Panduan Daftar Search Console

Panduan Daftar Search Console

Panduan Daftar Search ConsolePANDUAN DAFTAR SEARCH CONSOLE

Cara Daftar Search Console – Jika Anda sering membuka website, tentunya tidak asing dengan search console. Dan di kesempatan ini, saya ingin mengajak sobat membahas tutorial yang sebenarnya sudah umum dilakukan oleh pengelola web, tapi cukup sulit dilakukan oleh pemula; yaitu cara mendaftarkan website atau blog ke Google Webmaster Tool atau GWT – sekarang bernama Google Search Console.

cara mendaftarkan Website atau blog ke Google Webmaster Tool

  • Selanjutnya, GWT akan meminta verifikasi bahwa situs tersebut memang milik Anda. Ada dua cara yang ditawarkan, karena di kasus ini kita pakai WordPress self hosted, jadi pilihan yang paling tepat adalah Metode yang disarankan. Unduh file verifikasi HTML dan simpan di komputer Anda.

gwt

Lalu gimana dengan blog yang bukan WordPress hosting sendiri? Caranya tentu berbeda.

  • Untuk blog gratisan Blogger.com, sebaiknya pilih menu Metode alternatif kemudian salin kode yang diberikan. Sisipinkan kode tersebut di Template – Edit HTML tepat di bawah tag<head> kemudian simpan dan verifikasi melalui GWT.
  • Pilihan kedua untuk blog WordPress self hosted, bisa juga menggunakan metode alternatif dengan menyalin kode ke Appearance – Editor dan cari fileheader.php dan paste kode tersebut di bawah tag<head> dan setelah itu klik tombol “update file” dan lakukan verifikasi.
  • Untuk blog WordPress.com (gratisan), kode tersebut dapat disalin ke menu Tools – Webmaster Tools Google dan setelah itu aktifkan.

Lanjut ke proses verifikasi WordPress self hosted via metode yang disarankan.

  • Login ke Cpanel server Anda, lalu klik File Manager.

cara mendaftarkan Website atau blog ke Google Webmaster Tool

  • Kemudian klik public_html dan klik domain yang ingin diverifikasi. Tapi, jika domain Anda hanya satu, cukup sampai di public_html saja.

cara mendaftarkan Website atau blog ke Google Webmaster Tool

  • Klik menu upload dan unggah berkas html yang tadi Anda unduh dari Google Webmaster Tool.

cara mendaftarkan Website atau blog ke Google Webmaster Tool

  • Jika sudah selesai, sekarang silahkan kembali ke halaman Google Webmaster Tool dan klik tombol Verifikasi.

cara mendaftarkan Website atau blog ke Google Webmaster Tool_666

Selesai, blog Anda sudah terverifikasi. Cuma itu kah? Tentu tidak, Anda masih harus mengunggah peta situs agar mesin pencari dapat mengindeks blog Anda dengan lebih baik.

Di GWT, Anda juga dapat memantau tautan yang rusak atau Error 404 dan menghapusnya. Atau mendeteksi backlink yang berdampak buruk bagi blog, kemudian meminta crawl botGoogle dan lain-lain. Di lain kesempatan kita akan ulas langkah-langkah konkritnya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Digital Content Writer, Special Content Creator, Technical Content Writer dan Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat