Mengenal LinkedIn dan Arti Pentingnya Bagi Bisnis Anda

Mengenal LinkedIn dan Arti Pentingnya Bagi Bisnis Anda

Mengenal LinkedIn dan Arti Pentingnya Bagi Bisnis Anda

10个Linkedin推广的必备小贴士,耀阳会SNS营销攻略分享(1) - 知乎Jogja One Solution – Apakah yang Anda tahu tentang linkedin?Apa Anda pernah mendengarnya atau bahkan memiliki akunnya? Baiklah, jika Anda belum tahu, mari kita cari tahu lebih lanjut apa itu linkedindan juga manfaatnya. Bacalah ulasan ini hingga akhir untuk mengetahui informasi-informasi tentang linkedin. Manfaat sosial media tentu sangatlah beragam termasuk media sosial seperti Linkedin. Linkedin merupakan salah satu dari jejaring sosial seperti Instagram, Facebok, Twitter dan lain-lain. Salah satu jejaring sosial ini memiliki perbedaan jika dibandingkan sosial media yang lain. Akun ini lebih dikhususkan untuk kalangan pekerjaan dalam lingkup yang profesional.Bahkan banyak perusahaan yang menggunakan media ini untuk rekrutmen karyawan. Kita perlu mengenal linkedin dan arti pentingnya bagi bisnis anda

 

 

Mengenal Apa Itu LinkedIn 

Linkedin adalah saluran sosial media yang pertama kali diperkenalkan oleh Reid Hoffman pada tahun 2003. Platform ini termasuk ke dalam kategori professional network service, yang mana lebih berfokus kepada pembangunan hubungan profesional daripada interaksi personal/non bisnis.

Itulah mengapa LinkedIn banyak digunakan oleh perusahaan untuk membangun profil bisnis, serta menjadi saluran rekrutmen pegawai yang sangat populer. Dan bagi para pencari kerja, LinkedIn juga seringkali dimanfaatkan untuk menemukan lowongan pekerjaan atau memperluas jaringan dengan kalangan profesional.

Sebagaimana kebanyakan sosial media, LinkedIn bisa digunakan secara gratis. Tapi uniknya, platform ini juga hadir dengan versi premium dengan harga mulai dari $29.99. Adapun fitur-fitur yang ditawarkan versi berbayar diantaranya adalah:

  • Fitur search dan filter yang lebih advanced untuk memudahkan Anda menemukan kandidat karyawan terbaik. Sebagai contoh, Anda bisa menyaring kandidat berdasarkan level jabatan, posisi pekerjaan, ukuran perusahaan tempat mereka bekerja, dan lamanya pengalaman kerja mereka.
  • Anda dapat mengetahui siapa saja yang melihat profil Anda, serta menganalisis keywords apa yang mereka gunakan hingga sampai ke profil Anda. Menariknya, Anda juga dapat melihat profil pengguna lain dalam invisible mode, sehingga tidak terdeteksi dalam daftar viewers mereka.
  • Menawarkan fitur Profile Organizer untuk membantu Anda menambahkan dan mengorganisasi profil kandidat dengan mudah. Sebagai contoh, Anda berniat menyimpan profil beberapa kandidat terbaik. Nah, Anda hanya perlu membuat folder (contoh: top prospect) dan memasukkan profil terpilih ke folder yang telah dibuat.
  • Dibekali dengan fitur InMail yang memungkinkan Anda mengirim pesan secara langsung melalui LinkedIn, termasuk kepada mereka yang bukan merupakan kontak Anda.
  • Dengan versi premium, Anda dapat melihat profil kandidat dengan lebih lengkap—meliputi nama, detail pekerjaan, foto, skills, latar belakang pendidikan, serta banyak informasi lainnya.
  • Memberikan akses ke LinkedIn Learning tanpa biaya tambahan.

Arti Penting LinkedIn Bagi Sebuah Bisnis 

Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari LinkedIn adalah sebagai berikut:

1. Membuat Profil Profesional

LinkedIn adalah salah satu saluran terbaik untuk membuat profil bisnis secara profesional. Dengan kata lain, platform ini bisa dioptimalkan untuk membuat persepsi bahwa Anda adalah leading company dan merupakan perusahaan kredibel yang patut dipertimbangkan oleh para pencari kerja.

2. Meningkatkan Performa SEO

Seperti platform sosial media top lainnya, LinkedIn juga bisa membantu profil bisnis Anda untuk menempati peringkat teratas di Search engine result pages (SERPs). Melalui LinkedIn pula, Anda bisa membagikan berbagai artikel untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda di internet.

3. Memperkuat Jaringan dan Koneksi

LinkedIn memungkinkan Anda untuk terhubung dengan 30.000 1st-degree connections. Kabar baiknya, platform ini tidak akan membatasi seberapa banyak profil yang mengikuti profil Anda.

4. Kemudahan untuk Terhubung dengan Target Audiens

Berbeda dengan saluran sosial media lain, LinkedIn memudahkan Anda terhubung dengan profil-profil yang tertarik dengan perusahaan Anda, atau mempunyai latar belakang yang sesuai dengan target audiens Anda.

Pasalnya, platform ini memberikan kebebasan bagi Anda untuk menetapkan kriteria-kriteria audiens—seperti industri yang mereka fokuskan, tingkat pendidikan, lokasi, pengalaman kerja, dan banyak kriteria lainnya.

Tips Membuat Profil Bisnis di LinkedIn

Siap untuk memulai profil bisnis Anda di LinkedIn? Yuk simak dulu beberapa tipsnya berikut:

1. Gunakan Foto Profil dan Banner yang Profesional

Foto profil dan banner merupakan salah satu hal utama yang akan menentukan impresi pertama audiens Anda. Untuk memulai, cari tahu terlebih dahulu berapa ukuran gambar yang tepat. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan template gratis dengan resolusi yang telah disesuaikan (contoh: Canva dan Bannersnack).

Sebagai foto profil, Anda bisa menggunakan logo perusahaan. Sedangkan untuk banner, Anda bisa memilih gambar yang merepresentasikan personalitas bisnis Anda.

Ingat, jangan ragu untuk belajar dan melihat bagaimana kompetitor atau perusahaan lain menggunakan foto profil dan banner LinkedIn mereka.

2. Maksimalkan Bagian Overview

Jangan lupa untuk mengoptimasi bagian Overview dengan memasukkan keywords yang relevan. Tak hanya itu, pastikan juga kalau bagian ini menjawab beberapa pertanyaan mendasar—seperti siapa Anda, bergerak di bidang/industri apa, apa produk/jasa yang ditawarkan, bagaimana audiens bisa menghubungi Anda lebih lanjut, serta informasi penting lainnya.

3. Rekrut Kandidat Terbaik Melalui LinkedIn Career Pages

Selanjutnya, bangun LinkedIn career page untuk bisnis Anda. Halaman ini dibekali dengan menu Life yang akan memudahkan proses branding perusahaan Anda ke para kandidat. Beberapa fitur dalam menu tersebut meliputi testimonialsemployee perspectives, galeri foto, dan company insight.

Di samping itu, LinkedIn career page juga mempunyai menu Jobs yang dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik untuk membantu Anda menemukan employees potensial.    

4. Tingkatkan Engagements Melalui Showcase Pages

Tunjukan apa yang membuat perusahaan Anda berbeda dari kompetitor melalui showcase pages. Publikasikan konten secara konsisten untuk meningkatkan engagements dan memberikan kesan bahwa perusahaan Anda sangat menguasai industri terkait secara mendalam.

Adapun konten-konten yang bisa Anda bagikan adalah seperti foto dan video produk/layanan terbaru serta events updates.

Buat Profil Bisnis Terbaik Anda di LinkedIn

Dalam artikel ini, Anda sudah mempelajari apa itu LinkedIn dan arti pentingnya bagi bisnis Anda. Singkatnya, LinkedIn adalah professional network service terbesar yang digunakan oleh lebih dari 30 juta perusahaan untuk membuat profil bisnis, mempublikasikan lowongan pekerjaan, dan bahkan mempromosikan produk/layanan kepada target audiens yang lebih spesifik.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat