Pengertian Gateway dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer

Pengertian Gateway dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer

Pengertian Gateway dan Fungsinya Pada Jaringan Komputer

Hasil gambar untuk Pengertian Gateway dan Fungsinya Pada Jaringan KomputerJogja One Solution – Jika Anda merupakan seorang pecinta dunia komputer atau bekerja di dunia jaringan komputer maka Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Gateway merupakan sebuah perangkat komputer yang sering digunakan untuk membangun ataupun menghubungkan jaringan komputer. Dengan menggunakan gateway, beberapa jaringan komputer dapat dihubungkan menjadi satu sehingga jaringan komputer bisa menjadi semakin luas dan informasi bisa disebarkan dengan lebih cepat dan dalam jangkauan yang lebih luas. Karena digunakan sebagai perangkat penghubung jaringan komputer, gateway sering kali disamakan dengan router. Padahal dua perangkat komputer ini benar-benar jauh berbeda satu sama lainnya. Berikut ini pengertian gateway dan fungsinya pada jaringan komputer

 

 

Pengertian Gateway

Dilihat dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa ‘gateway’ berasal dari pilihan diksi bahasa Inggris, lebih tepatnya dua kata diksi bahasa Inggris yang dijadikan satu. Gate dan Way, memiliki arti gerbang (pintu) dan jalan, apabila dijadikan satu urutan maka hasilnya jalan antar gerbang, memungkinkan isi gerbang untuk menempuh akses antar jaringan.

Tidak hanya satu atau dua komputer jaringan yang dapat dikoneksikan oleh gateway, tetapi dalam jumlah jaringan yang cukup besar pun justru penggunaan gateway sangat penting untuk dilibatkan. Tanpa melibatkan instrumen gateway jelas koneksi antar jaringan tidak bisa dilakukan.

Istilah gateway merepresentasikan jembatan antara hardware atau software yang jaringan antar keduanya tidak kompatibel, sehingga data dapat ditransfer ke masing-masing komputer yang berbeda jaringan. Acap kali, gateway dianggap sebagai perangkat yang menghubungkan komputer jaringan besar dengan jaringan komputer lainnya.

Itulah beberapa pengertian gateway ada yang berpijak pada fungsionalitas, terminologi, hingga cara kerja gateway itu sendiri. Meski terdapat beberapa jenis pengertian, namun yang pasti gateway tetap lebih cocok dianggap sebagai piranti penghubung antar jaringan komputer yang berbeda dalam skala luas, dan tentu saja lebih ruwet dibandingkan bridge.

Fungsi Gateway

Gateway adalah perangkat di dalam komputer yang fungsinya untuk mengoneksi sebuah jaringan komputer terhadap satu jaringan komputer lain, entah satu atau lebih, yang menggunakan protocol informasi yang tidak sama. Sehingga memudahkan perangkat jaringan yang terkoneksi untuk melakukan akses internet.

Meski hampir menyerupai router, perlu digaris bawahi bahwa gateway bukanlah router. Router lebih kepada perangkat yang memancarkan sekaligus menangkap sinyal internet atau membuat sebuah jaringan dapat melakukan akses internet. Sedangkan gateway lebih kepada koneksi antar perangkat komputer yang berada di dalam sebuah internet.

Setelah mengetahu pengertian gateway, perbedaan gateway dengan router, serta beberapa kompleksitasnya, saatnya beranjak ke bagian fungsi gateway secara keseluruhan. Rincian fungsi gateway dapat Anda ketahui di bawah ini, namun penjelasan fungsi tersebut bukan penjelasan yang mendetail, melainkan penjelasan parsial yang menunjukkan inti fungsi saja.

Protocol Converting

Seperti yang telah disampaikan di atas terkait tugas gateway untuk mengoneksikan dua jaringan bahkan lebih dalam satuan sistem internet. Pada bagian ini, gateway memiliki fungsi untuk melakukan protocol converting di dalam sistem internet working.

Memudahkan Akses Informasi

Tanpa dilengkapi dengan gateway, sebuah jaringan komputer dengan protocol yang berbeda-beda mustahil dapat dihubungkan satu sama lainnya. Gateway berfungsi untuk memudahkan terjadinya akses pertukaran data informasi antar komputer di dalam jaringan.

Stabilitas Performa Komputasi

Pada kondisi yang dianggap memungkinkan, sebuah jaringan dapat pula dimanfaatkan atau digunakan untuk meningkatkan stabilitas performa komputasi. Caranya ialah dengan memberikan tugas ‘komputasi’ yang berlebih terhadap perangkat yang didistribusikan kepada komputer lain.

Pengaturan Data

Di dalam sebuah lingkungan bisnis yang melibatkan penggunaan komputer, dengan adanya gateway maka seorang administrator dapat menghandle bahkan mengatur data-data antar jaringan komputer. Merapikannya dan diklasifikasikan pada kepentingan-kepentingan tertentu

Cara Kerja Gateway

Sama seperti perangkat komputer lainnya, gateway juga memiliki cara kerjanya sendiri. Cara kerja gateway pastinya sama seperti namanya.

Serupa pintu masuk, itulah cara kerja gateway pada prinsip dasarnya. Setiap jaringan komputer disambungkan oleh gateway tersebut. Lalu setiap gerbang memiliki dua jenis interface jaringan. Sederhananya seperti saat Anda mengakses alamat website, website baru dapat diakses apabila sudah diberikan arah oleh paket data.

Sebagai penghubung dan pembuka gerbang antar jaringan komputer yang berada di dalam dimensi internet, di dalam gateway terkumpul banyak data yang kemudian bisa diakses oleh perangkat jaringan komputer yang berbeda-beda. Pun sebaliknya, untuk mengakses data di dalam gateway perangkat jaringan komputer yang ada wajib memiliki gateway juga. Memang tanpa gateway, sebuah jaringan komputer mustahil terkoneksi dan mampu mengakses sebuah data di dalam internet. Oleh karenanya, gateway tidak bisa dicampakkan dari kebutuhan jaringan, baik jaringan komputer dengan komputer maupun jaringan komputer dengan sumber informasi di dalam internet. Gateway bisa juga disebut sebagai semacam ‘router’ (tapi bukan router) yang tugasnya meneruskan lalu lintas suatu jaringan ke wilayah internet. Bertindak sebagai perangkat perantara antara komputer dengan internet. Semuanya harus melewati gerbang jaringan atau gateway ini tadi.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat