Pengertian Big Data dan Seberapa Pentingnya Saat Ini

Pengertian Big Data dan Seberapa Pentingnya Saat Ini

PENGERTIAN BIG DATA DAN APA FUNGSINYA - AVS StoreJogja One Solution – Istilah “big data” mengacu pada data yang sangat besar, cepat atau kompleks sehingga sulit atau tidak mungkin untuk diproses menggunakan metode tradisional. Tindakan mengakses dan menyimpan sejumlah besar informasi untuk analitik sudah ada sejak lama. Tetapi konsep big data mendapatkan momentum di awal 2000-an ketika analis industri Doug Laney mengartikulasikan definisi big data. Berikut ini pengertian big data dan seberapa pentingnya saat ini.

Apa Itu Big Data

Pada era yang serba modern dan canggih ini tentunya akan sangat ketinggalan rasanya jika tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan big data. Big data adalah kumpulan atau gabungan dari keseluruhan data yang ada dalam jumlah sangat besar dan juga dengan bentuk yang kompleks.

Karena data yang dikelola amat besar, maka jika tidak menerapkan suatu sistem teknologi tinggi, maka data tidak akan dapat dikelola dengan baik. Perkembangan big data di Indonesia memang sering disebut mengalami kemajuan yang cukup pesat.

Selain itu, big data juga bisa disebut dengan suatu penggunaan berbagai sumber daya yang tersedia guna untuk menentukan solusi yang sesuai dengan tujuan. Oleh karena itu, big data memiliki peranan yang amat penting. Meliputi suatu konsep yang digunakan untuk memahami data yang ada dan dalam jumlah besar dengan cara menggunakan analisa dan pemahaman tingkat tinggi.

Pada suatu prosesnya, big data sendiri memiliki 3 aspek yang harus dipahami. Ketiga aspek tersebut meliputi volume atau ukuran dari data yang dikelola, velocity atau kecepatan dari suatu data, dan variety atau jenis daya yang ada. Hal tersebut yang melatar belakangi terjadinya perkembangan big data di Indonesia.

Sejarah Big Data

Big data di Indonesia memiliki perkembangan yang sama dengan big data pada umumnya. Hampir seluruh negara mengalami hal tersebut. Apabila dilihat dari segi sejarahnya, suatu sistem atau teknologi yang digunakan oleh banyak orang pastinya memerlukan sumber daya yang amat besar. Kemudian suatu teknologi yang digunakan hampir seluruh orang di dunia pasti menghasilkan data yang amat besar.

Apa Itu Bid Data

Bisa dibayangkan suatu daya yang terkumpul dari satu orang saja bisa hingga ratusan bahkan ribuan. Belum lagi data yang terkumpul dari seluruh pengguna di Indonesia. Tentunya, apabila hal ini tidak dikelola dengan baik, maka akan menimbulkan suatu kelambatan. Data yang ada dalam jumlah besar berusaha dibuat agar menjadi lebih ringan. Ringkas dan bisa dibawa, disimpan tanpa memakan ruang yang besar.

Hal tersebut yang melatarbelakangi adanya big data. Begitu pula di Indonesia, big data di Indonesia juga turut menghadirkan hal yang sama. Kemudian banyak yang masih bingung tempat yang digunakan untuk menyimpan big data. Big data terdapat pada internet smartphone dan lain sebagainya.

Agar lebih mudah dalam memahami, big data merupakan suatu data yang tersimpan di dalam media. Baik itu perangkat smartphone atau yang lainnya. Hal tersebut dapat terlihat saat Anda berusaha mencari data tertentu, maka data akan dengan mudah tersedia.

Big data adalah suatu data dalam jumlah yang sangat besar dengan tata pengelolaan yang mudah. Setelah mengetahui tentang pengertian big data secara singkat tersebut, tentunya Anda menjadi lebih paham apa yang melatar belakangi kemudahan dalam akses data. Misalkan saja, saat Anda membuka internet, kemudian memiliki kepentingan untuk mencari data tertentu. Tak perlu menunggu waktu yang lama atau berhari-hari, data yang Anda perlukan bisa tersedia hanya dalam hitungan detik saja.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat