Mengenal WhatsApp Business & Perbedaannya Dengan WhatsApp Messenger

Mengenal WhatsApp Business & Perbedaannya Dengan WhatsApp Messenger

Mengenal WhatsApp Business & Perbedaannya Dengan WhatsApp Messenger

6 Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger yang Mencolok - Semua Halaman - Nextren.grid.idJogja One Solution –WhatsApp akhirnya resmi merilis WhatsApp Business setelah diperkenalkan dalam format beta pada September 2017 lalu. Indonesia menjadi negara Asia pertama yang sudah bisa menggunakan WhatsApp Business di platform Android bersama empat negara lain yaitu Italia, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat.  Lalu, apa bedanya WhatsApp Messenger yang biasa digunakan dengan WhatsApp Business? Seperti namanya, platform yang berdiri sendiri (standalone) ini menyasar kalangan pebisnis, mulai dari perusahaan besar hingga UKM. WhatsApp Business memungkinkan pebisnis lebih komunikatif dengan konsumennya, serupa dengan konsep yang diusung aplikasi Line. Kita perlu Mengenal WhatsApp Business & Perbedaannya Dengan WhatsApp Messenger.

Apa Itu WhatsApp Business?

Sesuai dengan namanya, WhatsApp Business merupakan aplikasi WhatsApp yang dikhususkan bagi Anda yang memiliki bisnis dan dapat diunduh secara gratis. Misalnya jika Anda mempunyai bisnis penjualan makanan ringan, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business sebagai kontak resmi bisnis Anda. Kabar baiknya, versi ini bisa digunakan bersamaan dengan WhatsApp Messenger dalam satu perangkat yang sama.

Di WhatsApp Business, Anda bisa membuat profil bisnis dengan mencantumkan beberapa informasi penting terkait bisnis Anda—diantaranya meliputi alamat, deskripsi, email, situs web, jam operasional, dan lain sebagainya. Bahkan Anda kini juga bisa menambahkan katalog produk sederhana ke dalam akun WhatsApp Anda.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger

Ada beberapa perbedaan antara WhatsApp Business dan WhatsApp Messenger, diantaranya yaitu:

1. Dukungan Pesan Otomatis

Salah satu perbedaan mencolok dari kedua versi WhatsApp tersebut adalah dari segi fitur dukungan pengiriman pesan otomatis. Di WhatsApp Business, Anda bisa mengatur jadwal pengiriman pesan secara otomatis. Contohnya ketika ada pelanggan yang mengirimkan pesan di luar jam operasional bisnis, Anda bisa mengatur pesan otomatis untuk merespon pelanggan tersebut.

2. Logo Aplikasi

Perbedaan selanjutnya adalah terletak pada logo aplikasinya. Kedua versi WA memang sama-sama memiliki warna hijau. Namun WhatsApp Messenger memiliki logo telepon, sedangkan WhatsApp Business berlogo huruf “B”. Perbedaan logo tersebut juga mencerminkan fitur-fitur yang dimiliki antar keduanya.

Logo WhatsApp

3. Kategori Pesan

Fitur terbaik yang ditawarkan oleh WhatsApp Business adalah kategori atau labelling—sebuah fitur yang akan memudahkan proses pengecekan pesan dan membuat pesan menjadi lebih terorganisir. Sebagai contoh, Anda bisa menandai beberapa pelanggan yang belum melakukan pembayaran, atau mereka yang akan di-follow up untuk konfirmasi pembelian dengan menggunakan label dan warna tertentu.

4. Menambahkan Nomor Lain

Anda juga bisa menambahkan kontak lain ke profil WhatsApp Business Anda, seperti nomor rumah dan kantor. Sedangkan di WhatsApp Messenger, Anda hanya bisa menggunakan satu nomor saja.

5. Memiliki Verifikasi Centang Hijau

Berbeda dengan WhatsApp Messenger, profil Anda juga akan ditandai dengan centang hijau atau green badge. Syaratnya, akun bisnis Anda telah disetujui atau terverifikasi terlebih dahulu oleh pihak WhatsApp. Green badge tersebut nantinya terletak di sebelah nama profil Anda.

Beberapa Tips Menggunakan WhatsApp Business

Tertarik mencoba WhatsApp Business? Simak dulu beberapa tips menggunakannya di bawah ini:

1. Mengisi Profil Bisnis Adalah Sebuah Keharusan

Jika sudah berhasil mendaftar dan masuk ke akun WhatsApp Business, mulailah membuat profil bisnis Anda. Lengkapilah alamat, jam operasional, kategori, alamat web resmi, serta informasi penting lainnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Business Anda
  2. Tekan More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  3. Kemudian, pilih Business tools > Business Profile
  4. Klik tombol Edit dan isi kolom profil yang tersedia
  5. Terakhir, klik Save

2. Buatlah Quick Replies

Selanjutnya, buatlah quick replies untuk mempersingkat waktu Anda menjawab pesan dari pelanggan. Quick replies ini bisa berisi informasi produk, pesan templatefrequently asked questions (FAQ), dan lain sebagainya. Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas dan pilih Business tools > Quick replies
  2. Kemudian, klik tombol add (tanda +) dan buat isi pesan quick replies
  3. Jika sudah, tentukan shortcut dari quick reply yang baru Anda buat (contoh: /info) dan tekan Save
  4. Sekarang, Anda hanya perlu mengetik shortcut /info” di halaman chat untuk menulis pesan quick replies tersebut secara otomatis

3. Jangan Lupa Katalog Produk

Anda juga bisa menambahkan daftar produk atau layanan yang Anda tawarkan ke fitur katalog. Di fitur ini, Anda bisa menampilkan hingga sepuluh foto produk atau layanan. Tertarik? Berikut cara membuatnya:

  1. Buka menu Business tools Catalog > pilih Add Item
  2. Tekan ikon plus (+) berwarna hijau dan klik Add Images
  3. Jika Anda ingin mengunggah gambar dari galeri, pilih Gallery. Atau klik Camera untuk mengambil gambar baru
  4. Tulis detail produk atau layanan Anda; meliputi nama, harga, website link, deskripsi, serta informasi lainnya
  5. Terakhir, klik Save

4. Tentukan Label Pesan

Dukungan fitur label akan memudahkan Anda mengelompokkan chat tertentu agar lebih terorganisir. Sebagai contoh, Anda ingin menandai pelanggan yang belum melakukan pembayaran dengan label “Belum Bayar”. Anda hanya perlu menekan dan menahan pesan atau chat tersebut, kemudian tekan Label > pilih label “Belum Bayar” atau buat label baru jika belum tersedia. Menariknya, Anda juga bisa memberi warna ke label tersebut agar tidak tertukar dan lebih mudah ditemukan.

5. Atur Away Message

Away message sangat berguna agar Anda tetap terhubung dengan calon konsumen meski di luar jam operasional. Ya, fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan penjawab otomatis yang telah Anda buat sebelumnya. Berikut langkah-langkah membuatnya:

  1. Akses menu Business tools > Away message > aktifkan Send away message
  2. Kemudian, edit dan simpan away message yang dibuat
  3. Di bawah bagian Schedule, pilih Outside of business hours
  4. Selanjutnya, arahkan ke bagian Recipients untuk menentukan siapa saja yang akan menerima away message Anda dan tekan Save

Saatnya Membuat Profil Bisnis Anda di WhatsApp Business! 

Dalam artikel ini Anda sudah mempelajari dan memahami apa itu WhatsApp Business dan perbedaannya dengan WhatsApp Messenger. Bagi pemilik bisnis, versi WhatsApp Business menawarkan fitur dan fungsionalitas penting bagi bisnis Anda. Mulai dari profil, quick replies, katalog produk/layanan, label, hingga away message—semuanya akan membantu proses bisnis agar berjalan dengan baik dan lancar.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat