Pengertian dan Keuntungan Open Source Software (OSS)

Pengertian dan Keuntungan Open Source Software (OSS)

Pengertian dan Keuntungan Open Source Software (OSS)

Jogja One Solution – Berbicara soal komputer, biasanya terdapat sistem operasi dan software yang diinstal agar sebuah komputer dapat digunakan dengan baik. Software ini bisa hadir pastinya karena ada yang membuat dan mendistribusikan. ada juga sebuah jenis lisensi software yang mengutamakan kebebasan bagi penggunanya untuk membayar ataupun memodifikasi software tersebut. Lisensi ini disebut sebagai “Open Source”. Biasanya, software dengan lisensi ini dapat diakses secara gratis dan legal.  Pada artikel ini saya akan membahas pengertian dan keuntungan open source software (OSS), yuk simak penjelasnnya!

A. Pengertian Open Source Software

Anda pastinya sering mengunduh aplikasi seperti KMPlayer, GomPlayer, Microsoft Office, dan lain sebagainya. Semua program tersebut merupakan hasil dari ribuan dan bahkan ratusan ribu baris kode, sehingga aplikasi tersebut dapat berjalan.

Kode Sumber AplikasiPada contoh diatas, anda dapat melihat beberapa baris kode yang ditulis dengan bahasa C. Jika anda sama sekali tidak pernah memasuki dunia programmer, maka kode-kode tersebut bisa membuat anda pusing, bingung, dan berbagai perasaan lainnya. Kode sumber tersebut berisi berbagai perintah agar aplikasi tersebut dapat berjalan di tangan pengguna.

Open Source Software (OSS) adalah jenis perangkat lunak yang kode sumber-nya terbuka untuk dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Karena sifat ini, umumnya pengembangannya dilakukan oleh satu paguyuban terbuka yang bertujuan mengembangkan perangkat lunak bersangkutan.

B. Apakah Open Source itu terbuka untuk semua orang

Apa yang terjadi jika anda memiliki blueprint atau dokumen lengkap mengenai konstruksi rumah anda? Tentu saja, akan jauh lebih mudah untuk memperbaiki ataupun menambah fitur-fitur untuk rumah anda jika anda memiliki blueprint. Nah, itulah Open Source. Dengan Open Source, anda diberikan blueprint untuk mengubah, memperbaiki, bahkan menambah fitur untuk rumah anda. Dalam kasus ini, yaitu program yang anda pakai.

C. keuntungan dari Open Source Software

1.  Mendukung Komunitas

Open Source Software semuanya dibuat dengan pemikiran bahwa kode sumber harus dapat diakses oleh semua orang. Semua programmer pemula dapat melihat seluruh kodenya dan dapat mempelajarinya.

2. Kecepatan dan Kerja Sama

Jika anda mengandalkan software dari Closed Source, apabila ditemukan bug atau error, maka anda harus menunggu perusahaan pembuat aplikasi tersebut untuk memperbaiki masalah tersebut.

Hal itu berbeda jika anda menggunakan Open Source. Karena Open Source dapat dilihat oleh semua orang dan biasanya terbentuk dari sebuah komunitas, maka ada ratusan dan bahkan ribuan orang yang mengawasi jalannya aplikasi, sehingga jika ditemukan error, maka perbaikannya lebih cepat.

3.  Kepercayaan

Open Source Software dibuat oleh ratusan bahkan ribuan programmer yang mengerjakan proyek yang sama. Jika anda pengguna Android, berarti anda mengerti dan menyetujui bahwa Android dibuat oleh ribuan programmer diseluruh dunia.

Namun, bisakah anda percaya dengan Open Source Software? Bisa saja dari ribuan programmer tersebut, ada yang berniat jahat dan ingin mengambil informasi anda ketika anda menggunakan aplikasi tersebut.

Sebenarnya anda tak perlu khawatir. Seperti yang anda ketahui, semua orang dapat melihat kode sumber aplikasi tersebut secara bebas. Sehingga, anda dapat melihat seluruh kode yang ada di aplikasi tersebut. Walaupun anda bukan seorang programmer, tentu saja programmer lainnya dapat mengecek kode sumber dan menemukan hal negatif tersebut.

D. Banyak sekali variasi dari Open Source

Jika anda sudah berkutat dengan dunia komputer sejak lama, pastinya anda mengenal dengan namanya Linux. Linux sendiri memiliki banyak sekali sistem operasi dan semuanya berbasis Open Source Software. Sebut saja, Ubuntu, Linux Mint, Debian, Open Suse, dan masih banyak lagi. Bahkan, Ubuntu saja dibagi lagi menjadi distro lainnya, seperti Edubutu, Xubuntu, Lubuntu, dan lain-lain.

Tidak hanya sistem operasi, aplikasi lainnya seperti Mozilla Firefox juga memiliki variasi lainnya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat