Pengertian dan Fungsi Net Framework

Pengertian dan Fungsi Net Framework

Pengertian dan Fungsi Net Framework

Jogja One Solution – Kita mungkin masih ada yang tidak tau atau belum peham mengenai .Net Framework. Apa itu pengertiannya, untuk apa fungsinya dan bagaimana cara kerja net framework. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi .Net Framework.

Pengertian Net Framework

.Net Framework (Dibaca Microsoft Dot Net Framework) merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada system operasi microsoft windows. Saat ini .Net framework umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standart windows (mulai dari windows server 2003 dan versi-versi windows yang lebih baru).
Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lainnya dalam pengembangan sistem
Pada dasarnya, .NET Framework memiliki 2 komponen utama
– CLR.
– dan .NET Framework Class Library.
Program – program yang ditulis untuk .NET Framework dijalankan pada suatu lingkungan software yang mengatur persyaratan-persyaratan runtime program. Runtime environment ini, yang juga merupakan suatu bagian dari .NET Framework, dikenal sebagai Common Language Runtime (CLR). CLR menyediakan penampilan dari application virtual machine, sehingga para programmer tidak perlu mengetahui kemampuan CPU tertentu yang akan menjalankan program.
CLR juga menyediakan layanan-layanan penting lainnya seperti jaminan keamanan, pengaturan memori, garbage collection dan exception handling / penanganan kesalahan pada saat runtime. Class library dan CLR ini merupakan komponen inti dari .NET Framework. Kerangka kerja itu pun dibuat sedemikian rupa agar para programmer dapat mengembangkan program komputer dengan jauh lebih mudah, dan juga untuk mengurangi kerawanan aplikasi dan juga komputer dari beberapa ancaman keamanan.
CLR adalah turunan dari CLI (Common Language Infrastructure) yang saat ini merupakan standar ECMA. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan mengunjungi situs ECMA atau kunjungi sumber pranala di bawah artikel ini.
Solusi-solusi program pembentuk class library dari .NET Framework mengcover area yang luas dari kebutuhan program pada bidang user interface, pengaksesan data, koneksi basis data, kriptografi, pembuatan aplikasi berbasis web, algoritma numerik, dan komunikasi jaringan. Fungsi-fungsi yang ada dalam class library dapat digabungkan oleh programmer dengan kodenya sendiri untuk membuat suatu program aplikasi baru.

Fungsi .Net Framework.

Fungsi utama dari .Net Framework pada windows adalah sebagai penterjemah dan pengeksekusi sebuah perangkat lunak agar dapat berjalan pada sistem operasi windows. Sebenarnya tidak semua aplikasi membuthkan net framework versi terbaru atau tidak perlu melakukan install net framework. Akan tetapi pada beberapa kasus pada saat melakukan installasi aplikasi kita diwajibkan untuk melakukan installasi .Net Framework terlebih dahulu agar bisa menjalankan atau melakukan intallasi aplikasi tersebut.
Itulah sekilas mengenai pengerian dan fungsi dari .Net Framework, semoga bermanfaat 🙂

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat