Merawat Laptop Yang Jarang Sekali Dipakai

jasa pembuatan website

Merawat Laptop Yang Jarang Sekali Dipakai

Jogja One Solution – Punya laptop baru, terus laptop yang lama tergeletak begitu saja. Biasanya, laptop yang tergeletak dan tidak dirawat bisa rusak, dan peluang untuk rusaknya justru lebih banyak. Sayang banget kan kalau laptop lama rusak gara gara tidak pernah dipakai. Nah, di artikel ini akan membagikan tips merawat laptop yang jarang sekali dipakai.

  1. Jangan menyimpan laptop di tempat lembab

    image0

    Faktor kelembaban merupakan salah satu penyebab kerusakan terbanyak pada laptop-laptop yang jarang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, hindari penyimpanan laptop di tempat yang lembab, seperti di atas lemari, di bawah kolong ranjang, atau di tempat yang dekat dengan sumber air.

  2. Lepaskan baterai laptop

    image1

    Cara yang kedua yaitu melepas baterai laptop jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini wajib dilakukan karena dengan melepaskan baterai dari laptop, maka laptop Anda benar-benar tidak akan teraliri arus listrik sehingga bisa mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek listrik . Selain itu, cara ini juga dapat menjaga usia baterai laptop itu sendiri.

  3. Nyalakan laptop sesekali

    image2

    Jika laptop sudah jarang digunakan, maka komponen-komponen yang ada di dalamnya akan menjadi dingin. Jika hal tersebut dibiarkan seperti itu, maka komponen-komponen dalam laptop bisa konslet ketika akan dipakai lagi.

    Oleh karena itu, dianjurkan untuk sesekali menyalakan laptop meskipun tidak akan digunakan. Jangan lupa untuk mematikan laptop kembali jika tidak ingin rusak.

  4. Usahakan laptop dalam posisi terbuka

    image3

    Membuat laptop dalam keadaan terbuka sudah terbukti dapat mengurangi tingkat kerusakan pada keyboard, apalagi jika laptop sudah tidak pernah lagi digunakan. Alternatif lainnya yaitu menempatkan latop dengan keadaan terbuka pada lokasi yang terkena sinar matahari atau kering, jangan di tempat yang lembab.

  5. Isi ulang daya baterai laptop

    image4

    Meskipun laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, jangan lupa untuk selalu mengisi daya baterainya. Baterai yang terpasang pada laptop akan berkurang kapasitasnya meskipun Anda tidak sedang menggunakan laptop tersebut.

    Agar kapasitan baterai laptop tetap terjaga meskipun tidak sedang digunakan, sesekali isi daya baterai untuk mencegah kondisi laptop menjadi lembab. Rutinlah mengisi daya baterai 2-3 minggu sekali.

  6. Bersihkan secara rutin

    image5

    Tidak peduli ​harga laptop mahal atau murah, laptop pun perlu dijaga kebersihannya. Laptop yang dibersihkan secara rutin akan menjaga laptop tetap awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Debu dan kotoran yang menempel pada laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda ketika akan digunakan kembali.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat