Mouse Wireless atau Kabel? Pilih yang Mana?

Mouse Wireless atau Kabel? Pilih yang Mana?

Mouse Wireless atau Kabel? Pilih yang Mana?

Jogja One Solution – Bingung untuk memilih mouse? Mau yang wireless atau kabel? Nah disini saya akan menjelaskan tentang perbandingan mouse wireless dan kabel. Manakah yang harus dipilih? silakan dibaca 🙂 Selamat membaca 🙂

 

 

 

1. Respon dan Tingkat Presisi

Mouse Genius
Mouse Genius

 

Dari segi respon dan tingkat presisi, mouse kabel masih lebih baik dibandingkan dengan mouse nirkabel. Penggunaan kabel sebagai penghubung antara mouse dengan PC atau notebook mengurangi adanya keterlambatan (lag) data yang ditransfer.

Meskipun teknologi nirkabel yang digunakan oleh mouse sudah sedemikian modern, tetap saja lag sepersekian detik itu ada.

Untuk penggunaan kantoran atau rumahan mungkin tidak menjadi masalah, namun untuk industri tertentu yang sangat sensitif terhadap satuan milidetik atau milimeter, adanya lag tentu tidak bisa ditoleransi.

 

2. Interferensi

Mouse Genius
Mouse Genius

 

Mouse nirkabel menggunakan gelombang radio atau bluetooth sebagai penghantar sinyal dari mouse ke PC atau notebook dan tentu saja sangat berpotensi terjadi interferensi dengan gelombang radio atau bluetooth dari peranti lain.

Bila interferensi terjadi, mouse akan menjadi hang atau freeze, meskipun peranti mouse digerak-gerakkan namun mouse pointer yang ada di layar tetap tidak bergerak.

Hal ini tentu tidak terjadi bila menggunakan mouse berkabel karena sinyal dari mouse mengalir melalui kabel yang tertutup.

Untungnya teknologi nirkabel seperti bluetooth sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mengurangi masalah interferensi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mouse Wireless

3. Usia Baterai

Mouse Genius
Mouse Genius

 

Kebanyakan mouse yang beredar sekarang merupakan mouse optis yang mendeteksi gerakan melalui cahaya yang dipancarkannya. Tentu saja, pemancaran cahaya ini membutuhkan energi.

Pengguna mouse kabel tak akan pernah risau masalah energi karena daya mouse didapat langsung dari kabel yang terhubung ke PC atau notebook.

Tidak demikian halnya dengan pengguna mouse nirkabel. Karena tidak terhubung dengan benda apapun, maka tidak ada daya yang masuk ke mouse nirkabel tersebut. Padahal selain memancarkan cahaya untuk deteksi gerak, mouse nirkabel juga harus memancarkan sinyal ke PC atau notebook.

Oleh karena itu, mouse nirkabel membutuhkan daya tersendiri. Daya didapat dari baterai yang tertanam di “perut” mouse tersebut.

Baterai yang digunakan ada yang berjenis baterai AA atau AAA yang bisa dengan mudah didapatkan di pasaran atau menggunakan baterai dengan teknologi NiMH atau lithium yang dapat diisi ulang.

Baterai NiMH atau lithium biasanya tidak bertahan lama. Dalam hitungan jam, baterai tersebut harus diisi ulang kembali.

Sedangkan baterai AA atau AAA lebih tahan lama, bahkan hingga hitungan bulan, namun kamu harus membelinya secara terpisah.

4. Mobilitas

Mouse Genius
Mouse Genius

 

Soal mobilitas, tentu mouse nirkabel unggul dibandingkan dengan mouse kabel. Pengguna mouse nirkabel tidak perlu direpotkan dengan “acara” menggulung kabel setiap mouse selesai digunakan.

Memang ada juga mouse kabel yang menggunakan penggulung kabel khusus namun tetap saja tidak 100% membebaskan pengguna dari masalah gulungan kabel yang kusut. Apalagi biasanya mouse dengan penggulung kabel khusus kabelnya relatif pendek.

Selain itu, pengguna mouse nirkabel juga tidak perlu terganggu oleh kabel yang nyangkut saat sedang dioperasikan, misalnya tersangkut pada sudut notebook, tersangkut pada keyboard, atau kabelnya kurang panjang.

 

5. Penggunaan Dongle

Mouse Genius
Mouse Genius

 

Mouse nirkabel yang menggunakan gelombang radio membutuhkan dongle yang menjadi receiver gelombang yang dipancarkan oleh mouse. Sedangkan mouse nirkabel bluetooth tidak membutuhkan receiver apabila notebook yang digunakan sudah memiliki bluetooth secara built-in.

Mouse kabel maupun mouse nirkabel yang menggunakan dongle akan sama-sama menyita satu port USB. Hal ini tentunya merupakan sebuah masalah apabila jumlah port USB di notebook yang digunakan hanya sedikit.

Penggunaan mouse bluetooth bisa menjadi solusi, sayangnya harganya dua hingga tiga kali lipat lebih mahal.

Nah, setelah mengetahui perbedaan antara mouse kabel dan mouse nirkabel, apakah kamu sudah makin memantapkan diri untuk menggunakan salah satu jenis mouse tersebut?

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat