Pengertian dan Fungsi Point Of Sale

Pengertian dan Fungsi Point Of Sale

Point of Sales: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis - Glints BlogJogja One Solution – Dalam dunia bisnis, Point of Sale (POS) dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register). Sesuai dengan namanya, Point of Sale merupakan titik penjualan (check-out) dimana transaksi dapat dikatakan selesai. Ini adalah dimana pembeli dan penjual melakukan pembayaran atas barang/jasa yang sudah diterima. Berikut ini pengertian dan fungsi point of sale.

 

 

 

Pengertian Point of Sale

Point of sale system adalah sistem yang sering digunakan perusahaan retail atau perusahaan dagang. Sistem ini dapat menyelesaikan transaksi jual beli dengan lebih mudah. Jika Anda pergi ke restoran maupun supermarket pasti pernah melihat pegawai memasukan rincian pesanan ke dalam komputer.

Biasanya, pada supermarket barang yang dipilih akan di scan terlebih dahulu pada bagian barcode, lalu baru muncul harganya. Setelah semua selesai, maka kasir akan menyebutkan total pembelanjaan dan Anda harus membayar sejumlah total yang disebutkan.

Pada akhirnya, konsumen akan diberikan struk yang berisikan barang yang dibeli, total produk, total harga hingga kembalian. Semua hal ini bisa dilakukan karena supermarket menggunakan teknologi POS.

Bayangkan jika tidak menggunakan POS, maka berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk memproses pembayaran setiap konsumen yang datang.

Tidak hanya supermarket, namun kini sistem POS sudah banyak digunakan diberbagai restoran, coffee shop hingga laundry. Para pelaku bisnis biasanya membutuhkan sistem canggih ini untuk mempermudah operasional.

Aplikasi Point of Sale

aplikasi point of sale

Untuk mendapatkan kemudahan tersebut, Anda harus menggunakan aplikasi POS. Berkat kemajuan teknologi kini banyak aplikasi yang menawarkan para penggunanya untuk menggunakan perangkat modern.

Tidak hanya terpaku oleh komputer, kini sistem POS bisa digunakan di perangkat tablet Android dan iOS. Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi POS untuk mempermudah bisnis dan usaha, berikut ini adalah beberapa pilihannya.

1.Mokapos

mokapos

Aplikasi point of sale yang pertama adalah Mokapos, layanan ini cocok digunakan oleh para pelaku usaha kecil maupun besar. Terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan operasional. Bahkan Anda juga bisa membuat laporan bisnis kapan saja dari data yang ada di aplikasi.

Keunggulan dari aplikasi mokapos adalah Point of Sales Software yang bisa diakses secara mobile sehingga bisa lebih fleksibel. Aplikasi ini juga mendukung pembayaran melalui berbagai bank ternama di Indonesia yang bisa diproses dengan bantuan mesin EDC.

2.Pawoon

 

pawoon aplikasi kasir online

Jika Anda masih ingin mencoba bagaimana proses kerja sistem POS ini maka gunakanlah versi gratis dari Pawoon. Selain mencatat transaksi penjualan, aplikasi ini juga menyediakan fitur customer relation management dimana Anda bisa mengetahui feedback dari konsumen.

Untuk bisnis yang sedang membutuhkan dana tambahan dari bank, maka Anda memiliki kesempatan untuk mengajukan kredit dengan aplikasi ini. Pawoon telah bekerja sama dengan satu bank di Indonesia dimana Anda memiliki peluang mendapatkan kredit modal dengan menggunakan fasilitas Pawoon.

 

3.Olsera

olsera

Aplikasi point of sale ini bisa digunakan di berbagai perangkat, termasuk smartphone android dan iOS. Tidak hanya melayani retail konvensional, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh para pelaku bisnis online.

Data penjualan dan transaksi pembayaran akan dicatat dengan akurat dan ditampilkan dengan detail.

Aplikasi ini bahkan juga bisa membagi pembayaran meskipun pemesanan dilakukan dalam satu waktu. Hal ini sangat dibutuhkan jika ada rombongan yang datang dan memesan bersamaan namun mereka ingin membayar secara terpisah.

Fungsi Point of Sale

  1. Saat menggunakan Point of Sales Indonesia maka transaksi akan dicatat detail. Hal ini akan membuat pemilik usaha bisa mengamati kondisi perusahaan dan mempermudah mengambil keputusan,
  2. Tidak hanya sebagai sistem pembayaran, POS juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui ketersediaan barang. Setiap barang yang di scan dan dibayar akan berkurang secara otomatis pada sistem sehingga bisa diketahui jumlahnya secara pasti.
  3. Membuat laporan keuangan secara cepat dan real time sehingga tidak perlu waktu lama untuk mengetahui kondisi keuangan dari penjualan. Sistem yang cepat akan membuat pemilik bisa menentukan strategi bisnis dari hari ke hari.

Manfaat Point of Sale

  1. Proses yang cepat karena sistem sudah melakukan kalkulasi secara otomatis. Sehingga Anda tidak perlu menghitung berapa jumlah kembalian yang diterima pembeli, proses yang cepat akan membuat pelanggan betah dan puas.
  2. Dapat mengubah data berupa menu dan harga dengan cepat, hal ini bisa dimanfaatkan jika Anda sedang memberikan promo diskon.
  3. Beberapa aplikasi kini sudah bisa menerima pembayaran baik tunai, kartu kredit, debet hingga uang elektronik lainnya.

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat