Pengertian Internet Marketing

Pengertian Internet Marketing

PENGERTIAN INTERNET MARKETING

Jogja One Solution – Dijaman yang serba digital ini, sepertinya semua usaha sudah dijalanakan melalui dunia online bukan? Jika kita tidak mengikuti jaman, pasti kita akan tertinggal jauh oleh kompetitor kita yang sudah menggunakan online dalam marketingnya. Nah bagi Anda yang awam dengan dunia internet marketing, yuk simak ulasan berikut ini mengenai pengertian internet marketing.

1. Pengenalan Apa itu Internet Marketing

Sebenarnya, apa itu internet marketing?

Internet marketing.

Ilustrasi Apa Itu Internet Marketing

Agar lebih termotivasi untuk mengetahui apa itu internet marketing, kita ikuti kisah Joni dan Joey berikut ini.

 

Contoh bisnis online dan apa itu internet marketing.

 

Di sebuah hari yang cerah oleh sinar matahari pagi, dua orang sahabat kental bernama Joni dan Joeymemutuskan untuk memulai bisnis. Mereka masing-masing memiliki ide bagus cara berbisnis yang berbeda, sehingga mereka fokus pada pilihan cara masing-masing. Yuk kita sama-sama lihat bagaimana mereka membuka dan menjalankan bisnis baru mereka.

Joni not Depp

Kita lihat jalan cerita Joni terlebih dahulu. Joni membuka sebuah toko yang menjual beberapa produk. Dia menyewa sebuah tempat di lokasi yang strategis. Dia mempekerjakan beberapa orang sales. Dia mencetak beberapa brosur, pamflet atau leaflet (surat edaran) berisi informasi produknya, surat-surat promosi, dan mengiklankan produknya itu di koran lokal.

Dan setelah beberapa minggu, Joni mulai kedatangan banyak konsumen dari kotanya dan daerah di sekitarnya. Joni sangat senang, tapi bisnisnya banyak memakan biaya yang akibatnya Joni mendapat margin keuntungan yang rendah. Jadi dia memutuskan untuk menunggu dan melihat apakah ada pertumbuhan bisnisnya seiring berjalannya waktu.

Joey not Satriani not Indonesian Idol

Nah, sekarang bagaimana dengan Joey?

Di sisi lain, atas saran seorang staf SEM & SEO Management, survey says, Joey memutuskan untuk memulai membuat toko online (atau online store) untuk menjual produknya. Joey membuat situs web yang bagus dan menarik desainnya, dengan nama yang mudah diingat.

Dia mempekerjakan penulis artikel, menginvestasikan sejumlah anggaran untuk internet marketing seperti mencari beberapa orang professional di bidang SEO dan email marketing. Dia mengiklankan produknya di mesin pencarian web dengan system bayar-per-klik (pay-per-click atau PPC).

Dan dalam beberapa minggu, Joey pun mulai mendapatkan banyak konsumen yang tersebar di negaranya bahkan dari luar negeri! Joey sangat senang! (online.. online.. dolar.. dolar.. hehe.)

Bisnisnya berbiaya rendah dibandingkan dengan keuntungan yang didapatnya, sehingga dia mendapatkan margin keuntungan yang sangat tinggi. Dan dia tak sabar menunggu bisnis onlinenya ini bertumbuh-kembang setiap harinya.

Beberapa purnama berlalu, dan akhirnya datang tahun yang baru…

Bagaimana keadaan Joni dan Joey?

Joni masih di tempat berjualannya di tempat yang sama, dengan para tenaga sales yang sama, strategi marketing yang sama, dan para pelanggan lokal yang sama.

Tidak menutup kemungkinan para pesaing bisnis Joni segera muncul. Biaya-biaya di bisnisnya tetap tinggi dan margin keuntungannya masih tetap sangat rendah. Jadi dengan terpaksa dia memutuskan menunggu lagi selama setahun yang akan datang berharap ada perkembangan di bisnisnya itu.

Sedangkan Joey yang hanya memulai dari sebuah website, sekarang sudah memiliki sebuah kantor baru! Dia mempekerjakan lebih banyak lagi orang dan konsumennya semakin bertambah bahkan dari seluruh negeri.

Biaya bisnisnya ini masih tetap sangat rendah, sedangkan margin keuntungannya tetap masih sangat tinggi. Jadi dia memutuskan untuk menambah toko online yang baru untuk menjual lini produk yang lainnya!

Beberapa purnama kembali berlalu, dan akhirnya datang tahun berikutnya lagi…

Akhirnya, di sebuah pagi yang cerah dan bersinar oleh matahari yang hangat, Joni dan Joey bertemu kembali. Joey memberitahukan kepada Joni mengenai apa itu internet marketing: sebuah strategi marketing yang baru. Dan Joni menyadari kesalahannya selama ini. Marketing secara tradisional tidak dapat membawa Anda begitu jauh. Tapi, berpikirlah lokal dan bertindaklah global.

“Kemon bray, think globally act locally. Thinking ahead moving forward. Make a difference, now!”, kata Joey sumringah sambil sedikit-sedikit lihat sms notifikasi transferan rupiah dan dolar masuk ke rekeningnya.

Jadi besoknya, Joni kembali ke tokonya dan memecat semua tenaga penjualan tradisionalnya (waduh, sadis juga nih cerita), dan membuang semua teknik-teknik pemasaran old school ke tempat sampah (seperti brosur, pamflet, dan iklan di surat kabar).

Dia menyewa jasa perusahaan desain web yang bagus (yang seperti SEM & SEO Management :)) dan meng-outsource semua pekerjaan online marketingnya kepada mereka seperti SEO, PPC, dan email marketing. Dan hanya dalam waktu beberapa minggu, Joni menjadi seorang pria yang bahagia dan karenanya, menjadi tampak lebih ganteng dan gagah. Bisnisnya mengeluarkan sedikit biaya dan menghasilkan keuntungan yang tinggi.

Dan akhirnya dia berterima kasih kepada Joey karena telah memberinya petunjuk ke jalan yang lurus.

Selamat datang di dunia internet marketing!

(Oh ya, supaya cerita ini tidak terkesan sadis, akhirnya Joni kembali mempekerjakan para tenaga penjualan yang sebelumnya dia pecat. Tapi kali ini sekalian memberikan mereka pelatihan internet marketing di SEM & SEO Management. Dahsyat!)

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat