Pengertian Open Source Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Open Source Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Open Source: Serta Kelebihan, Kekurangan Dan ContohnyaJogja One Solution – Untuk menunjang kinerja suatu komputer, sudah pasti harus ada sistem operasi dan perangkat lunak yang dipasang. Ada banyak perusahaan yang membuat dan mendistribusikan sistem operasi maupun perangkat lunak untuk menunjang kinerja komputer sahabat. Setiap sistem operasi dan perangkat lunak yang dibuat dan didistribusikan tersebut sudah pasti memiliki lisensi guna melindungi hak ciptanya dan apresiasi kepada sang pembuat. Sistem operasi ataupun perangkat lunak biasanya didistribusikan tidak dengan gratis atau berbayar. Maksudnya adalah sahabat harus membeli atau membayar suatu sistem operasi atau perangkat lunak sebelum menggunakannya. Ketika sahabat membeli sistem operasi atau perangkat lunak yang berbayar, maka sahabat merupakan pengguna legal. Namun tidak sedikit pula sistem operasi atau perangkat lunak yang bersifat open source.  Maksudnya adalah sistem operasi atau perangkat lunak tersebut dibuat secara gratis. Berikut ini pengertian open source beserta kelebihan dan kekurangannya.

 

Apa Itu Open Source?

Ada dua jenis software. Salah satunya adalah software open source dan yang lainnya adalah proprietary software atau closed source software. Open source adalah ketika kode dasar yang membuat proyek terbuka bagi siapa saja untuk melihat, memeriksa kekurangan, dan beradaptasi untuk membuat versi baru.

Versi baru hanya dapat dibuat jika orang yang mengadaptasinya  membuat open source dan membuatnya tersedia untuk orang lain. Kebalikan dari software open source adalah proprietary software. Contohnya adalah Microsoft dan Apple.

Proprietary software mengandalkan kode untuk menghasilkan pendapatan sehingga tidak ingin orang-orang mencari-cari kode dan membuat versi baru secara gratis.

Banyak orang lebih suka software open source karena mereka tertarik pada kontrol lebih besar atas software jenis ini. Mereka dapat memeriksa kode untuk memastikan tidak melakukan apa pun yang mereka inginkan, dan mereka hanya dapat mengubah bagian-bagian yang tidak mereka sukai.

Pengguna software  umum yang bukan pemrogram juga bisa mengambil manfaat dari software open source karena dapat digunakan untuk tujuan apapun Umumnya programmer tidak dapat membebankan biaya uang untuk software open source yang mereka buat.

Banyak programmer software open source menemukan bahwa menagih uang kepada pengguna untuk layanan dan dukungan software daripada untuk software itu sendiri lebih menguntungkan. Dengan cara ini, software tetap gratis dan mereka menghasilkan uang dengan membantu orang lain untuk menginstal, menggunakan, dan memecahkan masalah.

Jadi open source software adalah mengacu pada kode program yang didistribusikan secara terbuka (termasuk kode yang tidak dikenai biaya) yang dapat digunakan dan dimodifikasi oleh pengguna tanpa batasan.

Analogi untuk mendeskripsikan open source adalah ibarat resep. Resep open source akan dipublikasikan yang berarti bahwa siapapun dapat mengetahui bahan dan instruksi, dan bahkan menyesuaikan resep untuk meningkatkan rasa hidangan.

Jika seseorang ingin mengetahui resep yang bukan “open-source,” maka mereka harus membayar lisensi untuk dapat menggunakannya. Selain itu, mereka tidak akan memiliki izin untuk memodifikasinya, apalagi mendistribusikannya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat