Mengenal Kelebihan dan Kekurangan PHP 7

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan PHP 7

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan PHP 7

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan PHP 7 - Qwords Jogja One Solution – Istilah PHP sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat Indonesia atau bahkan luar negeri, terutama untuk CMS seperti WordPress, Joomla maupun Drupal. Menggunakan PHP dapat dijadikan sebagai pondasi untuk membangun sebuah website. Banyak sekali kelebihan dan kekurangan PHP yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Yuk kita mengenal kelebihan dan kekurangan PHP 7.

Mengenal PHP versi 7                                                                

Mengenal PHP versi 7       

Versi paling anyar dari bahasa pemrograman PHP adalah 7.4 atau lebih sering disebut PHP 7 saja. Versi ini memberikan cukup banyak upgrade dari versi sebelumnya. Namun, secara umum bahasa pemrograman ini masih dipakai untuk membuat sebuah website statis atau dinamis. Dalam pembuatan website, PHP akan bekerja dengan bahasa lain seperti HTML, CSS dan Javascript. Mempelajari bahasa pemrograman PHP akan membantu Anda dalam menciptakan website dan juga aplikasi turunannya.

Selain itu, PHP 7 juga berhubungan erat dengan database atau tempat menyimpan data. Anda bisa menggunakan PHP untuk proses input data yang dilakukan oleh user. Selanjutnya, data yang masuk akan dimasukkan ke dalam database untuk disimpan.

PHP juga berhubungan dengan server yang nantinya dikeluarkan saat user mengaksesnya. Dari database, kode PHP akan diubah menjadi HTML sehingga tampilan dari website terlihat lebih menarik dan bisa melakukan interaksi.

Kelebihan PHP 7

"<yoastmark

Kelebihan PHP cukup banyak bahkan mampu membuat Anda semakin tertarik untuk mempelajarinya. Penasaran? Berikut daftar kelebihan PHP yang Anda coba.

1.   Mudah Dipelajari

PHP bukan bahasa pemrograman yang eksklusif karena bisa dipelajari dari mana saja. Bahasa ini juga masuk ke kelas entry level sehingga orang awam sekali pun bisa mempelajarinya. Apalagi banyak sekali tutorial gratis yang bisa didapatkan di internet.

Bahasa pemrograman PHP juga banyak sekali buku panduannya dan bisa dibeli langsung di toko. Anda bisa mempelajarinya secara otodidak selama beberapa bulan hingga menguasai semua basic untuk membuat website dan program.

2.   Pengembangan Produk Berjalan Cepat

Dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, PHP memiliki kemampuan untuk membuat program atau website berjalan dengan lebih mudah. Anda tidak perlu membuat semua dari awal. Ada beberapa library yang dipakai untuk membuat program secara cepat. Anda hanya perlu mengotak-atik sendiri program itu dan dibuat menjadi lebih spesifik. Jadi, tidak perlu menulis semua kode dari awal dan pusing dengan bug yang jumlahnya ada banyak.

3.   Program yang Ringkas

PHP dikenal sebagai program yang cukup ringkas dalam proses pengembangannya. Maksud ringkas di sini adalah mulai dari proses unduh sampai instalasi berjalan dengan cepat. Selain itu, dalam proses pengembangan dan mencoba website tidak butuh waktu kompilasi yang lama.

4.   Program Open Source

PHP adalah bahasa pemrograman jenis open source. Artinya siapa saja bisa menggunakan bahasa ini untuk membuat aplikasi atau website. Pengembang utama dari PHP tidak akan meminta semacam loyalty atau biaya lain kalau ingin menggunakan program ini.

5.   Proses Upgrade yang Mudah

Misal PHP memiliki versi anyar, kalau Anda ingin melakukan upgrade pada aplikasi atau website yang sudah dibuat sebelumnya, proses bisa berjalan otomatis. Anda tidak perlu membuka kodenya lagi dan melakukan proses kompilasi.

Dengan kemudahan ini, proses upgrade bisa berjalan dengan cepat dan memberikan dampak positif pada website dan aplikasi yang dibangun. Memakai versi paling baru akan meminimalkan terjadinya bug.

6.   Komunitas yang Besar

Komunitas yang dimiliki oleh PHP cukup besar. Tidak hanya di dalam negeri saja. Komunitas di luar negeri justru lebih banyak. Dari komunitas ini, Anda bisa belajar lebih banyak tentang PHP dan beberapa hal penting yang ada di sana.

7.   Banyak Peluang Pekerjaan

PHP dipakai di banyak website dan pembuatan aplikasi. Efeknya, proyek yang berhubungan dengan PHP jumlahnya ada banyak. Anda bisa menggunakan skill PHP untuk mencari pekerjaan utama atau pekerjaan sampingan.

Kekurangan PHP

kekurangan bahasa pemrograman php

Meski masuk dalam salah satu bahasa pemrograman yang banyak dipelajari, PHP juga memiliki kekurangan dari segi fungsi penggunaan. Berikut beberapa kekurangan dari PHP 7.

1.   Persaingan Ketat

Persaingan yang ketat terjadi di komunitas PHP, khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan. Karena mudah dipelajari dan siapa saja bisa melakukannya, akan sulit kalau kemampuan Anda masih pas-pasan. Itulah kenapa Anda disarankan untuk terus melakukan upgrade skill.

Pelajari banyak tren baru di PHP untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Kalau masih mempelajari hal yang kuno, semua orang tentu sudah mengetahuinya.

2.   Mudah Ditiru Orang Lain

Sifat interpreter yang dimiliki oleh PHP membuatnya jadi mudah diintip kode yang ada di dalamnya. Setelah diintip, orang lain bisa menggunakannya untuk membuat program baru dengan beberapa modifikasi yang ada di dalamnya.

Sebenarnya ada add on lagi yang bisa dipakai untuk mengamankan aneka kode yang sudah dibuat. Sayangnya butuh lisensi berbayar untuk menggunakannya.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat