Pemahaman Mengenai Rekayasa Perangkat Lunak

Pemahaman Mengenai Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak [RPL] : Fungsi, Kriteria, Ruang Lingkup dan  Jurusan - Jagad.idJogja One Solution –Rekayasa perangkat lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas. Berikut ini

Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang profesi yang mempelajari dan mendalami cara mengembangkan perangkat lunak misalnya pembuatan, perawatan, pemeliharaan, penerapan, pengubahan dan pendekatan atas perangkat lunak yang telah ada agar menjadi perangkat lunak yang lebih efektif dan efisien.

Perangkat lunak sendiri adalah sekumpulan data yang tersimpan dan terprogram oleh sistem komputer.

Di Indonesia sendiri RPL telah dipelajari dan  diterapkan sejak tingkat  Sekolah Menengah Kejuruan hingga Perguruan tinggi. Pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan Ilmu ini bahkan memiliki jurusan tersendiri dengan kurikulum materi pelajaran yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.

Dan materi – materi yang dipelajari biasa nya adalah bahasa pemrograman,  desain web, pengetahuan mengenai Undang -Undang ITE dan HAKI, dan lain sebagainya tergantung dari sekolah dan kurikulum pembelajaran tiap tahunnya.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak sendiri adalah sebuah perubahan perangkat lunak yang fungsinya sebagai pengembangan, pemeliharaan serta pembangunan kembali, dengan memakai sistem rekayasa agar mendapatkan perangkat lunak yang dapat bekerja dengan lebih efisien dan efektif lagi bagi penggunanya.

Ada pula yang mendefinisikan ilmu ini sebagai sebuah ilmu yang mempraktekkan teori dasar bidang tertentu suatu perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai suatu peralatan yang membantu  dalam mengatasi masalah dan proses mengambil keputusan.

Apapun definisi dan pengertiannya, intinya adalah menggabungkan antara konsep ilmu ekonomi, komunikasi, komputer dan ilmu manajemen yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengatasi masalah pada teknis perangkat lunak.

Tujuan rekayasa perangkat lunak

perangkat lunak

Ilmu ini dipandang sangat perlu karena pada dasarnya memungkinkan Anda membangun sistem perangkat lunak yang kompleks, efektif dan efisien dalam jangka waktu panjang dan pada dasarnya harus mempunyai kualitas tinggi.

Tujuan utama dari rekayasa perangkat lunak

1.Mengembangkan perangkat lunak

Tujuan utama dari seseorang mempelajari rekayasa perangkat lunak adalah untuk mengembangkan perangkat lunak yang dapat berfungsi dan berguna bagi penggunanya. Sebuah perangkat lunak tentu harus memiliki fungsi dan kegunaan yang spesifik agar dapat digunakan oleh penggunanya.

2.Memperbarui Fungsi

Terkadang perangkat lunak yang sudah ada membutuhkan pembaruan, karena mungkin fungsinya telah berkurang. Dengan seseorang mendalami perangkat lunak akan mampu mengembangkan perangkat lunak yang sudah ada itu menjadi sistem perangkat lunak yang lebih baik dan lebih berguna lagi bagi  penggunanya.

3.Menciptakan perangkat lunak yang user friendly

Setiap pengguna atau user pasti menginginkan perangkat lunak yang user friendly. Setidaknya perangkat lunak yang user friendly memiliki tampilan yang yang menarik.fungsional dan mudah digunakan oleh penggunanya.

Seseorang yang mempelajari dan mendalami perangkat lunak tentu paham akan hal ini, sehingga ia mampu mengembangkan dan menciptakan perangkat yang user friendly.

4. Mengintegrasikan pada peralatan mekanikal yang ada

Pada beberapa peralatan mekanikal memerlukan integrasi dengan perangkat lunak agar sistem dapat  bekerja dengan optimal. Seseorang  yang mendalami hal ini pasti telah paham dengan masalah tersebut.

Dengan kemampuannya mempelajari RPL, maka sebuah sistem perangkat lunak mampu diintegrasikan pada sebuah peralatan mekanikal. Sehingga  mendukung kegiatan operasional pada peralatan tersebut.

5Melakukan perawatan dan maintenance

Tujuan dari seseorang mempelajari perangkat lunak adalah agar bukan hanya terpaku pada pembuatan dan pengembangan sistem perangkat lunak yang ada. Tapi  juga berada pada sistem maintenance atau perawatan pada sebuah perangkat lunak yang ada.

Pada semua perangkat lunak pastinya memerlukan maintenance, terutama saat perangkat lunak itu mengalami gangguan atau kendala. Karena itulah perawatan diperlukan, agar ada sistem perawatan dan maintenance dari perangkat lunak tersebut.

Sedangkan secara khususnya memiliki tujuan sebagai berikut :

  1. Mendapatkan biaya produksi dan biaya perawatan perangkat lunak yang lebih rendah.
  2. Menghasilkan perangkat lunak yang mampu bekerja dengan baik pada semua macam platform.
  3. Menghasilkan perangkat lunak yang memiliki sistem kinerja yang handal dan tepat waktu.

Rekayasa software dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari maupun dalam perusahaan. Pembuatan aplikasi yang mencatat data kecelakaan, aplikasi pembuatan kamera untuk driver adalah beberapa contoh rekayasa perangkat lunak.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat