Pengertian dan Fungsi Processor

Pengertian dan Fungsi Processor

Pengertian dan Fungsi Processor

Jogja One Solution – Processor merupakan salah satu bagian yang menjadi otak dalam komputer. Dengan adanya processor komputer bisa berfungsi dengan baik dalam melakukan perhitungan dan menjalankan perintah user. Nah kali ini kita akan membahas pengertian dan fungsi processor.

Definisi Processor

Istilah prosessor pada dasarnya berasal dari bahasa inggris yaitu kata Prosses yang berarti proses pengolahan. Jika diartikan dari asal kata maka prosessor merupakan perangkat pengolahan data. Jika diartikan secara lengkap maka pengertian prosessor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer. Prosessor terletak pada sebauh soket yang terlah disediakan oleh motherboard dan salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas prosessor.
Dalam mengolah dan memproses data yang ada diperangkat komputer, prosessor membutuhkan bantuan perangkat-perangkat lainnya baik itu perangkat input maupun perangkat output, contoh dalam aktifitas pengloahan data tulisan misalnya prosessor membutuhkan perangkat keras keyboard sebagai media input data dan membutuhkan monitor dan printer sebagai media penampilan output.
 

Fungsi prosessor

  • Perangkat untuk memproses data.

Fungsi prosessor yang pertama ialah sebagai perangkat pemprosessan data. Sperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fungsi prosessor adalah sebagai perangkat keras komputer yang memproses data yang diinput oleh user kedalam komputer melalui perangkat input
  • Perangkat penerjemah Data.

Fungsi processor yang kedua adalah sebagai perangkat penerjemah data. Dalam mengubah data input menjadi data output, processor harus dapat menerjemahkan data masukan yang berupa aksi yang dilakukan oleh user menjadi data keluaran yang berguna bagi user.
  • Pengatur Kerja Perangkat Lain.

Fungsi processor yang ketiga adalah sebagai perangkat yang mengatur kerja perangkat lain. Dalam menampilkan output, processor membutuhkan bantuan berbagai macam perangkat output yang ada pada perangkat komputer. Dan untuk bisa mengeluarkan output, perangkat output membutuhkan perintah dari processor mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.
Demikian penjelas mengenai pengertian dan fungsi prosessor, Semoga Bermanfaat 🙂

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat