Pengertian Bounce Rate Dan Cara Memaksimalkannya

Pengertian Bounce Rate Dan Cara Memaksimalkannya

Pengertian Bounce Rate Dan Cara Memaksimalkannya

Pengertian Bounce Rate Dan Cara Memaksimalkannya - Hosteko BlogJogja One Solution – Jika Anda memiliki website yang sudah terhubung dengan Google Analytics pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Bounce rate. Bounce rate adalah salah satu statistik yang bahkan sudah dianggap sebagai faktor krusial yang bisa mempengatuhi SEO untuk menghasilkan traffic organik dari mesin pencari. Sebagai pemilik website atau blog pribadi Anda pasti juga ingin memiliki performa optimal di mata mesin pencari, bukan? Nah, salah satu caranya Anda bisa mempelajari pengertian bounce rate dan tips-tipsnya pada pembahasan kali ini. Berikut ini merupakan pengertian bounce rate dan cara memaksimalkannya.

Faktor yang bisa mempengaruhi Bounce Rate

  • Masalah pada desaign dan navigasi yang dapat membingungkan pengunjung
  • Kurangnya interaksi pengunjung dengan website
  • Pengunjung yang sudah mendapatkan informasi yang dicari biasanya akan menutup halaman
  • Pengunjung mengunjungi halaman lain dan meninggalkan halaman sebelumnya
  • Adanya promo, pop up, survey dari website lain sehingga pengunjung meninggalkan website anda
  • Pengunjung tertarik dan mengklik iklan yang ada di website anda

Cara yang dapat membantu menurunkan Bounce Rate

1.  Buatlah navigasi yang jelas dan sederhana

Gunakan kata yang jelas dan sederhana namun teteap menunjukkan isi konten anda.

2.  Buat artikel yang original

Disarankan jangan menyajikan konten hasil  plagiat dari konten lain. Hal ini dapat membuat website anda buruk di mata mesin pencarian.

3.  Judul artikel yang menarik

Setiap judul artikel haruslah menarik dan sesuai dengan konten. Jangan membuat pembaca kecewa membuka sebuah artikel karena tertarik dengan judulnya, namun setelah dibaca tidak sesuai dengan harapan mereka karena tidak sesuai antara judul dengan isi.

4.  Konten yang relevan dan berkualitas

Konten yang anda sajikan harus sesuai dengan kebutuhan pembaca. Kualitas konten yang anda sajikan juga harus diperhatikan agar mendapat kepercayaan dari pembaca.

5.  Artikel harus interaktif

Beri kesempatan pada pengunjung untuk berdiskusi, serta berikan arahan kemana atau apa yang harus dilakukan pembaca/pengunjung setelah membaca artikel milik anda.

6.  Tambahkan gambar

Sertakan gambar yang berkaitan dengan artikel yang anda tulis. Gambar akan membuat artikel yang anda sajikan lebih menarik dan tidak membuat bosan para pembaca.

7.  Penempatan dan struktur halaman yang baik

Pastikan pengunjung mudah menemukan apa yang mereka cari dan menjaga tampilan tetap rapi.

8.  Buatlah design yang lebih sederhana dan juga ringan untuk website anda

Tata letak dan desain yang baik adalah dimana Anda menonjolkan konten blog dengan jelas, mudah dicari dan terlihat indah.

9.  Pasang kotak pencarian

Adanya kotak pencarian akan mempermudah pengunjung untuk menemukan informasi yang dicarinya. Jika tidak ada kotak pencarian, kemungkinan besar pengunjung akan segara meninggalkan website anda.

10.  Gunakan link internal

Dengan memasang link antar artikel, pengunjung jadi tahu artikel terkait tanpa harus mereka bersusah payah mencarinya sendiri. Ini dapat meningkatkan kemungkinan mereka membuka halaman kedua, ketiga dan seterusnya setelah selesai membaca satu artikel.

11.  Percepat loading

Usahakan jangan membuat pengujung terlalu lama menunggu untuk membuka website atau halaman lainnya di website anda. Jika terlalu lama menunggu, kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan wensite anda. Usahakan waktu tunggu tidak lebih dari 10 detik.

12.  Kurangi link keluar

Memasang banyak link keluar akan mengakibatkan nilai Bounce Rate menjadi tinggi. Jika tidak sangat dibutuhkan lebih baik dihindari, terkecuali jika menurut anda itu dapat memberikan manfaat dan mempermudah pengunjung memahami informasi yang anda sajikan silahkan cantumkan link keluar tersebut.

13.  Gunakan Readmore

Jika terlalu banyak artikel di halaman utama, pengunjung akan lelah menggulung layar ke bawah. Jika sudah lelah, mereka cenderung meninggalkan website anda dengan cepat. Batasi jangan terlalu banyak jumlah halaman yang tampil di halaman depan.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat