Mengenal Pengertian Firewall Dan Fungsinya

Mengenal Pengertian Firewall Dan Fungsinya

Fungsi Firewall Dalam Jaringan Komputer, manfaat dan cara kerjaJogja One Solution – Kamu mungkin pernah mendengar tentang firewall, tetapi apa sebenarnya firewall? Apakah firewall menghentikan virus? Bisakah kamu tidak menggunakan firewall? Sebenarnya, ada kemungkinan kamu menggunakan firewall saat ini – jika komputermu menjalankan sistem operasi modern, akan ada satu firewall yang terpasang. Atau mungkin, suite keamanan-mu dilengkapi dengan firewall.  A. Yuk kita lebih mengenal pengertian firewall dan fungsinya.

 

 

 

 

Pengertian Firewall

Firewall merupakan sebuah sistem keamanan yang melindungi komputer dari hal-hal yang mengancam di jaringan internet. Jadi, aktivitas yang Anda lakukan melalui jaringan internet sebenarnya sudah dibatasi oleh Firewall. Anda bisa mengatur data, informasi, atau hal-hal lainnya yang boleh dan tidak boleh melalui sistem Firewall ini.

Sebagai informasi, ada banyak hal yang mengancam selama komputer terhubung ke jaringan internet sehingga komputer membutuhkan perlindungan untuk mengatasi berbagai bahaya tersebut, terutama di jaringan non privat. Nah, bagi orang awam yang cenderung sloppy dan kurang aware terkait hal ini tentu bakal menjadi sasaran empuk para hacker jika komputer mereka tidak dibekali fitur ini.

Firewall terbagi menjadi dua macam, yaitu hardware dan software. Firewall hardware merupakan jenis firewall yang terdapat di dalam sistem jaringan seperti router. Sedangkan Firewall software merupakan aplikasi yang terpasang pada komputer. Kalau Anda memasang antivirus, biasanya sudah sekalian terpasang Firewall didalamnya yang bisa diaktifkan maupun dinon-aktifkan

Fungsi Firewall

Setelah mengetahui pengertian Firewall, sekarang saatnya masuk ke pembahasan mengenai fungsi dari teknologi pelindung yang satu ini. Sampai disini, kita sama-sama tahu bahwa Firewall itu penting, tapi apa sih tugas dan fungsi dari Firewall? Berikut ini beberapa fungsi dari Firewall yang perlu diketahui.

1.  Melindungi data

Layaknya sistem keamanan jaringan pada umumnya, Firewall menjadi pelindung data-data internal yang Anda miliki agar tidak diakses oleh pihak lain, seperti hacker dan pengguna asing lainnya. Tanpa adanya firewall, data penting dan sensitif yang Anda miliki sangat rawan dicuri dan disalahgunakan. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

2.  Mencegah munculnya pesan yang tidak diinginkan

Dengan adanya firewall, pesan-pesan yang tidak diinginkan dan terkesan mengganggu tidak akan muncul lagi di layar komputer Anda. Misalnya saja pesan yang mengatakan bahwa komputer Anda sedang dalam bahaya dan Anda diminta untuk memasang aplikasi tertentu saat itu juga.

Ingat, jangan mudah percaya dengan notifikasi mencurigakan seperti ini, karena sangat rawan disusupi oleh backdor atau malware yang bisa merekam segala aktivitas Anda di dunia maya.

3.  Memblokir konten berbahaya

Firewall juga berguna untuk memblokir konten-konten dari website yang tidak terpercaya. Anda bisa mengaturnya sendiri terkait konten-konten yang Anda izinkan untuk diakses. Secara default, Firewall akan membatasi akses ke situs download file ilegal yang memang sangat dibutuhkan banyak orang. Sementara dari segi pemerintah, firewall dimanfaatkan untuk memblokir akses situs-situs judi seperti Binomo, situs judi, hingga membatasi akses layanan netflix.

4.  Bermain game online jadi lebih aman

Kehadiran firewall juga membuat permainan game online menjadi lebih aman. Selama bermain game online, ada banyak pertukaran data yang terjadi begitu cepat. Agar terjamin keamanannya, Anda sebaiknya menggunakan firewall agar tidak ada malware yang menyusup ke komputer.

Ingat, potensi kejahatan tidak hanya terjadi pada situs-situs keuangan atau download saja tetapi bisa juga menyebar melalui game online atau bahkan sosial media.

5.  Untuk memonitor bandwidth

Bandwidth merupakan besaran transfer data yang dilakukan antara komputer client dengan komputer server dalam waktu tertentu. Dengan menggunakan firewall, Anda bisa membatasi penggunaan bandwidth untuk hal-hal tertentu dan memprioritaskan untuk konten lainnya.

6.Untuk mengakses VPN

VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. VPN biasa digunakan untuk mengakses konten yang diblokir oleh pihak tertentu. Di Indonesia misalnya, jika kita menggunakan jaringan internet plat merah alias yang ada di bawah kendali BUMN, maka kita otomatis harus nurut dengan kebijakan seperti tidak bisa mengakses Netflix, Vimeo, dan lain sebagainya. Namun, Firewall memungkinkan Anda untuk menikmati layanan ini dengan mengaktifkan VPN

Penutup

firewall
firewall

Itulah 6 fungsi Firewall untuk komputer Anda. Dengan segala fungsi tersebut, kita menjadi semakin tahu bahwa kehadiran firewall di komputer itu wajib dan dibutuhkan. Tanpa firewall, data-data kita akan rentan dicuri. Komputer pun akan rentan terkena virus dari laman-laman web yang tidak aman. Berbagai macam malware menghantui akan dengan mudah masuk dan merusak komputer kita.

Nah, demikian pembahasan mengenai pengertian Firewall dan fungsinya untuk komputer. kehadiran firewall sama pentingnya dengan kehadiran antivirus di komputer kita. Komputer yang terproteksi dengan baik saja masih bisa disusupi malware dan dihack, apalagi komputer yang tidak terproteksi dengan baik. Oleh karena itu, kalau komputer Anda belum terpasang firewall, segera pasang pelindung ini agar komputer Anda semakin aman.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat