjalankan bisnis online, pastinya Anda pernah mendata pesing Anda beserta informasi penting mengenai produk atau layanan mereka. Kemudian, Anda menyimpan data tersebut di dalam sebuah spreadsheet, baik itu menggunakan Microsoft Excel, Google Sheet, atau aplikasi sejenisnya. Proses inilah yang disebut sebagai web scraping. Dengan kata lain, web scraping diartikan sebagai proses pengambilan data dari sebuah website.

Ada 2 cara untuk melakukan web scraping:

1.  Manual

Dilakukan dengan cara, Anda menyalin data dengan cara menyalin dari sebuah website.

2. Otomatis

Dilakukan menggunakan koding, aplikasi, atau extension browser.

Teknik Web Scraping

Web scraping dapat dilakukan dengan extension browser dan aplikasi, namun hasilnya tidak sebaik dilakukan dengan cara manual dan koding. Dalam artikel ini kami akan membahas teknik web scaraping yang biasa dilakukan.

1. Menyalin Data Secara Manual

Teknik yang paling sederhana ialah menyalin data dari website secara manual, namun teknik ini membutuhkan waktu yang lama karena harus menyalin data satu persatu. Di sisi lain teknik ini paling efektif karena tidak memerlukan tool atau bot.

Teknik ini sebaiknya dilakukan jika jumlah blog atau web yang ingin Anda salin terbatas.

2. Menggunakan Regular Expression

Regular Expression adalah baris kode yang digunakan dalam algoritma pencarian untuk menemukan tipe data tertentu dari sebuah file. Dalam konteks web scraping, file yang dimaksud adalah file-file penunjang sebuah website. Keuntungan jika Anda menggunakan Regular Expression adalah dapat digunakan untuk mencari data berdasarkan jenisnya, seperti nama produk, harga, dan alamat email, konsistensi syntaxnya di dalam berbagai bahasa pemrograman, sehingga teknik ini sangat fleksibel.

3. Parsing HTML

Parsing HTML adalah teknik yang dilakukan dengan mengirimkan HTTP request kepada server yang menyimpan data website yang datanya ingin Anda ekstrak.

Dengan teknik Parsing HTML ini, Anda dapat melakukan web scraping pada halaman website yang bersifat statis dan dinamis. Parsing HTML juga memungkinkan Anda untuk menyalin data dalam jumlah besar dan membutuhkan waktu singkat, namun Parsing HTML dapat dicegah dengan proteksi website. Tak hanya itu, Anda bisa diblokir dari suatu situs jika terlalu sering melakukan teknik ini.

4. Menganalisa Document Object Model

Document Object Model (DOM) merupakan representasi struktur sebuah website yang ditulis dengan HTML.

Saat melakukan Parsing HTML, DOM dari website yang akan diekstrak akan dimuat terlebih dulu. DOM juga membawa data yang ada pada file HTML, maka analisa DOM dapat dijadikan alternatif pilihan untuk melakukan web scraping jika Parsing HTML tidak memberikan hasil.

5. Menggunakan XPath

XPath adalah bahasa query yang digunakan untuk memilih node dari struktur file XML dan HTML. Penerapannya tidak jauh berbeda dengan analisa DOM. Selain itu, XPath juga dapat digunakan untuk mencari data pada elemen teks dalam file XML dan HTML. Teknik web scraping ini bisa Anda pilih ketika analisa DOM kurang efektif.

6. Menggunakan Google Sheet

Google Sheet biasanya digunakan untuk membuat spreadsheet, namun aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan web scraping. Anda hanya perlu browser yang mempunyai inspect element untuk dapat menggunakan aplikasi Google Sheet. Kemudian Anda tinggal menyalin expression XPath dari elemen website yang datanya ingin Anda salin dalam IMPORTXML yang ada pada Google Sheet.

Manfaat Web Scraping

Manfaat web scraping diantaranya:

a. Mendapatkan leads

Untuk meningkatkan bisnis baru, Anda bisa mendekati follower akun milik pesaing. Dengan web scraping, Anda dapat menyalin daftar follower milik pesaing dan menyalin email mereka. Anda juga dapat menggunakan data lain untuk jadi bahan segmentasi.

b. Membandingkan ulasan dalam jumlah besar

Anda bisa membaca ulasan-ulasan dari konsumen tentang produk dan layanan yang diberikan oleh pesaing. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan konsumen dan Anda dapat menciptakan produk baru ataupun meningkatkan layanan.

c. Optimasi harga produk atau layanan

Web scraping membantu Anda untuk mengumpulkan data harga produk dan layanan milik pesaing Anda, karena banyak hal yang perlu diperhatikan termasuk biaya produksi, SDM, brand positioning, dan harga yang ditawarkan oleh pesaing.

d. Mencari info sebuah perusahaan

Ketika Anda bekerjasama dengan pemilik bisnis lain, namun, Anda ingin memastikan bahwa usaha tersebut dapat dipercaya. Nah, Anda bisa melakukan “investigasi” mandiri terhadap usaha tersebut di internet dengan bantuan web scraping.

Kendala Web Scraping

Meskipun web scraping sangat membantu dalam ekstraksi data, ada juga hal-hal yang menjadi kendala, diantaranya:

  • Tidak ada teknik web scraping yang 100% efektif

Semua teknik web scraping yang telah dibahas pada artikel ini tidak ada yang sempurna.

  • Data yang didapat tidak selalu rapi

Teknik yang Anda pakai pasti akan menyisakan teks-teks yang tidak diinginkan, seperti tag HTML. Oleh karena itu, Anda perlu merapikan data hasil web scraping.

  • Pemahaman tentang struktur halaman website tetap menjadi kewajiban

Tidak semua teknik web scraping memerlukan koding, namun Anda tetap harus memahami HTML dan CSS. Ini dibutuhkan ketika Anda mencari letak data yang ingin diekstrak menggunakan fitur inspect element pada browser.

  • Akses Anda ke suatu website dapat diblokir

Apabila Anda terlalu sering melakukan web scraping terhadap suatu website dapat menyebabkan IP Anda diblokir oleh adminnya.

  • Tidak semua website mudah diekstrak datanya

Web developer akan selalu memperbarui websitenya untuk alasan keamanan, baik dari segi kode maupun struktur halamannya. Jangan heran ketika Anda menemui situs yang datanya susah diekstrak.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat