Mouse Wireless – Kelebihan dan Kelemahan

Mouse Wireless - Kelebihan dan Kelemahan

Kelebihan dan Kelemahan Mouse Wireless

Jogja One Solution – Mouse termasuk dalam perangkat keras komputer yang masih dalam kategori perangkat inputan atau masukan. Dengan mouse kita bisa memasukkan data, menggeser kursor, membuat desain, dan masih banyak lainnya.

Diberi nama mouse karena saat itu bentuknya yang seperti tikus yang memiliki ekor panjang. Namun seiring berjalannya waktu ada banyak perkembangan yang menciptakan mouse tanpa kabel atau mouse wireless. Meskipun tanpa kabel atatu ekor tapi namanya tetap ya, tidak ada perubahan. Nah disini kita akan membahas beberapa kelebihan dan kekurangan mouse wireless.

Kelebihan Mouse Wireless

1. Dengan tanpa kabel, meja kerja akan lebih luas

Keunggulan Mouse Wireless Dibanding Mouse Kabel - 1

Keunggulan mouse wireless yang pertama, yaitu membuat meja kerja kamu lebih terlihat rapi dan luas. Jika sebelumnya kamu kerap melihat kabel-kabel berantakan di meja, kini tidak lagi.

Semakin luasnya kapasitas meja kerja kamu, otomatis juga akan membuat meja tersebut terlihat lebih rapi. Dengan begitu, kamu bisa lebih nyaman saat bekerja.

 

2. Anti tersandung kabel

Keunggulan Mouse Wireless Dibanding Mouse Kabel - 2

Apabila kamu menggunakan mouse wireless, maka tidak akan ada lagi kabel yang melilit-lilit di sekitar komputer atau laptop kamu. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa menggunakan komputer tanpa harus terganggu oleh kabel-kabel yang melintang.

 

3. Terlihat lebih keren

Keunggulan Mouse Wireless Dibanding Mouse Kabel - 3
  

Apabila kamu memiliki PC atau laptop yang keren, tentu mouse wireless bisa menambah tingkat kekerenan PC atau laptop kamu. Misalnya, kamu pengguna Macbook terbaru, tapi mouse kamu masih menggunakan kabel. Tentu saja, Macbook kamu akan terlihat kurang maksimal, bukan?

 

4. Portabilitas dan mobilitas

Keunggulan Mouse Wireless Dibanding Mouse Kabel - 4

Salah satu kelebihan utama menggunakan mouse wireless, yaitu soal portabilitas dan mobilitas. Mouse wireless yang tidak memiliki kabel, tentu akan sangat ringkas ketika dibawa kemana saja.

Tidak dipungkiri, pengguna laptop pun kini lebih nyaman menggunakan mouse dibanding dengan sensor pad pada laptop. Jika sebelumnya kita harus menggulung-gulung kabel mouse terlebih dahulu ketika ingin membawanya, maka dengan menggunakan mouse wireless hal itu tidak perlu.

Dengan keunggulannya tersebut, mouse wireless tentunya lebih portabel untuk dibawa kemana-mana, bukan? Saat menggunakannya pun, mouse wireless lebih menunjang mobilitas kamu. Tidak hanya di meja kerja saja, mouse wireless pun bisa kamu gunakan di pangkuan, bahkan tempat tidur sekalipun tanpa terganggu oleh kabel yang kusut.

5. Kerja dan bermain game pun lebih leluasa

Keunggulan Mouse Wireless Dibanding Mouse Kabel - 5

Hampir senada dengan poin sebelumnya, penggunaan mouse wireless lebih andal dalam segi jangkauan. Untuk beberapa pekerjaan yang membutuhkan pergerakan mouse yang lebih fleksibel seperti desain grafis, tentu mouse wireless akan lebih menunjang pekerjaannya.

Di sisi lain, hal tersebut juga berlaku ketika kamu bermain game. Untuk game seperti Point Blank, pergerakan mouse yang luas dan leluasa juga dibutuhkan. Jangan sampai, kabel mouse yang melilit di meja kamu mengganggu kemenangan yang tinggal sedikit lagi.

 

Kelemahan Mouse Wireless

 

  • Membutuhkan baterai sebagai sumber powernya

Karena tidak menggunakan kabel, maka secara otomatis mouse wireless membutuhkan power sendiri. Mouse  teknologi wireless umumnya menggunakan baterai sebagai sumber powernya.

Jadi jika anda memang memilih untuk menggunakan mouse gaming dengan teknologi wireless, anda harus siap mengganti baterai secara berkala.

  • Receiver mudah hilang

Jika anda sering menggunakan satu mouse wireless untuk 2 komputer atau laptop, kemungkinan besar anda bisa kehilangan receiver dari mouse wireless.

Hal tersebut bisa terjadi karena ukuran receiver dari mouse wireless sangat kecil. Jadi kemungkinan receiver hilang sangat besar, terutama jika anda sering melepas receiver dari USB port.

  • Lebih berat dari mouse biasa

Kelemahan lain dari mouse wireless dibandingkan dengan mouse biasa adalah pada beratnya. Mouse  yang menggunakan teknologi wireless umumnya memiliki beban yang lebih berat karena ada baterainya.

Bagi anda yang terbiasa menggunakan mouse ringan mungkin akan merasakan kurang nyaman ketika menggunakan mouse wireless yang notabene memang lebih berat dari mouse biasa.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mouse wireless. Semoga bermanfaat:))

 

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat