Pengertian SSID serta Cara Settingnya

Pengertian SSID serta Cara Settingnya

Pengertian SSID serta Cara Settingnya

Cara membuat dobel SSID pada Modem Indihome ZTE F609 - Mas DanangJogja One Solution – Cara Setting SSID dan password wifi android. Sudah pernah memfungsikan ponsel android sebagai Hotspot wifi untuk berbagi koneksi internet ?, bagi yang sudah maupun yang belum maka yang ingin melakukan setting nama wifi-nya maupun passwordnya akan saya ulas pada tips di bawah ini. Sebelum beranjak ke tutorial setting SSID tahukah anda apa itu SSID ?. SSID ( Service Set Identifier) merupakan isian atau nama dari sebuah access point jaringan dimana nama tersebut sebagai pengidentifikasi bagi klien atau pengguna yang tersambung ke jaringan wifi kita. Jadi ketika anda membuka saluran wifi dan melihat beberapa nama jaringan yang masuk jangkauan wireless maka itu dia yang dinamakan SSID.  Berikut ini pengertian SSID serta cara settingnya. Yuk simak artikelnya.

 

 

Pengertian SSID

SSID adalah

Seperti yang sudah kami singgung di atas, SSID merupakan istilah teknis yang digunakan untuk menamai jaringan WiFi. SSID ini merupakan tempat untuk mengisikan nama AP atau access point. Atau sederhananya SSID adalah nama WiFi. Jika dianalogikan dengan seorang karyawan, SSID bisa diibaratkan sebagai tanda pengenalnya. Untuk sistem penamaan SSID adalah maksimal 32 karakter.

Kamu bisa menggunakan karakter seperti garis bawah, spasi dan tanda baca lainnya. Karakter tersebut pun akan dibuat case sensitive jadi SSID bisa lebih bervariasi walapun banyak jaringan WLAN yang aktif.

Fungsi SSID

Fungsi SSID

Bisa disimpulkan bahwa fungsi SSID adalah untuk mengatur jaringan mana yang akan kamu gunakan. Jadi ketika kamu ingin menggunakan jaringan Wireless, perangkat yang kamu gunakan harus memilih jaringan Wireless LAN mana yang ingin digunakan.

Setiap jaringan WiFi memiliki SSID yang berbeda yang digunakan untuk menampilkan tanda pengenal yang dikirmkan melalui WLAN. Pengenal inilah yang memiliki tugas sebagai kata sandi ketika perangkat mencoba terhubung ke BSS.

Ketika kamu memiliki jaringan wireless, kamu bisa menamai jaringan tersebut sehingga kamu bisa mengenali jaringanmu dan membedakan dengan jaringan yang berada disekitarmu. Kamu akan melihat nama jaringan tersebut ketika perangkat kamu terhubung dengan jaringan tersebut. Jika ada banyak perangkat yang ingin mencoba terhubung dengan WLAN, maka perangkat harus mempunyai SSID yang sama. Sebuah perangkat tidak diberikan izin untuk bergabung dengan BSS, kecuali perangkat tersebut menyediakan SSID khusus.

Jenis SSID

Jenis SSID

Secara umum SSID dibedakan menjadi dua yaitu Hidden SSID dan Public SSID.

Hidden SSID

Hidden SSID adalah SSID yang disembunyikan. Dimana hidden SSID adalah metode pengamanan pada jaringan wireless. Pemilik hidden SSID ini bisa menyembunyikan nama SSID nya, sehingga hanya orang tertentu saja yang bisa mengakses jaringan wireless ini. Jika kamu pernah melakukan pemindaian wireless dan menemukan jaringan dengan nama Hidden Network, maka si pemilik AP tersebut sedang menyembunyikan SSID nya.

Jika kamu ingin terhubung dengan jaringan tersebut, kamu harus memasukkan SSID yang benar.

Public SSID

Berbeda dengan public SSID dimana orang-orang bisa mengakses jaringan tersebut tanpa harus memasukkan kunci atau WEP key. Sehingga semua orang bisa mengakses jaringan WiFi ini dengan bebas.

Cara Mencari SSID

Cara Mencari Nama Jaringan

Jaringan WiFi yang terbuka biasanya akan ditangkap oleh perangkat yang berada pada jangkauan jaringan wireless tersebut. Berikut cara menemukan SSID pada berbagai perangkat:

  • Pilih ikon WiFi pada perangkat.
  • Jika belum diaktifkan silahkan aktifkan WiFi terlebih dahulu.
  • Carilah SSID yang ingin kamu sambungkan.
  • Lalu klik Hubungkan atau Connected.
  • Masukkan kata sandi jika jaringan dikunci dengan WPA2 atau enkripsi lainnya.

Cara menemukan SSID WiFi untuk Windows, iOs, Android serta macOs biasanya sama. Jadi kamu bisa menerapkan cara di atas dengan berbagai perangkat.

Cara Terhubung Dengan Hidden SSID

Hidden WiFi atau WiFi yang disembunyikan memang membuat orang lain tidak bisa mendeteksi sinyal jaringan yang ada disekitarnya. Si pemilik WiFi pun terkadang menyembunyikan sinyal jaringan mereka untuk alasan keamanan atau privasi misalnya takut data pribadi dicuri atau dijebol oleh hacker.

Pada tutorial berikut ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara menemukan dan menghubungkan jaringan WiFi yang disembunyikan.

  • Kamu bisa menggunakan aplikasi scanner WiFi seperti WIFIMAN yang bisa diunduh di Google Play Store.
  • Setelah selesai diunduh silahkan diinstal kemudian buka aplikasinya.
  • Kemudian klik dan centang pada bagian Show Hidden Network.
  • Jika sudah tercentang maka aplikasi ini akan memindai jaringan WiFi yang tersembunyi.
  • Untuk masuk ke jaringan tersebut tentunya kamu harus mengetahui username dan kata sandinya.

Cara Setting SSID

Apakah kamu sering menggunakan android kamu sebagai Hotspot WiFi? Bagi yang belum tahu cara setting SSID dan password nya, ikuti tutorial di bawah ini:

  • Masuklah ke menu Setelan atau Pengaturan.
  • Kemudian pilih Hotspot Portable.
  • Jika Hotspot belum aktif silahkan diaktifkan terlebih dahulu.
  • Setelah itu ketuk Atur Hotspot Portabel.
  • Maka akan muncul tampilan beberapa pengaturan WiFi.
  • Kamu bisa memasukkan SSID pada kolom SSID, sandi pada kolom sandi.
  • Selain itu kamu bisa memilih jenis keamanan yang diinginkan.
  • Atur juga Identifikasi perangkat serta AP Band yang akan digunakan.
  • Setelah itu klik tanda centang di atas.

Cara Menyembunyikan SSID Lain

Cara Menyembunyikan Nama Jaringan

Jika kamu menemukan SSID yang mungkin mengganggu atau menyebalkan, kamu bisa memblokir atau berhenti menampilkannya di perangkat kamu, dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Start kemudian cari menu Command Prompt.
  • Setelah itu klik kanan menu tersebut dan pilih Run as administrator.
  • Ketika halaman Command Prompt sudah terbuka, maka jalankan perintah di bawah.
  • Ganti nama WiFi dengan nama WiFi yang akan diblokir.
  • netsh wlan add filter permission=block ssid=”WiFi_Rumah_Saya” networktype=infrastructure.
  • Tunggu sampai kode tersebut dieksekusi.
  • Maka jaringan WiFi yang tidak kamu inginkan akan otomatis terblokir dari pemindaian perangkat kamu.

Itulah pengertian SSID serta cara settingnya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat