Metropolitan Area Network (MAN), Fungsi, Kelebihan, dan Contohnya

Metropolitan Area Network (MAN), Fungsi, Kelebihan, dan Contohnya

Contoh Gambar Jaringan MANJogja One Solution – Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan yang lebih luas daripada Local Area Network (LAN).  Area yang digunakan dalam jaringan MAN adalah dalam sebuah negara. Dalam hal ini, jaringan komputer menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan Local Area Network (LAN) ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Beberapa Local Area Netwrok (LAN) menjadi satu jaringan dapat juga disebut Metropolitan Area Network (MAN). Berikut ini pengertian metropolitan area network (MAN), fungsi, kelebihan dan contohnya.

 

 

 

Pengertian MAN

MAN memiliki cakupan luas yang lebih dibanding LAN. Dimana cakupannya berkisar antara 10 KM hingga 50 KM. MAN dinilai cocok untuk jaringan yang menghubungkan antar kantor dalam satu kota ataupun pabrik dengan satu kantor pusat sebagai pusatnya. Jaringan MAN hanya memiliki satu hingga dua kabel saja.

Fungsi kabel tersebut untuk mengatur paket data dari kabel output didalamnya. Namun ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai katagori khusus. Alasan utamanya ditentukan berdasarkan standar yang dimiliki MAN sendiri. Standar tersebut masih diimplementasikan di jaringan ini. Ada banyak gambar MAN yang membuat pengaplikasiannya lebih mudah untuk dilakukan.

Standar yang dimaksud bernama DQDB atau 802.6 menurut IEEE. DQDB mempunyai dua buah kabel utama, unidirectional yang menghubungkan semua kabel didalamnya. Untuk menghubungkan MAN ada dua koneksi yang sering dipakai. Dua koneksi tersebut adalah wireless dan juga kabel fiber optik. Keduanya populer karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Misal, untuk jaringan bank atau sistem perbankan online. Setiap bank tentu mempunyai kantor utama, kantor cabang dan sebagainya. Disetiap kantor tersebut mempunyai LAN. Nah, penggabungan LAN tersebut yang membentuk jaringan besar yang disebut Metropolitan Area Network. MAN bisa menunjang data suara dan teks.

Fungsi MAN

Fungsi utama MAN adalah menghubungkan komputer dan juga perangkat lain sehingga bisa melakukan komunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan MAN bisa meliputi banyak wilayah sehingga memiliki cakupan koneksi wilayah yang lebih luas. Bisa disebut cakupan tersebut gabungan beberapa jaringan LAN.

MAN mempunyai beberapa karakteristik yang harus pengguna kenali. Berikut karakteristiknya:

  1. MAN mencangkup area yang cukup luas antara 5 hingga 50 KM. Bahkan sekarang MAN juga bisa mencangkup beberapa area perkotaan.
  2. Jaringan MAN umumnya tidak dimiliki satu organisasi tertentu. MAN, termasuk peralatan penghubung hingga komunikasi linknya dimiliki salah satu konsorsium pengguna atau penyedia layanan jaringan yang diperjualbelikan kepada pengguna.
  3. MAN kerap bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi untuk sumber daya daerah. Hal tersebut kerap digunakan untuk menyediakan koneksi bersama jaringan lain dengan link ke WAN.
  4. MAN mempunyai cakupan koneksi yang lebih besar dibanding LAN. Meskipun demikian, teknologi yang digunakan masih serupa dengan LAN.
  1. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel saja dan tidak mempunyai elemen switching untuk mengatur paket beberapa output. Karena memiliki elemen switching, tentu saja rancangan menjadi lebih sederhana dan mudah dilihat.

Contoh MAN

Skema MAN cukup mudah dipahami karena tidak memerlukan bantuan kabel yang terlalu banyak. Jadi cocok untuk menghubungkan jaringan koneksi dibeberapa kota sekaligus. Banyak contoh penggunaan MAN di Indonesia. Secara tidak sadar,mungkin saja Anda adalah salah satu pengguna jaringan ini. berikut contoh dari jaringan MAN tersebut:

1. Jaringan bank

Jaringan bank merupakan contoh sederhana dari MAN yang ada di sekeliling kita. Dimana ada beberapa kantor cabang didalam kota yang dihubungkan satu dengan yang lainnya. Contohnya adalah bank Mandiri yang dihubungkan dengan koneksi jaringan MAN di wilayah Jakarta Bogor Depok, Tangerang dan Bekasi.

2. Jaringan internet antar gedung di kampus

Jaringan gedung didalam kampus juga menjadi contoh implementasi Metropolitan Area Network yang paling banyak kita temui. Contohnya adalah USUNETA yang merupakan logi untuk produk layanan Universitas Sumatera Utara. Kabel optik yang berkapasitas 1 Gbps menghubungkan gedung utama didalam kampus.

3. Perkantoran

Jika Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta, tentu sudah paham jika ada beberapa perkantoran yang memiliki cabang di kota tersebut. Nah, jaringan tersebut dihubungkan dengan MAN. Artinya, satu cabang kantor bisa terhubung dengan cabang kantor lain didalam kota tersebut.

Kelebihan menggunakan MAN sangat banyak. Contohnya pertukaran dat yang dilakukan bisa lebih cepat dan juga akurat. Bukan hanya itu, MAN juga mendorong pengembangan pengetahuan dan informasi didalam perguruan tinggi ataupun sekolah. Proses backup data yang dilakukan juga lebih mudah untuk dilakukan.

Dengan jaringan MAN, proses diskusi antar perguruan juga lebih mudah untuk dilakukan. Meskipun demikian, ada juga beberapa kekurangan jaringan MAN. Contoh, biaya operasionalnya yang lebih mahal dibanding LAN. Bukan hanya itu, biaya untuk perawatan jaringannya juga cenderung mahal. Jaringan Metropolitan Area Network juga kerap dihack untuk mendapat keuntungan pribadi.

Jika jaringan ini mengalami kerusakan, proses perbaikannya juga membutuhkan waktu yang lama karena cukup rumit untuk dilakukan..Diluar kekurangannya, jaringan MAN memang banyak digunakan karena cocok untuk suatu kantor yang memiliki banyak cabang didalam satu kawasan.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat