Mengenal Konsep MVC pada Website

Mengenal Konsep MVC pada Website

Mengenal Konsep MVC pada WebsiteMENGENAL KONSEP MVC PADA WEBSITE

Website – Salah satu konsep yang di perlukan pada pembangunan website adalah konsep MVC. Lalu apa itu MVC? Bagaimana cara kerjanya pada website?

Pengertian MVC (Model-View-Controller) 

Model-View-Controller atau MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web.

Untuk menghindari kode agar tidak menjadi spaghetti, maka kita harus menerapkan prinsip Pembagian Fokus (Separation of Concern). Secara singkat, SoC atau Separation of Concern merupakan teknik di mana kita membagi-bagikan kode ke dalam beberapa bagian. Masing-masing bagian kode ini kemudian memiliki tanggung jawabnya masing-masing. Bisa saja ada bagian kode yang khusus menangani basis data. Ada bagian kode yang menangani tampilan. Ada bagian kode yang menghubungkan tampilan dengan basis data.

MVC, atau Model View Controller, merupakan salah satu implementasi prinsip SoC untuk aplikasi yang kita kembangkan. Dalam MVC, kita membagikan bentuk aplikasi dalam tiga bagian utama, yaitu:

  1. Model, yaitu bagian kode aplikasi yang berhubungan dengan basis data.
  2. View, yaitu bagian kode yang berhubungan dengan tampilan ke pengguna.
  3. Controller, yaitu bagian kode yang menghubungkan antara Model dan View.

Alur dan Cara Kerja MVC

Secara kasar, berikut adalah arsitektur aplikasi web kita jika dikembangkan dengan menggunakan pola MVC:

Arsitektur MVC

Arsitektur Sederhana MVC

Alur kerja aplikasi web kita ketika user mengunjungi salah satu halaman yaitu:

  1. Browser berhubungan dengan server untuk akses halaman.
  2. Request (permintaan) browser ditangani oleh bagian Controller dari kode kita.
  3. Controller akan melakukan pemanggilan ke Model untuk mendapatkan data yang relevan, dan kemudian mempersiapkan data tersebut untuk ditampilkan.
  4. Controller memberikan data yang diperlukan kepada view.
  5. View menampilkan data dan berbagai elemen antarmuka tambahan yang diperlukan.

Meskipun memerlukan banyak langkah hanya untuk menampilkan satu halaman web, kita dapat langsung melihat keuntungan tambahan dari penggunaan MVC, yaitu bagaimana setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing. Ingin mengubah query yang digunakan agar menjadi lebih cepat? Langsung saja edit kode pada bagian Model. Designer juga dapat bekerja pada bagian view jika ingin mengubah tampilan, tanpa perlu takut merusak keseluruhan kode. Pastinya hal seperti ini akan mempercepat dan mempermudah pengembangan web kita!

Tertarik untuk melihat bagaimana membuat framework MVC sederhana? Mari kita segera coba!

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat