Panduan Maintenance Website

Website Untuk Kantor Anda

Panduan Maintenance Website

Jogja One Solution – Sebuah website tentunya harus dimaintenance. Apa sih maintenance itu? Maintenance bisa diartikan sebagai perawatan. Website pun harus dirawat agar rank nya tidak jatuh dan tetap bertahan, agar yang mengunjungi website tersebut semakin banyak dan masih banyak lagi fungsi dari merawat atau memaintenance website. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan tentang panduan maintenance website untuk kalian semua yang belum tau caranya memaintenance website.

1. Pastikan Konten Website untuk Selalu Rapi dan Diperbarui Secara Teratur

Ketika sebuah website telah memiliki ratusan atau bahkan ribuan halaman konten, kadang banyak bagian dari konten tersebut yang ketinggalan zaman. Selama proses maintenance, Anda harus memeriksa secara berkala isi statis dari sebuah website yang mungkin memerlukan koreksi atau update. Untuk konten semisal berita, Anda tidak perlu memperbaruinya karena memang sudah sepantasnya konten tersebut menjadi usang. Sebagai web developer, proses maintenance konten mungkin tidak termasuk dalam tanggung jawab Anda, tetapi jika Anda memiliki blog pribadi, pemeliharaan konten harus selalu dilakukan pada maintenance rutin.

 

2. Pengujian Kompatibilitas Browser

Pastikan bahwa semua bagian dari website Anda berjalan dengan benar pada berbagai macam browser. Tugas ini harus dimasukkan dalam rutinitas maintenance Anda. Perlu diingat juga bahwa kode HTML yang semantik dapat memudahkan kita dalam hal kompatibilitas browser.  Jangan lupa juga untuk menguji website Anda secara teratur pada OS yang berbeda, setelah melakukan perubahan pada kode dan isinya.

3. Mengevaluasi dan Memvalidasi Kode Sesuai Web Standards

Biasanya, proses maintenance juga mencakup pengujian untuk validasi halaman website, terutama setelah memperbarui atau menambah konten website. Validasi ini meliputi kode styling CSS dan juga markup HTML.

4. Meningkatkan Aksesibilitas

Jika Anda telah memvalidasi markup dengan benar dan menggunakan teknik yang baik dalam development sebuah website, maka kemungkinan besar, konten website Anda dapat diakses oleh mereka yang mengunjungi situs tersebut menggunakan teknologi bantu seperti screen reader. Tapi karena konten yang terus diupdate juga dapat mempengaruhi, maka evaluasi aksesibilitas sebuah website harus disertakan dalam jadwal maintenance.

5. Meningkatkan SEO

Sebagai admin website, Anda mungkin tidak terlalu mahir pada tugas yang berhubungan dengan SEO. Namun, jika itu adalah proyek pribadi, Anda bisa melakukannya sendiri. Kode semantik dan terstruktur dengan baik secara otomatis mendapatkan banyak manfaat pada SEO, bahkan jika Anda menggunakan teknik optimasi biasa. Seiring berjalannya waktu, penggabungan dari berbagai metode optimasi dapat meningkatkan peringkat situs Anda.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat