Pegertian, Cara Kerja dan Contoh Query Database

Pegertian, Cara Kerja dan Contoh Query Database

BASIS DATA : Pengertian, Komponen dan Sistem Basis Data (Database) | SalamadianJogja One Solution – Pada saat membuat query, Anda tidak bisa mengetikkan ‘request’ secara asal-asalan. Query ditulis berdasarkan pada sekumpulan pre-defined code sehingga database dapat memahami instruksi yang diminta. Kami menyebut kode ini sebagai bahasa query. Standar manajemen database adalah Structure Query Language (SQL). Satu hal yang harus Anda ingat, SQL berbeda dari MySQL: SQL merupakan bahasa query, sedangkan MySQL adalah software yang menggunakan bahasa tersebut. SQL memang dikenal sebagai software database yang paling banyak digunakan. Namun, SQL tidak menjadi satu-satunya pilihan software. AQL, Datalog, dan DMX adalah contoh software database yang bisa Anda gunakan. Berikut ini Pegertian, Cara Kerja dan Contoh Query Database

 

Apa itu Query?

Agar mudah dipahami, secara sederhana kami menjelaskan apa itu query. Query dapat diartikan sebagai capability (kemampuan) database pada komputer untuk menampilkan/menyimpan informasi tertentu. Namun perlu diketahui bahwa kemampuan tersebut hanya berupa pre-defined code artinya jika permintaan tidak sesuai dengan informasi yang tersimpan di database, maka permintaan tidak dapat diproses.

Umumnya query dibagi dalam dua jenis yaitu :

  1.   Select query

Select query merupakan permintaan atas suatu informasi yang tersimpan dalam database.

  1.   Action query

Action query merupakan kegiatan updating (pembaharuan), insert (penambahan) maupun penghapusan sebagian atau keseluruhan informasi dalam database.

Query mampu memenuhi permintaan dan penyimpanan data dari banyak pengguna, itu sebabnya query disebut sebagai bagian terpenting pada proses pengolahan database. Adapun Structure Query Language (SQL) merupakan bahasa query yang menjadi standar manajemen database. SQL ini sedang populer di kalangan Database Administrator (DBA).

Fungsi Komponen Query

Beberapa penjelasan diatas menerangkan apa itu query, kemudian disini kami akan membagikan beberapa fungsi query dalam SQL. Dalam database tiap komponen dapat saling berinteraksi, adapun komponen-komponen tersebut yakni :

  1.   Data Definition Language (DDL)

Berfungsi sebagai mendefinisi data yang terdapat dalam database. Komponen ini berisi perintah yang terdiri dari DROP, ALTER, CREATE.

  1.   Data Control Language (DCL)

Data Control Language memiliki fungsi dalam database untuk memberi hak akses bagi user. Komponen ini berisi perintah yakni REVOKE.

  1.   Data Manipulation Language (DML)

Data Manipulation Language berfungsi untuk mengubah/menambah value dari table tertentu yang terdapat dalam database. Komponen ini berisi perintah yang terdiri dari UPDATE, INSERT, SELECT dan DELETE.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat