Pengertian Pemasaran

Pengertian Pemasaran

sumber : pemasaran.home.blog

PENGERTIAN PEMASARAN

Jogja One Solution – Siapa sih yang tidak kenal dengan pemasaran? Pemasaran ini sangat tidak awam bagi Anda seorang pebisnis. Pebisnis ini akan menerapkan pemasaran dengan berbagai cara. Entah itu secara online maupun offline. Dengan pemasaran ini tentunya agar produk kita dikenal oleh banyak orang atau konsumen.

Baca juga : Pentingnya website Untuk Pemasaran Anda

Pengertian Pemasaran (Marketing)

Istilah pemasaran dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama marketing. Kata marketing ini boleh di kata sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia, namun juga diterjemahkan dengan istilah pemasaran.

Asal kata pemasaran adalah pasar atau market. Apa yang dipasarkan itu, adalah barang dan jasa.

Memasarkan barang tidak berarti hanya menawarkan barang atau menjual tetapi lebih luas dari itu.

Di dalamnya tercakup berbagai kegiatan seperti membeli, menjual, dengan segala macam cara, mengangkut barang, menyimpan, mensortir dan sebagainya.

Di dalam marketing aktivitas ini kita kenal sebagai fungsi-fungsi marketing.

Pengertian pemasaran menurut para ahli antara lain:

Charles F. Philips dan Delbert J. Duncan dalam bukunya Marketing, Principles and Methods menyatakan bahwa marketing which is often referred to as distribution by businessman – includes all the activities necessary to place tangible goods in the hand of house hold consumers and users.

Artinya, pengertian pemasaran yang oleh para pedagang diartikan sama dengan distribusi dimaksudkan segala kegiatan untuk menyampaikan barang-barang ke tangan konsumen (rumah tangga) dan ke konsumen industri.

Selanjutnya ditambahkan bahwa excluding only such activities as involve a significant change in the form of goods.

Jadi dalam kegiatan marketing itu tidak termasuk kegiatan perubahan bentuk barang yang kita jumpai dalam industri.

Maynard and Beckman dalam bukunya Principle of Marketing menyatakan marketing embraces all bisiness activities involved in the flow of goods and services from physical production to consumption.

Artinya, pengertian pemasaran adalah segala usaha yang meliputi penyaluran barang dan jasa dari sektor produksi ke sektor konsumsi.

Paul D. Converse and Fred M. Jones dalam Introduction to Marketing mengemukakan bahwa dunia bisnis itu dibagi dua, yaitu produksi dan marketing.

Production diartikan sebagai has to do with moving these goods in the hand of consumers. Produksi diartikan sebagai pekerjaan menciptakan barang, sedangkan marketing adalah pekerjaan memindahkan barang-barang ke tangan konsumen.

William J. Shultz dalam bukunya Outlines of Marketing menyebutkan bahwa marketing or distribution is the performances of business avtivities that direct the flow of goods and services from producers to consumers or user.

Pengertian pemasaran atau distribusi adalah usaha atau aktivitas yang menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Rayburn D Tousley, Eugene Clark and Fred E. Clark dalam bukunya Principles of Marketing menyatakan, Marketing consist of those efforts which effect transfers in the ownership of goods and services and which provide for their physical distribution.

Marketing terdiri dari usaha yang mempengaruhi pemindahan pemilikan barang dan jasa termasuk distribusinya.

pengertian pemasaran menurut para ahli pemasaran dunia

Dari buku Elements of Marketing yang ditulis oleh Paul D. Converse, Harvey W. Huege, and Robert V. Mitchell, ditulis sebagai berikut:

Marketing has been defined as the business of buying and selling, and as including those business activities involved in the flow of goods and services between producers and consumers.

Pengertian pemasaran adalah sebagai kegiatan membeli dan menjual, dan termasuk di dalamnya kegiatan menyalurkan barang dan jasa antara produsen dan konsumen.

Dalam kalimat lain dalam bukunya juga dikemukakan bahwa marketing includes the activities involved in the creation of place, time, and possession utilities.

Artinya, pengertian pemasaran terdiri dari kegiatan-kegiatan penciptaan kegunaan tempat, waktu dan pemilikan.

pengertian marketing menurut para ahli

Nah, sekarang kita lihat definisi pemasaran dari dewa marketing Indonesia Hermawan Kertajaya, sebagai berikut:

Pengertian pemasaran telah berkembang pesat dari dulu sampai sekarang yang dirumuskan sebagai berikut:

  • Pemasaran adalah menghubungkan penjual dengan pembeli potensial
  • Pemasaran adalah menjual barang, dan barang tersebut tidak kembali ke orang yang menjualnya.
  • Pemasaran adalah memberikan sebuah kehidupan.
  • Tahun 1953, Brech mendefinisikan pemasaran suatu proses dalam menentukan permintaan konsumen akan barang dan jasa, memotivasi penjualan, mendistribusikan ke konsumen akhir, dengan keuntungan sebagai imbalan.
  • Tahun 1954, Peter Drucker mengatakan pemasaran bukanlah sekedar perluasan penjualan, pemasaran meliputi keseluruhan bisnis dan harus dilihat dari sudut pelanggan. Hanya pemasaran dan inovasilah yang menghasilkan uang, kegiatan yang lainnya adalah merupakan pos biaya saja. Dikatakan pemahaman Drucker ini merupakan peletakan sendi dasar pemasaran sebagai bisnis kunci dalam perusahaan.
  • Tahun 60-an, 70-an, 80-an, sekolah pemasaran telah berkembang dan menerbitkan berbagai buku teks. Ini menjadi dasar pula untuk tahun 90-an pemasaran yang menekankan pada relationship.
  • Tahun 1972 (Kotler) menyatakan bahwa pemasaran adalah sekumpulan aktivitas manusia yang ditujukan untuk memfasilitasi dan melaksanakan pertukaran.
  • Tahun 1976 (Baker), menyatakan bahwa pemasaran adalah berkaitan dengan penciptaan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan.
  • Pemasaran adalah fungsi bisnis yang mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan yang tidak terpenuhi saat ini.
  • Tahun 1985, American Marketing Association (AMA) menyatakan bahwa pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penentuan harga, promosi dan pendistribusian barang, jasa dan ide dan dapat memuaskan pelanggan dan tujuan perusahaan.
  • Tahun 1977, The Chartered Institute of Marketing, pemasaran adalah proses manajemen untuk mengidentifikasi, mengantisipasi, dan memuaskan pelanggan secara menguntungkan.
  • Definisi dari Marketing Association of Australia and New Zaeland (MAANZ), pemasaran adalah aktivitas yang memfasilitasi dan memperlancar suatu hubungan pertukaran yang saling memuaskan melalui penciptaan, pendstribusian, promosi dan penentuan harga dari barang, jasa, dan ide.
  • Selanjutnya definisi terakhir yang ingin dikemukakan adalah seperti yang ditulis oleh Hermawan Kertajaya, pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis strategies yang mengarahkan proses penciptaan, penawaran dan perubahan values dari satu inisiator kepada stakeholder-nya.

Baca juga : Strategi Pemasaran Melalui Blog

sumber : https://manajemenkeuangan.net/

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat