Panduan Menjaga Website dari Malware

Panduan Menjaga Website dari Malware

Panduan Menjaga Website dari MalwarePANDUAN MENJAGA WEBSITE DARI MALWARE

Malware Website – Sudah terbayangkan bukan jika komputer Anda terkena malware atau virus bukan? Ngeri tentunya jika Anda mengalami hal ini. Salah satunya juga malware bisa menyerang pada website Anda. Namun tidak perlu khawatir, Anda bisa mencegahnya dengan cara berikut ini :

Cara Menjaga Website dari Virus dan Malware

Nah, kalau gitu kita simak langsung tips dan trik untuk menjauhkan website kamu dari serangan malware, di bawah ini:

  1. Daftarkan website kamu ke Google Webmasters. Di dalamnya ada fitur Malware Diagnostic yang dapat kamu manfaatkan sewaktu-waktu, terutama jika website kamu sudah diblokir oleh Google.
  2. Secara berkala lakukan check kesehatan situs kamu melalui Google Webmaster melalui fitur scanning virus yang sudah tersedia.
  3. Jika kamu menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress, Joomla, Drupal, Opencart, dlsb, maka hanya gunakan themes, plugin, dan module yang aman dan terpercaya. Baca baik-baik setiap review dari plugin yang akan kamu pasang.
  4. Jika kamu menggunakan CMS, jangan lupa untuk rutin update versi setiap komponen CMS kamu begitu versi terbarunya sudah rilis. Komponen yang out of date cenderung dimanfaatkan malware untuk menyusup ke website kamu.
  5. Pastikan laptop atau PC yang kamu gunakan untuk berinteraksi dengan hosting/server (upload data, login ke administrator, dlsb) itu bebas dari virus atau Malware. Pasang antivirus terpercaya di perangkat kamu.
  6. Gunakan salah satu dari aplikasi berikut untuk menyimpan sandi kamu. Jika kamu disiplin menggunakan aplikasi penyimpanan password seperti ini, setidaknya kamu dijauhkan dari Keylogger.
  7. Jangan login di Wifi publik. Login kamu bisa saja di-sniff oleh user lain. Hanya login JIKA kamu berada di Wifi private.

Baca juga : Kenali Bahaya Malware Website

Jika website sudah terserang malware. Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Gunakan fasilitas virus scanner yang sudah terdapat pada fasilitas account hosting kamu secara rutin. Misalnya, jika kamu menggunakan cPanel, ada tools ‘Virus Scanner’ untuk melakukan scan virus dan malware.
  2. Jika provider kamu memberitahu bahwa akun kamu melakukan spam email atau dianggap kena malware, jangan gegabah dulu.
    Cari tahu secara baik-baik ke pihak provider mengenai informasi file apa yang digunakan untuk melakukan spam email / direktori mana yang kena malware dan bagaimana menanggulanginya.
  3. Silahkan check pada Google Webmasters tentang kesehatan situs kamu.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat