Pengertian dan Sejarah Motherboard

Pengertian dan Sejarah Motherboard

Pengertian dan Sejarah Motherboard

Jogja One Solution – Salah satu contoh hardware yang sangat berpengaruh di dalam sebuah komputer adalah Motherboard. Motherboard berguna untuk menempatkan berbagai macam komponen untuk merakit sebuah komputer. Nah kali ini kita akan membahas sedikit mengenai pengertian dan sejarah motherboard.

Apa Itu Motheboard

Motherboard merupakan salah-satu komponen komputer yang sangat penting, tanpa motherboard maka setiap komponen komputer seperti Hard Disk, RAM, Processor, Power Supply, dan komponen komputer lainnya tidak akan bisa saling terhubung satu sama lain.

Motherboard juga menyediakan koneksi (berupa Slot dan Port) antara motherboard itu sendiri dengan komponen pendukung komputer lainnya seperti TV tuner card, sehingga komputer dapat di-upgrade sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Di motherboard inilah semua komponen-komponen komputer terpasang, seperti CPU, slot RAM, slot PCI dan port USB. Selain itu motherboard juga memiliki kemampuan untuk mengontrol perangkat seperti hard drive, DVD drive, keyboard dan mouse. Intinya motherboard inilah yang membuat seluruh komponen dikomputer anda mampu untuk saling bekerja sama.

Sejarah Perkembangan Motherboard

Pada pengembangan awal dari motherboard adalah perusahaan Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI. Selain itu, masih ada beberapa produsen moherboard lain dari Taiwan. Antara tahun 1980 sampai 1990, penggabungan beberapa fungsi periferal ke dalammoterboard mendorong pencitraan motherboard ke dalam bentuk yang makin ekonomis.

Saat ini, Intel juga mengeluarkan standar BTX (Balanced Technology Extension). Sayangnya, pasar belum tertarik untuk menggunakannya. Produsen komputer VIA juga mengeluarkan standar yang dipakainya sendiri, yaitu mini ITX. Perubahan dalam desain dan teknologi motherboard terus berkembang.

Di awal tahun 2000-an, pengintegrasian diperluas. Motherboard kini dilengkapi fitur sound dan VGA yang langsung menempel di badannya, istilah lainnya onboard. Fitur lainnya yang kini bisa didapat dari beberapa motherboard berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.

Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang ikut berperan dalam perkembangan motherboard

Asus

Nama Asus mungkin sudah terdengar sangat familiar di telinga kita, perusahaan Asus dibuat pada tahun 1989, ketika empat insinyur komputer, yaitu Wayne Hsieh, Ted Hsu, MT Liao dan TH Tung berniat mendirikan perusahaan baru untuk memajukan industri TI di Negara Taiwan. ASUS dianggap sebagai produsen terbesar di dunia, ketika datang ke motherboard, dan salah satu merek motherboard terbaik untuk gaming.

Gygabyte

GIGABYTE Didirikan pada tahun 1986, bermarkas diTaipei, Taiwan, dikenal sebagai merk terkemuka di dunia industri IT. GIGABYTE memulai dari pengembangan dan penelitian dan sejak saat itu menjadi salah satu pemimpin pasar untuk motherboard dan kartu grafis.

Motherboard Gigabyte selalu mendapatkan apresiasi yang baik dari situs pasokan komputer yang berbeda. Kepuasan pelanggan secara keseluruhan untuk motherboard Gigabyte adalah positif, dan mereka memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang solid. Juga, mereka dianggap top-notch, ketika datang untuk menjaga dengan teknologi baru.

MSI

perusahaan ini didirikan pada tahun 1986, dan telah muncul sebagai salah satu merek motherboard terbaik 2010. Banyak model-model baru dari motherboard MSI adalah produk dirancang dengan baik, yang dapat dibandingkan dengan merek seperti ASUS dan Gigabyte, motherboard MSI Namun biaya kurang. Papan juga telah pengiriman dengan suite yang baik dari perangkat lunak. Merek ini sangat tidak baik tahu, tetapi tampaknya menjadi salah satu yang handal, dan nilai baik untuk uang.

Intel

Intel Corporation didirikan 1968 adalah sebuah perusahaan multinasional yang berpusat diAmerika Serikat, Intel mungkin sudah tidak asing sebagai pemembuat salah satu prosesor komputer yang terbaik, tetapi banyak orang tidak tahu bahwa mereka juga membuat motherboard kelas dunia. Ketika datang ke motherboard manufaktur, Intel memiliki manfaat yang berbeda, karena memiliki pengetahuan dalam spesifikasi prosesor dan chipset, yang membantu untuk membuat motherboard kinerja yang stabil dan tinggi. Namun, kelemahan motherboard Intel, mereka hanya kompatibel dengan prosesor Intel.

Itulah sekilas mengenai pengertian dan sejarah dari motherboard, semoga bermanfaat 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat