Pengertian Internet Fiber

jasa pembuatan website jogja

jasa pembuatan website jogjaPENGERTIAN INTERNET FIBER

Internet Fiber – Di jaman yang sekarang ini siapa sih yang tidak kenal dengan internet? Internet ini sudah kita rasakan dari dampaknya, yaitu mempermudah kita dalam berkomunikasi dan lainnya. Nah pernahkah Anda mendengar istilah internet fiber?

Bagaimana Internet Kabel Bekerja

Internet kabel menggunakan teknologi yang sama dengan televisi kabel: Data perjalanan melalui kabel Coaxial, sering disebut “Coax” singkatnya. Isi dari kabel ini adalah tembaga inti yang dikelilingi oleh isolator dielektrik, perisai tembaga anyaman, dan lapisan luar plastik.

Internet kabel membutuhkan kabel modem di rumah atau kantor dan sistem terminasi kabel modem di lokasi operator anda. Yang terakhir adalah yang menghubungkan modem Anda ke internet.

Sebuah kabel coax lebih dari mampu untuk memasok koneksi internet dan akses televisi pada saat yang sama, dengan memiliki bandwidth untuk cadangan. Inilah sebabnya mengapa dua layanan sering dibundel bersama-sama.

Bagaimana Fiber Internet Bekerja

Sebuah kabel serat optik mengandung kaca atau plastik serat yang mengirimkan cahaya, bukannya listrik. Data Anda, baik itu panggilan telepon atau podcast, terkandung dalam cahaya ini.

Fiber
kabel serat optik

Proses ini bekerja karena pantulan dari refleksi internal secara total. Saat cahaya ini menyentuh sebuah material, ia mungkin diserap, dipantulkan, atau dibiaskan. Jika cahaya yang akan diserap ini mencoba melarikan diri kabel, maka tidak ada sambungan di ujung lain, dan jika itu dibiaskan melalui kabel, data tidak sampai ke ujung yang lain. Untuk bekerja, cahaya perlu terus mencerminkan dari satu ujung ke ujung.

Untuk alasan ini, serat terdiri dari dua lapisan: Core dan cladding. Sedangkan untuk bagian dalam dan lapisan luar keduanya terbuat dari kaca, seperti silikon dioksida, tetapi cladding eksterior mungkin memiliki bahan lainnya yang dicampur untuk mencapai indeks bias yang lebih rendah daripada inti. Jika cladding memiliki indeks lebih tinggi, cahaya akan berjalan pada kabel selama transmisi.

Mana yang Lebih Cepat?

Internet fiber jelas lebih cepat, polos dan sederhana. Google Fiber, misalnya, menjanjikan kecepatan hingga 1 Gbit / s. Tapi ini bukan berarti bahwa jika Anda mendaftar untuk fiber internet, itu akan menjadi lebih cepat untuk Anda.

Kecepatan koneksi internet tergantung pada sejumlah faktor. Jika ada banyak orang di lingkungan anda mengakses internet pada saat yang sama, video yang anda tonton mungkin akan mengalami buffer lebih sering. Hal ini terutama sangat berlaku untuk kabel, tapi bukan berarti Fiber kebal akan hal ini.

Jadi, mana yang lebih baik?

Fiber memiliki banyak manfaat melalui kabel selain kecepatan. Sejak kabel serat optik mampu mengirim data lebih cepat, mereka lebih cocok untuk komunikasi jarak jauh, itulah mengapa Fiber sangat kuat dalam hal ini. Mereka juga cenderung bisa berjalan selama pemadaman listrik karena tidak ada listrik yang terlibat. Dan karena mereka terbuat dari kaca atau plastik, mereka tidak terlalu rentan terhadap gangguan dari jaringan listrik, peralatan listrik, atau petir.

Sedangkan untuk internet kabel, mereka memiliki keuntungan dari ketersediaan. Ini biasanya ditawarkan di mana pun, yang berarti daerah pedesaan juga bisa memiliki akses ke sana. Di sisi lain, serat sering terbatas pada kota-kota tertentu  dan bahkan dalam kota, mungkin hanya daerah-daerah tertentu yang memiliki akses.

Adapun biaya, internet kabel bergantung pada infrastruktur yang ada pada perusahaan (karena TV kabel sudah ada selama puluhan tahun) sementara serat sering membutuhkan tata peletakan untuk kabel baru di daerah. Di sisi lain, serat lebih murah untuk bisa mempertahankan dari waktu ke waktu. Adapun dari segi pembayaran konsumen, harga cukup sebanding terlepas dari mana yang Anda pilih.

Bagaimana dengan masa Depan?

Fiber adalah masa depan. Kita semua tahu tentang Google Fiber, tetapi banyak perusahaan juga yang sudah masuk ke segmen ini. Indihome sekarang membuat jalan untuk kabel Fiber ke kota-kota di seluruh Indonesia . Juga ada provider lainnya yang sedang melebarkan jalan lebih baik..

Namun, bukan berarti Fiber internet menjadi satu-satunya kekuatan untuk masa depan. Karena juga ada kekuatan lain yang sedang tumbuh dalam hal internet, misalnya, Google sedang bereksperimen dengan ide akses internet balon yang bertenaga sementara Facebook bekerja pada solusi dengan menggunakan drone dan laser.

Kita juga harus tidak mengabaikan majunya LTE dan internet seluler. Semakin banyak orang yang menggunakan ponsel cerdas sebagai komputer utama mereka. hotspot portabel juga kini memberikan kecepatan yang menyaingi atau mengalahkan apa biasa dipakai pelanggan dari rencana internet tradisional. Dan karena banyak perusahaan terus membangun jaringan mereka dan meningkatkan teknologi, kita dapat berharap ini semua menjadi pilihan yang lebih menarik, tentunya juga dari segi harga. Tapi untuk saat ini, jatah data kecil membatasi jaringan selular dari menghubungkan semua perangkat di rumah Anda.

Mana yang Tepat untuk Anda?

Kabel memberikan kecepatan yang besar dan kemungkinan masih akan hadir sekitar selama beberapa tahun yang akan datang. Namun ini bukan teknologi pilihan terbaik, tapi lebih dari cukup untuk mendapatkan pekerjaan yang dilakukan. Namun, Fiber bisa menjadi pilihan kuat yang terjangkau bagi jutaan orang.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat