Pengertian dan Cara Kerja Scanner

Pengertian dan Cara Kerja Scanner

Pengertian dan Cara Kerja ScannerPengertian dan Cara Kerja Scanner

Jogja One Solution – Penggunaan scanner dalam era digitalisasi sudah lazim dilakukan. Hal ini karena scanner sangat membantu penggunanya untuk mengutak-atik berkas fisik supaya bisa masuk ke ranah digital. Dalam artikel ini kita akan membahas pengertisn dan cara kerja scanner.

Pengertian Scanner

Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.

Scanner dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.

Fungsi Scanner sudah jelas karena dengan adanya alat ini, kita dapat menduplikat hard-copy seperti kertas, makalah, maupun foto ke dalam bentuk digital ke komputer. Jadi saat kita kehilangan source berkas seperti foto atau makalah, kita dapat menyimpan foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu hilang, atau rusak, kita masih punya simpanan/salinannya di komputer dalam bentuk digital.

Hasil gambar untuk jenis scanner

 

Cara Kerja Scanner

  • Letakkan berkas yang ingin dipindai, lalu atur motor stepper scanner melalui komputer.
  • Setelah komputer mengatur motor stepper, maka jarak maksimalnya bisa diatur sepanjang gambar bisa ditangkap di kaca pemindai.
  • Scanhead yang sedang bekerja akan menangkap cahaya yang dicerminkan di area pemindaian dengan tingkat ketelitian 1/90.000 inchi.
  • Ketika lampu menyala, motor stepper akan menggerakkannya hingga berada di atas objek.
  • Cahaya lampu yang diarahkan ke gambar akan dipantulkan lagi di bagian wilayah kosong (warna putih). Pantulan cahaya di area putih lebih banyak ketimbang area yang lebih gelap atau berwarna. Nah, pantulan yang sudah dihasilkan ini diteruskan ke beberapa cermin ke lensa scanner.
  • Pantulan cahaya bergerak ke sensor CCD, yang kemudian akan mengukur intensitas cahaya serta panjang gelombang yang dipantulkan. Setelah itu diubah menjadi tegangan analog.
  • Tegangan analog itu langsung berubah menjadi digital, karena ada alat yang bisa mengubah ADC (Analog to Digital).
  • Sinyal digital dari sensor CCD kemudian dikirimkan ke logic board, yang akan mengirimnya kembali pada komputer dalam format digital.
Itulah sekilas tentang pengertian dan cara kerja scanner, Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat