Mengenal Kabel Fiber Optik, Fungsi dan Jenisnya

Mengenal Kabel Fiber Optik, Fungsi dan Jenisnya

Alat Ukur Fiber Optik Komponen, Jenis dan Fungsi / Manfaat | Kucari.comJogja One SolutionPengertian Fiber Optik adalah suatu jenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus, dan digunakan sebagai media transmisi karena dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dengan kecepatan tinggi. Ukuran fiber optik ini sangat kecil dan halus (diameternya hanya 120 mikrometer), bahkan lebih kecil dari helaian rambut manusia. Komponen jaringan ini memiliki kecepatan transmisi yang tinggi dengan menggunakan pembiasan cahaya sebagai prinsip kerjanya. Sumber cahaya yang digunakan untuk proses transmisi adalah laser atau LED. Yuk kita mengenal kabel fiber optik, fungsi dan jenisnya.

 

 

Apa itu Fiber Optik?

Fiber optik adalah sebuah bahan dari serat kaca untuk membuat kabel. Biasanya fiber optik digunakan sebagai kabel perusahaan telekomunikasi. Karena fiber optic merupakan bahan yang tepat untuk mengirimkan data ke dalam jaringan komputer.

Tanpa kabel dari fiber optic ini, maka bisa saja komunikasi antar ponsel tidak akan lancer. Fiber optic dibuat dari serat kaca yang memiliki lapisan-lapisan yang menyusunnya. Di dalamnya ada komponen-komponen isolator, atau coating dengan macam-macam warna.

Ukuran kabel fiber optic ini sangat kecil, bahkan lebih kecil dari sehelai rambut. Namun bahan kabel ini dapat mengantarkan data dengan kecepatan tinggi.

Fungsi Kabel Fiber Optik

Seperti sudah disebutkan di atas, maka kegunaan utama kabel fiber optik adalah untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Sebenarnya jika merujuk pada pengertian ini, maka kegunaan kabel Fiber Optik sama dengan jenis kabel lainnya.

Namun yang membedakan adalah kabel fiber data ini mendukung kecepatan pengiriman data. Selain itu, kabel fiber optic juga tak punya arus listrik, sehingga tidak akan mengalami gangguan elektromagnetik.

Itu sebabnya perusahaan operator telekomunikasi sering memasang kabel fiber optic untuk mencapai tujuan tersebut.

Jenis Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optics

Kabel Fiber Optik dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni:

  • Kabel Fiber Optik Single Mode

Sesuai namanya, kabel fiber optic Single Mode adalah kabel optic yang punya transmisi tunggal yang memiliki maksud hanya bisa melalui satu inti untuk menyebarkan cahaya. Bagian inti dari kabel jenis ini memiliki diameter yang sangat kecil, hanya 9 mikrometer saja.

  • Kabel Fiber Optik Multimode

Jenis lain dari kabel Optik adalah Kabel Fiber Optik Multimode. Berbeda dengan Single Mode, kabel ini memiliki transmisi banyak sehingga bisa menyebarkan cahaya dalam satu waktu. Ukuran inti kabel optic ini lebih besar, yakni sekitar 625 mikrometer.

Tipe-tipe kabel fiber optic yang populer digunakan, antara lain:

    1.     Tight Buffer (Dalam dan luar ruangan)
    2.     Breakout Cable (Dalam dan luar ruangan)
    3.     Aerial Cable
    4.     Armored Cable
    5.     Simplex Cable
    6.     Hybrid and Composite Cable
    7.     Zipcord Cable
    8.     Low Smoke Zero Halogen (LSZH)

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat