Mengenal Jenis Proyektor dan Fungsinya

Mengenal Jenis Proyektor dan Fungsinya

Mengenal Jenis Proyektor dan Fungsinya

Jogja One Solution – Sebelum membeli sebuah perangkat Projector ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu berbagai Jenis Projector yang ada di pasaran saat ini. Nah kali ini kita akan bahas mengenal jenis proyektor dan fungsinya.

Mengenal Jenis – Jenis Projector

  • Cathode Ray Tube (CRT)

Image result for proyektor crt

Projector ini berbentuk besar dengan terdiri dari 3 buah lensa yang masing – masing mewakili tiga warna dasar yaitu merah, hijau dan biru atau Red, Green, Blue (RGB). Ketiga lensa tersebut kemudian disatukan dengan lensa pembesar cahaya untuk memproyeksikan gambar berwarna ke sebuah layar besar pada ruangan yang gelap. Gambar yang dihasilkan dengan Projector ini termasuk kedalam kualitas beresolusi tinggi.

  • Liquid Crystal Display (LCD)

Image result for proyektor lcd

Projector ini merupakan Projector yang paling banyak digunakan di kalangan masyarakat umum. Hal ini dikarenakan harganya yang relatif terjangkau dan sifatnya yang lebih portabel sehingga mudah dibawa bepergian kemana- mana. Projector LCD menghasilkan gambar yang terang karena menggunakan LED Backlight. Projector ini menghasilkan gambar yang baik dan akurasi warna yang baik. Namun jika gambar diproyeksikan kepada bidang yang terlalu besar gambar dan warna akan sedikit memudar.

  • Digital Light Processing (DLP)

Image result for proyektor dlp

Projector Jenis ini menggunakan teknologi digital untuk memproses dan menghasilkan gambar yang diproyeksikannya. Input gambar akan dikonversi menjadi data digital yang kemudian disimpan kedalam harddisk dan kemudian kembali diproyeksikan ke layar. Projector ini memiliki tingkat akurasi warna yang baik namun memerlukan power yang lebih serta tingkat kontras dan kecerahan yang tinggi. Biasanya Projector ini diminati untuk keperluan Home Theater.

  • Liquid Crystal on Silicon (LCoS)

Image result for proyektor lcos

Projector ini merupakan hasil perpaduan dari teknologi Projector LCD dan DLP. Projector ini memiliki kulitas gambar yang paling baik dibandingkan dengan jenis Projector lainnya. akan tetapi dikarenakan teknologi ini masih tergolong baru jadi harga yang ditawarkan pun masih tergolong mahal.

Fungsi Proyektor

Berikut ini beberapa fungsi proyektor berdasarkan penggunaannya:

1. Alat Presentasi

Penggunaan proyektor dalam memaparkan presentasi akan membuat penjelasan menjadi lebih mudah dan lebih atraktif. Tampilan tek, gambar, atau animasi pada presentasi membuat audiens lebih mengerti maksud dan isi dari presentasi tersebut.

2. Media Informasi

Proyektor dapat menampilkan suatu obyek atau data pada perangkat komputer menjadi terlihat lebih besar. Hal ini membuatnya menjadi media informasi yang sangat efektif dan efisien.

3. Media Hiburan (Home Theater)

Memiliki proyektor di rumah dapat memberikan keuntungan tersendiri karena bisa digunakan sebagai media hiburan. Misalnya menonton video dalam ukuran yang jauh lebih besar layaknya di bioskop.

Itulah beberapa jenis dan fungsi proyektor sesuaui dengan penggunannya, Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat