Panduan Membeli Hosting dan Domain

Panduan Membeli Hosting dan Domain

Panduan Membeli Hosting dan DomainPANDUAN MEMBELI HOSTING DAN DOMAIN

Hosting dan Domain – Sangat cocok dan rekomendasi bagi Anda yang masih pemula mengenai website. Bagaimana sih cara membeli hosting dan domain? Benar sekali, langkah awal ketika kita akan membuat website untuk pertama kalinya adalah harus membeli hosting dan domain. Nah berikut ini adalah panduannya.

Cara Membeli Hosting dan Domain

Padahal semua tagihan sudah dibayar, rancangan website sudah ada di kepala, dan mungkin saja kira-kira pertanyaan yang sering muncul di dalam benak adalah seperti ini:

Apa yang harus saya lakukan dengan domain saya?
Bagaimana cara masuk ke hosting saya?
Cara install WordPress di hosting bagaimana?
Lalu, cara supaya website saya segera LIVE gimana ya?
… bla bla bla …
… bla bla bla …

Nah, jika Anda adalah pemula, dan sering menghadapi pertanyaan seperti di atas, tips berikut ini barangkali bisa membantu.

Baca juga : Tools Pengecekan Website Error

1. Periksa Email

Ya, serius, ini benar-benar langkah pertama yang harus Anda tempuh. Karena begitu Anda membeli domain dan sewa hosting dari provider manapun, biasanya mereka akan mengirimkan email pemberitahuan yang berisi akun domain, akun hosting, dan akun client area (akun ke penyedia domain hosting tempat Anda membeli domain dan hosting).

Meskipun pada tiap-tiap penyedia domain hosting pemberian informasi ini bisa berbeda-beda formatnya, setidaknya ada 3 informasi yang akan Anda peroleh.

Nah, dengan informasi akun domain dan akun hosting tesebut, Anda bisa menggunakannya untuk masuk ke domain panel dan hosting panel.

Baca juga : Cara Edit Website Bagian Contact

2. Login ke Area Klien

Ya, langkah selanjutnya adalah Anda harus login ke Area Klien tempat dimana Anda membeli domain dan hosting. Di halaman area klien / client area ini, disamping Anda bisa mengetahui informasi administrasi billing, tiap-tiap penyedia domain dan hosting biasanya juga sudah menyediakan panel untuk mengatur domain dan cPanel hosting melalui halaman Area Klien ini, meskipun masih terbatas pada settingan ID akun domain dan hosting.

Namun beberapa hal yang patut Anda cermati antara lain:

  • Periksa Domain Nameserver Anda, pastikan sudah benar-benar mengarah ke IP Address server hosting yang mau dituju.
  • Cek username dan password untuk masuk ke cPanel hosting Anda.

Baca juga : Cara Edit Website Bagian Contact

3. Masuk ke cPanel Hosting

Langkah selanjutnya adalah masuk ke cPanel hosting. Di sini Anda bisa mulai mengelola website Anda seperti membuat email dengan custom domain, membuat website menggunakan auto installer seperti Softaculous, Fantastico De Lux atau Quickinstall, mengatur letak folder yang ada pada server, dan lain sebagainya.

Jika Anda hendak menggunakan WordPress, Anda bisa langsung menginstalnya menggunakan kedua auto installer tersebut. Sangat mudah dan cepat.

4. Onlinekan website Anda

Selanjutnya, setelah website WordPress Anda sudah berhasil di instal di hosting, Anda bisa mulai menjalankan website sembari belajar cara menggunakan WordPress dengan mengikuti tutorial yang bertebaran di internet. Atau silahkan baca-baca blog kami yang berisi tips mengelola website dan pemasaran online.

Baca juga : Elemen Website

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat