Mengenal Pengertian dan Fungsi Git

Mengenal Pengertian dan Fungsi Git

MENGENAL PENGERTIAN DAN FUNGSI GIT

Teknologi – Tidak sedikit programmer baru yang kurang memahami tentang pengertian dan fungsi git. Menjadi seorang programmer seringkali kita memiliki error yang kadang tidak bisa terpecahkan sendiri.

Git adalah salah satu tool yang sering digunakan dalam proyek pengembangan software. Git bahkan menjadi tool yang wajib dipahami oleh programmer, karena banyak digunakan di mana-mana.

Apa Itu Git?

Git adalah version control system yang digunakan para developer untuk mengembangkan software secara bersama-bersama. Fungsi utama git yaitu mengatur versi dari source code program anda dengan mengasih tanda baris dan code mana yang ditambah atau diganti.

Git ini sebenernya memudahkan programmer untuk mengetahui perubahan source codenya daripada harus membuat file baru seperti Program.java, ProgramRevisi.java,  ProgramRevisi2.java, ProgramFix.java. Selain itu, dengan git kita tak perlu khawatir code yang kita kerjakan bentrok, karena setiap developer bias membuat branch sebagai workspacenya.Fitur yang tak kalah keren lagi, pada git kita bisa memberi komentar pada source code yang telah ditambah/diubah, hal ini mempermudah developer lain untuk tahu  kendala apa yang dialami developer lain.

Fungsi Git

Fungsi utamanya adalah untuk mengatur versi dari source code anda, menambahkan checkpoint ketika terjadi perubahan pada kode Anda dan tentunya akan mempermudah Anda untuk tetap mengetahui apa saja yang berubah dari source code Anda , selain itu jika anda ingin mengembalikan Project anda dari awal anda bisa mengambil source code tersebut di Git.

Mengapa Git Penting Bagi Programmer?

Jadi selain untuk mengontrol versi, git juga digunakan untuk kolaborasi. Saat ini Git menjadi salah satu tool terpopuler yang digunakan pada pengembangan software open souce maupun closed source. Google, Microsoft, Facebook dan berbagai perusahaan raksasa lainnya menggunakan Git.

Jadi, buat kamu yang punya impian ingin bekerja di sana, maka kamu harus bisa Git.

Selain itu, berikut ini ada beberapa menfaat yang akan kamu rasakan setelah bisa menggunakan Git.

  1. Bisa menyimpan seluruh versi source code;
  2. Bisa paham cara kolaborasi dalam proyek;
  3. Bisa ikut berkontribusi ke poryek open-source;
  4. Lebih aman digunakan untuk kolaborasi, karena kita bisa tahu apa yang diubah dan siapa yang mengubahnya.
  5. Bisa memahami cara deploy aplikasi modern;
  6. Bisa membuat blog dengan SSG.
  7. dan sebagainya…

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat