Pengertian dan Fitur Pada Codeigniter

Pengertian dan Fitur Pada Codeigniter

Apa Itu CodeIgniter dan Keunggulannya | Logique.co.id BlogJogja One Solution – Dalam bidang perkembangan website, efisiensi serta modularitas seakan sudah menjadi istilah umum yang hampir setiap hari digunakan. Di tengah kejenuhan ketika harus menulis ulang kode yang sama untuk beberapa aplikasi atau web perusahaan. Sekarang bisa dimudahkan berkat adanya framework yang mampu membantu pekerjaan secara signifikan. Bagi yang belum tahu framework adalah sekumpulan instruksi yang di gabung dalam satu wadah khusus guna untuk memudahkan para web developer dalam melakukan pemrograman secara efektif dari segi waktu dan pekerjaan. Dengan menggunakan framework proses pembuatan website akan jauh lebih singkat dibandingkan PHP native. Pasalnya, web developer tidak harus membuat semua kode dari awal. Berikut ini pengertian dan fitur pada codeigniter.

 

 

Sejarah Perkembangan Codeigniter

Selain cepat dan mudah, codeigniter juga memiliki dokumentasi yang super lengkap disertai dengan contoh implementasi kodenya. Dokumentasi lengkap inilah yang menjadi salah satu alasan kuat mengapa banyak orang memilih codeigniter sebagai framework pilihannya. Karena kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh codeigniter. Pembuat PHP Rasmus Lerdorf memuji codeigniter di frOSCon (Agustus 2008) dengan mengatakan bahwa dia menyukai codeigniter karena “it is faster, lighter and the least like a framework.”

Codeigniter pertamakali dikembangkan pada tahun 2006 oleh Rick Ellis. Dengan logo api yang menyala, codeigniter dengan cepat “membakar” semangat para web developer untuk mengembangkan web dinamis dengan cepat dan mudah menggunakan framework PHP yang satu ini.

Pada bulan Juli 2013, EllisLab mengumumkan bahwa mereka mencari pemilik baru untuk codeigniter karena internal mereka sendiri tidak memiliki cukup fokus untuk terus mengembangkan codeigniter. Akhirnya pada bulan Oktober 2014, kepemilikan CodeIgniter berpindah tangan kepada British Columbia Institute of Technology, salah satu sekolah tinggi teknologi di Kanada.

gambar Codeigniter

Fitur Pada Codeigniter

1. Konfigurasi Minim (Nearly zero configuration)

Seperti yang telah disampaikan pada paragraf sebelumnya dengan framework Codeigniter para web developer bakal lebih mudah melakukan konfigurasi file karena sistemnya yang memang sederhana.

Bayangkan saja, ketika menggunakan Codeigniter Anda hanya perlu melakukan perubahan minor pada bagian file config jika ingin melakukan konfigurasi.

Terlepas dari itu, Anda tentu masih diberikan keleluasaan dalam proses penyesuaian database dan routing dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti autoload.php serta database.php.

2. Memiliki Performa Cepat

Tahukah Anda? framework berbasis PHP ini diklaim memiliki performa yang sangat cepat ketika dibandingkan dengan framework-framework lain seperti Symfony, Cake, Yii, dan Laravel. Hal ini disebabkan karena framework Codeigniter tidak menggunakan tmplate engine dan ORM yang justru berpotensi memperlambat proses load website.

Nah, oleh sebab itu, tak heran jika para web developer di Indonesia maupun di dunia banyak yang kepincut untuk menggunakan framework Codeigniter, terlebih ketika perusahaan ingin menekan biaya server/web hosting agar tidak terlalu membebani keuangan.

3. Punya Banyak Komunitas

Salah satu keunggulan framework Codeingiter yang perlu Anda garis bawahi adalah banyaknya komunitas pendukung Codeigniter yang terdiri dari para web developer di seluruh penjuru dunia. Berkat adanya komunitas ini, maka proses bertukar informasi serta mendapatkan wawasan terbaru pun menjadi semakin mudah.

Anda baru belajar menggunakan framework Codeigniter dan merasa butuh mentor untuk melakukan bimbingan? Tinggal browsing untuk mendapatkan jawaban.

4. File Dokumentasi Lengkap

File dokumentasi menjadi sangat penting ketika ingin mempelajari sesuatu, baik secara otodidak maupun secara formal. Nah, framework Codeigniter sendiri tercatat mempunyai file dokumentasi yang sangat lengkap. Dokumentasi berupa user manual tersebut tentunya bisa diakses dengan mudah untuk dipahami.para pengguna awam.

Kendati demikian, tetap saja untuk bisa mulai menggunakan framework Codeigniter diperlukan pengetahuan dasar terkait PHP serta sedikit pengalaman menggunakan comand line Linux.

Tak Perlu Pusing dalam Memilih Framework

website professional

Harus diakui, PHP mempunyai beragam framework yang kadang justru membuat bingung para web developer. Daripada menghabiskan waktu untuk membandingkan antar framework lebih baik. Jika Anda memanfaatkan watu tersebut untuk mendalami salah satu framework agar mendapat keahlian penuh.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat