Mengenal Plesk dan Perbedaanya dengan cPanel

Mengenal Plesk dan Perbedaanya dengan cPanel

Hasil gambar untuk Mengenal Plesk dan Perbedaanya dengan cPanelJogja One Solution – Bagi para blogger pastinya sudah tidak asing lagi mendengar istilah Control Panel. Apa itu Control Panel? Control panel adalah pusat pengelolaan sebuah website yang mana didalamnya kita dapat melakukan konfigurasi seperti mengelola email, mengubah, menginstall, dan menghapus tampilan website dan masih banyak lagi. Di indonesia sendiri penggunaan control panel yang cukup populer adalah cPanel dan plesk. Plesk datang sebagai penantang dari Cpanel untuk sama-sama menguasai penggunaan Control Panel terbaik. Plesk membawa fitur-fitur yang lebih lengkap dari Cpanel. Kelebihan plesk lainnya yang paling terasa adalah tampilan user interface yang lebih bersih, pilihan control yang populer hingga dipakai pengguna di mancanegara serta tentunya dipakai dalam mengontrol banyak kebutuhan. Sudah tau perbedaannya?. Yuk kita Mengenal Plesk dan Perbedaanya dengan cPanel

Apa Itu Plesk?

Sejatinya, Plesk adalah salah satu kontrol panel terpopuler saat ini. Bahkan popularitasnya sering dibandingkan dengan cPanel, kontrol panel paling populer dalam dunia hosting. Saat ini, kontrol panel ini sudah digunakan di lebih dari 380.000 server dan juga 11 juta situs web. Dengan interface yang user-friendly, Plesk memposisikan dirinya sebagai kontrol panel serba bisa yang memudahkan segala urusan hosting Anda.

Fitur dan tools yang  diberikan juga sangat lengkap. Mulai dari  fitur dan tools standar yang ada di kontrol panel lainnya, sampai fitur tambahan seperti built-in site health monitoring dan self repair tools. Selain itu, Plesk juga menawarkan banyak extensions atau add-ons untuk menambahkan fungsi dan fitur pada website Anda.

Dari semua penjelasan di atas, pastinya Anda berpikir bahwa kontrol panel ini sangat cocok digunakan oleh pemula yang tidak mempunyai banyak pengalaman dalam mengelola web hosting. Namun sebenarnya, Plesk juga bisa digunakan oleh administrator IT karena dilengkapi dengan built-in fitur yang bisa digunakan untuk membuat dan mengelola user accounts. Anda dapat mengontrol tingkat akses yang dimiliki masing-masing pengguna, menentukan jumlah bandwidth yang dapat diakses setiap pengguna, dan masih banyak lagi.

Plesk vs cPanel

Seperti yang sudah dibahas di atas, Plesk dan cPanel adalah dua kontrol panel populer yang biasa digunakan oleh layanan web hosting. Walaupun sama-sama populer, tentu saja kedua kontrol panel tersebut juga mempunyai banyak perbedaan. Berikut adalah beberapa poin perbedaan dari Plesk dan cPanel

1. Dashboard

Perbedaan Plesk dan cPanel yang pertama ada pada sisi dashboard. Pada cPanel, penyedia hosting akan menentukan fitur dan tampilan yang ada di dashboard.

cPanel juga menyediakan fitur pencarian yang memudahkan Anda untuk  mencari sebuah file dan fungsi dengan cepat. Singkatnya, dashboard cPanel terlihat lebih simpel dan mudah. Dashboard Plesk sendiri memiliki desain yang terlihat lebih modern. Menu navigasi terletak di bagian sebelah kiri. Semua menu pada dashboard Plesk mempunyai kategori masing-masing dengan label seperti manajemen server dan sebagainya. Sayangnya, dengan banyaknya pilihan menu yang ditawarkan, dashboard Plesk sering nampak lebih rumit untuk pemula.

2. Sistem Operasi

Jika Anda berencana untuk memasang web server pribadi di operating sistem Anda, pasti Anda juga bertanya-tanya kontrol panel yang paling cocok untuk hal itu. Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows dan Linux, Plesk adalah pilihan yang terbaik untuk Anda. Semantara itu, cPanel biasanya digunakan di sistem operasi RedHat, CloudLinux, dan CentOs.

3. Database

Database adalah fitur penting dari sebuah website. Selain menyimpan semua data yang ada pada situs Anda, database juga menyimpan struktur dan tatanan sebuah website. Dalam hal database, cPanel menawarkan pembuatan dan pengaturan database melalui MySQL Wizard dan phpMyAdmin. Sedangkan, Plesk menyediakan akses ke phpMyAdmin, myLittleAdmin, dan ASP.NET Enterprise Manager.

4. Keamanan

Pastinya keamanan adalah salah satu faktor penting yang membantu Anda untuk menentukan kontrol panel terbaik. Dalam segi keamanan, sebenarnya Plesk dan cPanel sama sama mempunyai fitur keamanan yang cukup baik. Meski tetap ada perbedaan di antara kedua kontrol panel, tapi kedua panel tetap menawarkan banyak fitur dan tools yang menjamin keamanan pengguna.

Berikut beberapa fitur keamanan yang dimiliki Plesk:

  • Integrasi direktori aktif
  • Otentikasi media sosial
  • Sistem pencegahan intrusi Fail2Ban
  • Layanan anti-spam masuk dan keluar

Sedangkan, cPanel memiliki fitur keamanan sebagai berikut:

  • IP deny manager
  • Direktori yang dilindungi kata sandi
  • Pengaturan key enkripsi GnuPG
  • SSL / TLS untuk e-Commerce

Keuntungan Menggunakan Plesk

Nah setelah Anda mengetahui pengertian Plesk dan perbedaannya dengan cPanel, berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan kontrol panel ini untuk membuat Anda semakin tertarik!

  • Intuitive interface. Plesk mempunyai interface yang sangat mudah untuk dimengerti dan dikuasai. Jika Anda seorang pemula, Plesk juga menyediakan video tutorial dan course.
  • Mobile-friendly. Anda bisa menggunakan kontrol panel ini dimana saja. Dengan mobile app yang dioptimalkan untuk layar kecil, Anda bisa mengakses dan mengelola website Anda secara mobile.
  • 24/7 customer support. Selain video course dan tutorial, Plesk juga menyediakan 24 jam support jika seandainya Anda mengalami masalah dalam menggunakan kontrol panel tersebut.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat