Mengulik Perbedaan Unicorn dan Decacorn

Mengulik Perbedaan Unicorn dan Decacorn

Startup) Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn. Apa bedanya ?? - Kelas TeknoJogja One SolutionStartup adalah perusahaan yang baru dirintis dan berada dalam fase pengembangan, biasanya masih seumur jagung dan sudah berbasis digital. Seiring dengan munculnya startup-startup di tanah air, mungkin Kamu sering mendengar istilah unicorn decacorn dan hectocorn. Yuk kita Mengulik Perbedaan Unicorn dan Decacorn

 

 

Pengertian Perusahaan Startup Decacorn

Di era perkembangan teknologi finansial, berbagai perusahaan berlomba-lomba meningkatkan kualitas mereka agar dipandang sebagai perusahaan terbaik. Dan benar saja, istilah Decacorn pun muncul sebagai bentuk penghormatan bagi perusahaan yang mampu mencapai angka valuasi sangat tinggi.

Decacorn artinya adalah julukan bagi perusahaan yang mampu mencapai angka valuasi per tahun sebanyak minimal USD 10 miliar. Pencapaian ini tentu saja tidak hanya dihitung dari pendapatan bersih yang didapatkan oleh perusahaan. Namun penghitungan valuasi Decacorn adalah meliputi metode penghitungan price/engagement dan average revenue per user atau ARPU.

Reputasi perusahaan yang masuk dalam kategori Unicorn saja bisa membuat mereka mendapatkan berbagai injeksi dana dari berbagai lembaga besar, terlebih lagi Decacorn. Citra mereka di mata masyarakat akan sangat megah begitu berhasil menyabet gelar ini.

Contoh Perusahaan Startup Decacorn

Perusahaan Decacorn tidak bisa dipandang remeh lagi karena bisa mencapai nilai valuasi lebih dari 100 triliun rupiah. Lalu apa saja contoh perusahaan startup Decacorn di dunia? Berikut ini di antaranya :

1. Grab

Grab

Siapa sih yang tidak kenal Grab? Grab adalah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi ojek online atau ojek daring. Memang Grab berasal dari Malaysia. Namun kini kantor pusat dari layanan Grab terletak di Singapura.

Didirikan pada tahun 2012, platform layanan real time ojek daring ini sudah menyebar luas ke berbagai belahan dunia. Hingga akhirnya Grab dinobatkan sebagai perusahaan pertama yang berhasil memperoleh gelar perusahaan Decacorn pertama yang berasal dari Asia Tenggara. Valuasi dari Grab mencapai angka USD 11 miliar.

2. Gojek

Gojek

Jika di Malaysia ada Grab, di negara kita tercinta ada Go-Jek sebagai penyedia layanan ojek daring. Pendirinya adalah Nadiem Makarim, seorang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) kabinet Presiden Jokowi yang terpilih pada tahun 2019.

Go-Jek didirikan atas ide sederhana dari seorang Nadiem, yang pada awalnya merasa kasihan terhadap kehidupan para ojek di Jakarta. Berbekal niat dan tekad kuat, beliau mendirikan Go-Jek, yang sekarang ini menjadi rival dari Grab.

Go-Jek adalah contoh Decacorn Indonesia yang cukup terkenal. Mereka berhasil mendirikan cabang di berbagai negara Asia Tenggara serta menerapkan proses pembayaran menggunakan tunai serta menggunakan Go-Pay. Hingga kini, valuasinya pun menyentuh angka USD 10 miliar.

3. Dropbox

Dropbox

Dropbox merupakan sebuah layanan penyedia penyimpanan data yang dijalankan oleh Dropbox, Inc. Salah satu penyedia layanan data berbasis website ini memang cukup terkenal dan berhasil memperoleh gelar Decacorn.

Didirikan pada tahun 2008, Dropbox telah digunakan oleh jutaan orang untuk menyimpan dan mengunduh data melalui internet. Selain itu, Dropbox juga menyediakan layanan sinkronisasi data bagi para pengguna. Valuasi dari Dropbox, Inc menyentuh angka lebih dari USD 10 miliar.

4. Pinterest

Pinterest

Pinterest merupakan sebuah perusahaan yang didirikan pada tahun 2010 oleh Ben Silbermann. Ini adalah layanan unggah gambar yang dapat dikategorikan. Gambar-gambar berkualitas tinggi ini nantinya bisa diperjualbelikan oleh para anggota.

Seringkali dijadikan sebagai media pencarian gambar yang spesifik dan berkualitas premium. Gambar-gambar ini setelah dibeli akan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti penggunaan untuk media massa, wallpaper, dan lainnya. Valuasi dari Pinterest mencapai USD 12,7 USD.

Dan masih ada banyak contoh startup Decacorn lain yang ada di dunia. Diantaranya adalah Epic Games, Stripe, JUUL Labs, Bitmain Technologies, dan lain sebagainya.

 

Perbedaan Antara Unicorn Dan Decacorn

Kita cukup sering mendengarkan istilah Unicorn dan Decacorn di dunia perusahaan startup. Lalu pernahkah anda mencari tahu perbedaan antara Unicorn dan Decacorn?

Perbedaan antara Unicorn dan Decacorn adalah :

  1. Salah satu perbedaan mendasar antara Unicorn dan Decacorn adalah dari segi namanya. “Uni” berarti satu, dan “Deca” berarti sepuluh. Unicorn berarti perusahaan yang memiliki nilai valuasi lebih dari USD 1 miliar, sedangkan Decacorn berada di atas angka USD 10 milyar.
  2. Dari tiga tingkatan valuasi perusahaan startup terkemuka dunia, Unicorn berada pada level rendah, sedangkan Decacorn berada pada level menengah. Sedangkan pada level teratas yaitu Hectocorn yang memiliki valuasi perusahaan lebih dari USD 100 milyar.

Perbedaan antara Unicorn dan Decacorn adalah sebagai pembanding nilai valuasi yang mereka hasilkan dari kegiatan yang dilakukan segenap elemen perusahaan. Dengan begitu, diharapkan berbagai perusahaan startup Unicorn yang ada di negara kita mampu menyusul menjadi perusahaan Decacorn yang terkemuka. Itulah  gunanya kita Mengulik Perbedaan Unicorn dan Decacorn

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat