Pengertian dan Jenis Cybercrime

Pengertian dan Jenis Cybercrime

Pengertian dan Jenis Cybercrime

Jogja One Solution – Saat ini banyak sekali kejahatan di internet. Salah satu yang banyak diperbincangkan saat ini yaitu cybercrime. Nah kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan jenis cybercrime.

Pengertian Cybercrime

Cybercrime didefinisikan sebagai  kejahatan, dimana komputer dan jaringan Internet menjadi alat tindak kriminalnya, dan terjadi di dunia Cyber. Cybercrime bisa saja menggunakan teknologi komputer untuk mengakses informasi pribadi, rahasia bisnis perusahaan, atau menggunkan internet untuk menyebarkan luaskan virus berbahaya bagi komputer. Dan pelaku kriminal juga menggunakan komputer untuk berkomunikasi dan tempat penyimpanan dokumen dan data.

Jenis Cybercrime 

  • Hacking

Hacking merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menerobos masuk ke program atau sistem komputer orang lain, dan sang pelaku dapat menembus masuk sistem keamanan program tersebut. Orang yang biasa melakukannya disebut Hacker, seorang ahli programer. Biasanya, seorang hacker melakukan ini demi merusak dan mencuri data. Tapi tekadang, seorang hacker yang baik memberitahukan ke pembuat program tersebut, terdapat beberapa kelemahan yang membuatnya dapat dibobol, bahkan si pembuat program sendiri yang meminta seorang hacker untuk mencoba membobol programnya demi menguji sistem  keamanan program itu.
  • Cracking

Hampir sama dengan hacking, tetapi cracking maksudnya mencoba masuk ke sistem komputer yang hanya ditujukan untuk tindakan kejahatan saja, seperti mencuri, merusak, atau melihat data pribadi. Banyak orang mengatakan kegiatan itu tadi sebagai hacking, tetapi seorang hacker berpikir berbeda.
  • Carding

Memperoleh nomor dan identitas kartu kredit orang lain secara illegal dan membelanjakannya, itulah yang disebut carding. Biasanya nomor dan identitas kartu itu diperolah dengan cara mencurinya dari Internet. Orang yang melakukannya disebut “carder“.
Dan si pelaku melakukan tindakannya bermacam-macam, seperti menggunakan jejaring sosial dan menawarkan barang yang luar biasa murah, sehingga banyak orang tertarik. Setelah ada orang yang berniat membelinya, si carder meminta pelanggan untuk mengirim uang ke rekening pelaku. Namun sayang, barang tak pernah sampai ke pembeli.
  • Defacing

Defacing berarti mengganti halaman webste orang lain. Pelaku deface biasanya hanya iseng, pamer, atau hanya sekedar menguji sistem keamanan suatu web, dan yang paling buruk, sang pelaku murni bertujuan untuk merusak suatu situs web. Hal ini juga pernah terjadi dengan situs web Menkominfo, Bank Indonesia, dan juga situs KPU pada tahun 2004.
  • Phishing

Phising merupakan upaya untuk mendapatkan informasi sensitif dan penting seperti username, password, dan juga identitas kartu kredit. Si pelaku phising biasanya menggunakan situs jejaring sosial dengan meyakinkan pengguna Internet untuk memberikankan informasi pentingnya.
  • Spamming

Spamming berarti pengiriman pesan, berita, dan kebanyakan iklan, melalui pesan elektronik seperti email dari orang yang tidak kita kenal. Kebanyakan spam ini berbentuk pesan pemenang lotere, hadiah yang entah darimana, atau seseorang yang mengaku sangat membutuhkan bantuan. Dan juga pesan ini berbentuk pesan dari situs chatting atau aplikasi messenger dan akan memberikanmu link melewati pesan temanmu. Maka berhati-hatilah jika kamu menemukan link yang mencurigakan.
  • Virus

Virus adalah program komputer yang diciptakan umumnya untuk membobol operating system komputermu. Virus sebenarnya istilah umum dari virus, worm, trojan, malware, dan yang lainnya. Terdapat banyak program antivirus yang dapat kamu install untuk melindungimu dari ancaman program virus ini, namun antivirus tidak cukup, kamu harus mengetahui beberapa hal untuk mencegah terinfeksi virus.

Barusan tadi telah dijelaskan mengenai pengertian dari cybercrime dan juga jenis-jenisnya yang perlu kamu ketahui. Kamu tidak akan tahu kapan, dimana, dan siapa yang akan menjadi korban dari tindakan ini. Maka dari itu kamu harus tetap waspada, karena mungkin saja pelaku ada di sekitar kita. Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat