Panduan Awam Untuk Customer Targeting

Panduan Awam Untuk Customer Targeting

Panduan Awam Untuk Customer Targeting

5 Cara Efektif Menentukan Target Pasar Untuk Bisnis UKM - JurnalJogja One Solution – Dalam menjual produk atau layanan, sangat penting untuk mencari target customer. Dalam bisnis online, mana yang lebih penting, traffic atau konversi? Jika kami mengirimkan Anda 50.000 orang dari website perbaikan traktor dan 500 orang dari website marketing yang cukup terkenal, yang mana yang akan memberikan manfaat yang lebih baik bagi bisnis Anda? Berbeda jika Anda berada dalam bisnis yang mengandalkan pageview, hal yang pertama dan utama yang harus Anda perhatikan adalah konversi. Konversi terjadi ketika traffic yang datang bertemu dengan penawaran yang berhubungan. Ini semua bermula dengan mengetahui siapa target pasar atau customer Anda dan apa yang mereka perlukan dan inginkan. Tujuan marketing adalah mengetahui dan memahami customer agar produk atau layanan bisa sesuai dengan apa yang diinginkan dan diperlukan customer, dan juga agar produk itu bisa menjual dengan sendirinya. – Peter Drucker, sering disebut dengan bapak manajemen modern. Berikut ini panduan awam untuk customer targeting.

1. Identifikasi Customer

Mengetahui kebutuhan customer perlu dilakukan karena pada dasarnya customer merupakan faktor adanya dan meningkatnya angka pendapatan suatu perusahaan.  Dengan mengetahui kebutuhan customer para pelaku bisnis dapat dengan mudah menyusun strategi guna melancarkan proses penjualan produknya. Ketika Anda ingin memasarkan sebuah produk, langkah pertama yang paling logis untuk Anda lakukan adalah mengidentifikasi calon customer. Identifikasi customer yang keliru akan menyebabkan produk Anda kurang atau bahkan tidak laku. Contoh : Adalah keliru, jika Anda memasarkan produk kecantikan kepada audience berjenis kelamin laki-laki.

2. Riset Keyword Populer

Pemasaran online adalah media primer yang menjadi tumpuan para penjual di era teknologi informasi. Untuk bisa masuk dalam jaring samudera mesin pencari, Anda harus melakukan riset keyword populer yang terkait dengan produk Anda.

Pengetahuan akan keyword populer sangat bermanfaat, khususnya untuk SEO dan meningkatkan kemungkinan produk Anda ditemukan oleh customer yang tepat.

3. Komunikasi Dua Arah

Sosial media saat ini seharusnya bukan lagi menjadi media satu arah sebagai penyampai informasi atau iklan, tapi juga bisa menjadikannya sebagai alat komunikasi dua arah secara lebih efektif, terutama dengan user-nya. Karena, jika ini dilakukan dengan konsisten, hal ini lah yang bisa menarik perhatian (awareness) dan menjaga hubungan dengan customer (customer engagement). Buatlah akun media sosial sebanyak mungkin, dan lakukan komunikasi dua arah yang efektif dengan customer. Komunikasi dua arah yang efektif akan meningkatkan kepercayaan dari calon customer untuk membeli dan menjadi loyal dengan produk Anda.

4. Iklan Yang Spesifik

Bagi kebanyakan customer, bagian pertama yang ingin mereka ketahui dari sebuah produk adalah harga. Buatlah iklan yang spesifik mengenai produk Anda, mulai dari spesifikasi teknis hingga harga, layanan pelanggan, dan seterusnya.

Informasi yang tidak spesifik akan membuat calon pelanggan tidak berminat membeli produk Anda.

5. Menggunakan Jasa Influencer

Influencer adalah fenomena baru dalam dunia pemasaran di era teknologi informasi. Para selebriti media sosial menjadi sosok sentral yang menjadi pusat perhatian, dan akhirnya bisa dimanfaatkan untuk membantu mempromosikan produk Anda melalui skema endorse.

Kesimpulan

Customer targeting adalah tentang usaha-usaha yang layak untuk dicoba supaya pemasaran yang Anda lakukan tepat mengenai sasaran dan menghasilkan output yang optimal. Tentu saja ada effort yang harus Anda lakukan, untuk mencapai hasil itu. Apabila dilakukan dengan konsisten dan optimis, pemasaran yang efektif akan mampu tercapai.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat