Pengertian Load Balancing dan Manfaatnya untuk Server

Pengertian Load Balancing dan Manfaatnya untuk Server

Pengertian Load Balancing dan Manfaatnya untuk Server

Hasil gambar untuk Pengertian Load Balancing dan Manfaatnya untuk ServerJogja One SolutionPerusahaan memanfaatkan sebuah server untuk menangani banyak klien atau pengguna. Ketika jumlah pengguna semakin banyak, jumlah server pun menambah dan load balancer tergunakan untuk membagi kerja tiap server. Manfaat apa saja yang dimiliki oleh perangkat ini?. Sebelum membahas manfaatnya, simak dahulu pengertian load balancing dan manfaatnya untuk server.

 

 

Pengertian Load Balancing

Cara Kerja Load Balancing

Cara kerja load balancing sebenarnya cukup simple. Saat server atau aplikasi Anda menerima traffic dari luar, load balancer tool akan membagikan traffic tersebut ke beberapa servers yang tersedia secara rata dan optimal.

Untuk memahami dengan lebih dalam lagi cara kerja load balancing, ada beberapa algoritma sistem pembagian beban dari load balancer tool yang harus Anda tahu.

  • Round Robin — sistem load balancer yang paling simple dan paling sering tergunakan oleh banyak perangkat load balancer. Beban diberikan secara bergiliran dan berurutan dari satu server ke server lainnya sehingga membentuk sebuah rotation atau putaran.
  • Ratio — algoritma yang satu ini membagikan beban server berdasarkan oleh ratio yang diberikan kepada server-server yang ada. Semakin besar rasio yang dimiliki server, semakin besar beban yang akan memberikan kepada server tersebut.
  • Fastest — sesuai dengan namanya, algoritma yang satu ini membagikan beban server berdasarkan dari the fastest server atau server dengan jaringan yang memiliki respond paling cepat terhadap request dari perangkat load balancer.
  • Least connection — beban server dari algoritma yang satu ini terbagi berdasarkan server yang mempunyai the least connection atau server yang mempunyai koneksi paling sedikit pada daftar server-server yang ada.

Mengenal Tipe Load Balancer

Perangkat load balancing mempunyai dua tipe utama, load balancer hardware dan software.

Kami akan membahas kedua tipe dengan lengkap untuk membantu Anda memilih tipe yang paling tepat. Kedua tipe load balancer yaitu:

1. LOAD BALANCER HARDWARE

Load balancer hardware adalah sebuah perangkat keras yang terdesain khusus untuk melakukan pembagian beban server. Hardware atau perangkat keras ini mempunyai sistem operasi khusus yang mendistribusikan lalu lintas atau traffic aplikasi web pada sekumpulan server aplikasi. Untuk memastikan kinerja yang optimal, load balancer hardware mendistribusikan traffic sehingga server aplikasi tidak kewalahan melalui sebuah alat yang bisa Anda beli.

Beberapa opsi load balancer hardware yang bisa Anda coba antaralain adalah baraccuda, dan load balancer.org. Namun, perlu teringatkan bahwa load balancing hardware biasanya mempunyai harga yang cukup mahal.

2. LOAD BALANCER SOFTWARE

Load balancer software tergunakan untuk mendistribusikan lalu lintas jaringan server melalui sebuah software yang berjalan di sebuah komputer atau server.

Software load balancing ini bisa terunduh dan tergunakan dimana saja. Karena itu, bila terbandingkan dengan load balancer hardware, tipe load balancing yang satu dikenal lebih fleksibel dan efisien Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda lebih memilih untuk menggunakan load balancer software, antaralain adalah fleksibilitas, skalabilitas, dan efisiensi biaya. Load balancer software memungkinkan implementasi load balancing yang lebih fleksibel karena Anda dapat menyesuaikan konfigurasi software dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, load balancer software juga bisa mengurangi biaya maintenance (perawatan) dan security (keamanan) dari hardware atau perangkat keras. Hardware membutuhkan pembersihan rutin dan tempat penyimpanan yang layak agar tidak cepat rusak. Untungnya, sekarang sudah ada banyak pilihan load balancer software yang bisa Anda pilih seperti Nginx, Avi Vantage Software Load Balancer, dan jetNEXUS Load Balancers.

Manfaat Load Balancing

Load balancing juga memiliki banyak manfaat untuk website dan aplikasi Anda. antara lain adalah:

a.  High performance guarantee

karena beban traffic dari server dan aplikasi Anda akan terbagi ke beberapa resources atau sumber daya, sudah bisa terpastikan bahwa performa dari server atau aplikasi Anda akan tetap tinggi apapun yang terjadi.

b.  Minimize downtime

dengan high performance dan pembagian beban antar server, sudah bisa terpastikan bahwa aplikasi dan situs yang ada pada server Anda akan lebih aman dari downtime.

c.  Save resources

pembagian beban juga akan membantu Anda menghemat server resources, server tidak perlu menggunakan banyak sumber dayanya untuk tetap menjalankan aplikasi Anda ketika traffic Anda sedang ramai.

d.  More Efficient

dengan pembagian beban traffic yang rata, Anda akan mendapatkan respons yang lebih cepat dari aplikasi dan server Anda. Hal ini meningkatkan efisiensi dari bisnis Anda.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat