Mengenal Fungsi Sitemap HTML Pada Website

Mengenal Fungsi Sitemap HTML Pada Website

Apa Itu Sitemap? Fungsi dan Cara Membuatnya | APPKEYJogja One Solution – Bahkan jika Anda tidak memiliki banyak (atau sedikit) pengalaman dengan pengembangan web, kemungkinan Anda pernah mendengar tentang Search Engine Optimization (SEO). Ini adalah istilah yang luas untuk daftar besar teknik yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda di mesin pencari. Banyak strategi SEO yang akan Anda dengar berfokus pada kata kunci – tetapi ada tugas lain yang sama pentingnya dengan kata kunci itu sendiri. Anda harus mengenal fungsi sitemap html pada website.

 

 

Apa Itu Sitemap HTML?

Sitemap HTML adalah sebuah halaman khusus berisi daftar judul artikel dan link aktif yang bisa diklik. Seiring perkembangan teknologi, Sitemap HTML saat ini sudah relatif jarang ditemui pada website ataupun blog pribadi. Padahal, fungsi dari sitemap HTML sendiri cukup vital untuk membantu proses navigasi.

Perlu diketahui, ada dua jenis sitemap yang biasa digunakan untuk optimasi. Pertama adalah sitemap XML, yakni jenis sitemap yang ditujukan untuk memudahkan web crawler dalam menelusuri isi konten website.

Sitemap XML biasanya digunakan untuk keperluan index dan harus disubmit ke layanan Google Search Console. Dari segi peran dan fungsi, Sitemap XML biasanya berisi metadata dengan URL artikel atau halaman lainnya, dengan urutan konten paling baru berada di paling atas.

Sementara itu, sitemap HTML adalah jenis sitemap yang lebih ditujukan untuk memudahkan proses navigasi pengguna. Beberapa blogger memanfaatkan halaman sitemap HTML sebagai landing page jika ada halaman error 404 yang perlu di redirect.

Fungsi Sitemap HTML

apa itu sitemap

1. Memudahkan Navigasi Pengunjung

Berdasarkan studi yang dilakukan beberapa tahun terakhir, tingkat atensi pengunjung di sebuah website semakin pendek. Itu artinya, pemilik website atau blog harus bisa memaksimalkan distribusi konten agar mudah diakses.

Sitemap HTML adalah salah satu solusi untuk memudahkan menemukan informasi. Pasalnya, seluruh konten akan ditampilkan dalam satu halaman sehingga tingkat keterbacaan judulnya sangat tinggi.

2. Untuk Memantau Arsitektur Website

Sahabat Qwords bisa membayangkan sebuah blueprint gedung yang sedang dibangun oleh seorang arsitektur. Nah, sitemap HTML merupakan blueprint yang bisa digunakan untuk melihat struktur konten website Anda.

Sebuah sitemap HTML yang baik, tentu dibuat dengan memperhatikan susunan skema link yang urut dan mudah dipahami. Jadi, jika sewaktu-waktu ada masalah dari segi arsitektur ataupun taksonomi, Anda akan lebih mudah dalam mengidentifikasi.

3.Memperjelas Tujuan Website

Sitemap HTML sangat penting untuk menjaga relevansi website. Terutama untuk website berita, ataupun website pribadi yang memiliki banyak konten artikel.

Berkat adanya sitemap HTML, anchor text di setiap artikel otomatis akan semakin bertambah dan memperkaya internal link antar halaman. Sebagaimana kita ketahui, strateg internal link yang kuat dan relevan bakal menambah kekuatan situs Anda di mesin pencari.

4.Mempercepat Index Mesin Pencari

Apakah artikel di blog Anda masih lambat terindeks di penelusuran mesin pencari? Anda bisa membantu web crawl dalam melakukan index halaman dengan menghadirkan satu halaman khusus sitemap HTML yang didalamnya sudah berisi seluruh konten.

Meski tidak banyak diketahui, tipe tautan berisi anchor text yang relevan seperti pada Sitemap HTML sebenarnya lebih disukai oleh robot mesin pencari, karena lebih natural dan bisa dipahami oleh user yang mencari informasi.

5. Meningkatkan Visibilitas Website

Visibilitas atau keterlihatan website di mesin pencari merupakan hal yang sangat penting, jika Anda ingin mendapatkan traffic tinggi. Nah, penambahan sitemap HTML bisa menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan visibilitas website di mesin pencari.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki artikel yang sudah dirayapi oleh web crawler, maka bot juga akan bekerja untuk mengikuti tautan lain yang ada di menu navigasi.

Jadi, sangat penting untuk membuat halaman sitemap HTML yang ditautkan di bagian menu yang mudah terlihat oleh pengunjung maupun bot Google.

Cara Membuat Sitemap HTML

cara membuat sitemap HTML

Setelah mengetahui fungsi dan manfaat Sitemap HTML untuk website, selanjutnya kita akan membahas cara membuat Sitemap HTML di blogspot dan WordPress.

Cara Membuat Sitemap HTML di WordPress

Sitemap wordpress

Untuk membuat halaman sitemap HTML di website berbasis WordPress, Anda bisa menggunakan plugin bernama WP Sitemap Pages atau Simple Sitemap yang sudah didownload sebanyak 80 ribu kali.

Berikut merupakan tutorial cara menginstal plugin dan mengaktifkannya.

1.  Login ke halaman dashboard Admin WordPress Ana

2.  Masuk ke menu PluginAdd New > Masukkan nama plugin Sitemap HTML yang ingin Anda gunakan.

3.  Install dan aktivkan plugin Sitemap HTML

Plugin sitemap WordPress

4.   Jika Anda menggunakan plugin WP Sitemap Page, maka tambahkan Shortcode [wp_sitemap_page] di halaman yang ingin ditambahkan sitemap.

Misalnya, Anda ingin membuat halaman sitemap khusus, maka Anda bisa membuat Page baru kemudian menambahkan Shortcode tersebut di dalam kolom body.

5.  Klik tombol Publish, kemudian cek hasilnya.

Selesai.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat