Mengenal Lebih Lengkap Bahasa Pemrograman Phyton

Mengenal Lebih Lengkap Bahasa Pemrograman Phyton

Mengenal Lebih Lengkap Bahasa Pemrograman Phyton

Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Python Dan Cara Belajarnya | IDCloudHostJogja One Solution –Python adalah bahasa pemrograman yang populer. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Guido van Rossum dan dikenalkan sejak tahun 1991. Sebelum memulai untuk belajar Python dasar, akan lebih baik untuk memahami dulu apa itu Python dan bagaimana cara kerjanya. Python termasuk bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. Sampai saat ini bahasa pemrograman Python hampir dipakai di segala bidang seperti game, sistem berbasis web, dan bahkan dapat membuat mesin pencari sendiri. Jadi secara umum, bahasa pemrograman ini dipakai dalam pengembangan website, pengembangan software, matematika, dan system scripting. Nah kita perlu mengenal lebih lengkap bahasa pemrograman phyton.

 

 

Penjelasan Dasar Mengenai Phyton

1. Pengertian Phyton

Menjalankan sebuah program yang ada dalam sebuah komputer, tentu saja tak bisa menggunakan bahasa biasa. Setiap bahasa tersebut harus diubah bentuknya sehingga sesuai dengan standar yang bisa diterima dan diproses oleh komputer. Nah, inilah yang kemudian disebut sebagai bahasa pemrograman.

Secara sederhana, bahasa pemrograman diartikan sebagai susunan kode-kode, yang umumnya digunakan untuk menjalankan program komputer. Bahasa ini berisi intruksi-intruksi, yang kerap disebut sebagai sintaks dan juga semantik. Nantinya sintaks dan juga semantik ini akan diinput ke dalam program komputer, dan nantinya akan direspon dengan perubahan sistem atau program yang ada.

Phyton adalah salah satu jenis bahasa pemrograman, yang sampai saat ini paling banyak digunakan di dunia. Sehingga tak mengherankan jika ini phyton menjadi bahasa program yang harus dikuasai oleh para penggiat IT. Ada banyak pengembang teknologi dunia yang menggunakan phyton sebagai bahasa pemrograman utamanya, misalnya saja seperti Linux, lalu Windows, MAC, Java, hingga Symbian.

2. Sejarah perkembangan phyton

Hingga saat ini tren programming dalam dunia IT terus mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena perkembangan teknologi yang semakin dinamis, menyebabkan semakin banyaknya terobosan-terobosan gadget yang hadir. Tak pelak bahasa pemrograman menjadi salah satu skill yang paling dicari, karena memang menguasainya bukanlah hal yang mudah. Salah satu kunci dalam menguasai hal ini adalah mengetahui sejarah dan perkembangannya, sehingga anda akan lebih mudah untuk memahaminya dan melakukan improvisasi ketika menggunakannya.

Bahasa pemrograman phyton untuk pertama kalinya diluncurkan sekitaran tahun 1990. Penciptaannya dilakukan oleh  Guido Van Rossum, yang tercatat sebagai salah satu pengembang teknologi di Negara Belanda, dengan mengambil setting lokasi di Amsterdam. Setelah 5 tahun peluncurannya, Guido Van Rossum melakukan evaluasi terhadap kecocokan bahasa pemrograman yang dibuatnya, dengan perkembangan komputer dunia saat itu. Kemudian ia menemukan beberapa perbaikan, yang kemudian disempurnakan sebagai revisi pertama pyhyton, dan diluncurkan pada tahun 1995.

Perbaikan dan penyempurnaan phyton terus menerus dilakukan oleh Guido Van Rossum, hingga kemudian versi selanjutnya muncul pada tahun 2000. Hingga saat ini phyton adalah bahasa pemrograman yang telah mencapai perbaikan hingga versi ketiganya. Membaca mengenai sejarahnya, pasti anda tak akan menyangka bahwa nama untuk bahasa pemrograman yang beken di dunia ini ternyata berasal dari acara sirkus kesukaan  Guido Van Rossum, yaitu Monty Python Flying Circus.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat