Mengenal Strategi Word of Mouth Dalam Bisnis

Mengenal Strategi Word of Mouth Dalam Bisnis

Mengenal Strategi Word of Mouth Dalam Bisnis

Strategi Pemasaran “Word of Mouth”Jogja One Solution – Pernahkah Anda mendengar atau melihat teman atau kerabat Anda mempromosikan suatu produk? Dalam dunia pemasaran, hal ini biasa disebut word of mouth. Word of mouth dalam ilmu pemasaran atau marketing adalah sebuah komunikasi tentang produk dan jasa antara orang-orang yang dianggap independen dari perusahaan yang menyediakan produk atau jasa, dalam medium yang akan dianggap independen dari perusahaan. Menurut George Silverman dalam bukunya, The Secret of WOM Marketing, komunikasi WOM bisa berupa percakapan atau testimonial seperti berbicara langsung, melalui telepon, email, list group, atau sarana komunikasi lainnya. Kita perlu mengenal strategi word of mouth dalam bisnis.

 

 

 

Pengertian Word of Mouth

WOM adalah strategi marketing yang menggunakan komunikasi lisan, bentuknya bisa berupa rekomendasi atau review, baik secara personal maupun kelompok. Pada dasarnya, word of mouthmerupakan pemasaran gratis yang dipicu oleh pengalaman pelanggan, dan biasanya terjadi dalam kegiatan sehari-hari.

Strategi Word of Mouth

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang tertarik untuk menerapkan strategi word of mouth, inilah beberapa strategi yang perlu Anda pelajari:

1.  Mulailah dari Karyawan

Karyawan adalah orang terbaik yang bisa mempromosikan merek / produk Anda dari mulut ke mulut. Jika Anda bisa membuat karyawan senang bekerjasama dengan Anda, tentu saja ia akan dengan senang hati membagikan pengalamannya dan melakukan pemasaran bahkan tanpa meminta. Sebagai bentuk terima kasih, Anda bisa memberikannya bonus atau diskon khusus untuk kemudian hari.

2.  Buat Konten

Selain konten asli dari perusahaan / kantor Anda, Anda juga harus mendukung konten yang dibuat oleh para pembeli produk Anda. Karena konten dari pembeli dianggap lebih jujur dan bisa dipercaya. Salah satu cara untuk membuat pembeli Anda menghasilkan konten adalah dengan memberikan gift, diskon, atau fitur gratis bagi pembuat konten paling kreatif / menarik.

Pamerkan konten tersebut secara mencolok di situs web atau profil utama media sosial Anda untuk menarik perhatian. Anda juga bisa membuat konten yang ramah berbagi seperti polling dan kuis menyenangkan. Lalu mintalah follower Anda untuk membagikan kuis tersebut dengan hastag unik produk Anda.

Jenis “pemasaran hashtag” seperti ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesan positif dari bisnis Anda, meningkatkan hasil pencarian merek Anda, dan membuat lebih banyak orang membicarakan merek Anda.

3.  Bagikan Testimoni atau Review

Testimoni Pelanggan

Menurut sejumlah penelitian, 79% orang mempercayai testimoni dan review online sama seperti rekomendasi pribadi dari seorang teman atau keluarga. Testimoni dan review membantu Anda meyakinkan pelanggan tentang kualitas dari produk Anda. Agar masyarakat percaya bahkan review tersebut tidak mengada-ada alias palsu, lihatlah situs web yang terkait dengan bisnis Anda dan bagian reviewnya.

Misalnya, jika Anda memiliki hotel yang terdaftar di TripAdvisor, bagikan beberapa review positifnya untuk media sosial Anda dan pastikan untuk menghubungkannya ke review asli guna meningkatkan kredibilitas posting. Jangan lupa untuk mencari video atau review lainnya yang diposting oleh pelanggan Anda pada media sosialnya untuk selanjutnya di posting ulang ke situs web atau media sosial Anda.

4.  Tawarkan Insentif

Orang lebih cenderung memposting suatu produk / merek yang bisa mendatangkan keuntungan. Anda bisa menawarkan insentif sesederhana berupa diskon sekian persen kepada pelanggan yang bersedia memberi tahu teman dan kenalan mereka tentang produk Anda, atau bersedia memposting tentang produk Anda ke media sosial pribadinya.

5.  Buat Pengalaman Pembelian yang Menyenangkan

Salah satu faktor yang mempengaruhi word of mouth adalah pengalaman pembelian. Meski terdengar sepele, hal ini memiliki dampak yang cukup besar lho. Misalnya Anda membeli sebuah produk dari online shop, proses packing ternyata sangat lama (misalnya lebih dari 3 hari), dan saat barang tersebut datang, ternyata kemasannya tidak rapi dan tidak aman sehingga produk Anda tumpah.

Apa yang kira-kira Anda rasakan? Kemungkinan besar, Anda tidak akan membeli lagi produk dari toko tersebut, bukan? Salah satu cara termudah untuk mengubah pelanggan potensial menjadi pelanggan yang puas adalah dengan membuat proses pembelian semudah mungkin dan menyenangkan, dengan cara:

  • Sediakan beberapa opsi metode pembayaran
  • Kemas produk dengan rapi dan aman, serta pastikan bahwa produk tersebut tidak cacat
  • Respon pertanyaan / komentar follower dengan cepat, ramah, dan sopan
  • Buat feed Instagram atau website yang bagus secara estetika
  • Gunakan jasa ekspedisi terbaik yang bisa mengantarkan barang dengan cepat
  • Pastikan website Anda tidak lemot saat dibuka

Jika Anda bisa membuat pembeli merasa senang berbelanja di toko Anda, pembeli tersebut akan dengan senang hati memberikan review positif dan merekomendasikan produk Anda kepada teman-temannya bahkan tanpa perlu Anda minta.

6.  Endorsement

Bekerjasama dengan seorang selebgram, influencer, atau tokoh lain yang memiliki banyak follower dan pengaruh kuat ke masyarakat bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis Anda. Karena reputasi dan kepopulerannya, pemasaran endorsement dari orang-orang semacam ini biasanya jauh lebih menarik perhatian dan dipercaya.

Menurut sebuah studi pada tahun 2019, 40% orang membeli item secara online setelah melihatnya digunakan oleh influencer di Instagram, Twitter, atau YouTube. Studi yang lebih baru menyatakan bahwa 49% orang cenderung mengandalkan rekomendasi dari influencer saat membuat keputusan pembelian.

7.  Buatkan website

Bikin Website

Terakhir, Anda perlu menggunakan website untuk memaksimalkan strategi yang word of mouth lewat media internet. Untuk memulainya juga tidak memerlukan biaya yang besar, cukup dengan modal domain dan hosting saja sudah bisa memulainnya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat