Mengenal Fungsi Dan Komponen Scanner

Mengenal Fungsi Dan Komponen Scanner

Mengenal Fungsi Dan Komponen Scanner

Jogja One Solution – Scanner adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotocopy ke dalam bentuk digital. Nah kaili ini kita akan mengenal fungsi dan komponen scanner.

Fungsi Scanner

Seperti yang kita ketahui, scanner memiliki manfaat yang mana sangat membantu kita dalam urusan pemindaian dokumen ataupun foto yang ingin kita simpan ke dalam bentuk digital ataupun menduplikat file yang dipindai tersebut, selain itu scanner memiliki fungsi lain yaitu:

  1. Menyalin Berkas

    Fungsi awal scanner ialah untuk menyalin berkas penting yang eksistensinya terancam oleh hal-hal yang menyerang kondisi fisik berkas tersebut.

  2. Pendokumentasian

    Sebagian pengguna memilih scanner saat hendak mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dinilai penting.

  3. Pengelolaan Berkas

    Ketika berhubungan dengan berkas fisik, maka risiko terkecil yang muncul ialah waktu yang terbuang karena pengelolaan yang susah. Dengan scanner setiap berkas dapat dikelola dan diketagorisasikan dengan mudah, ketika berkas dibutuhkan, versi digital telah siap untuk diambil kapan saja.

  4. Pengamanan Berkas

    Berkas konvensional memiliki ancaman fisik yang siap menyerang kapan saja, dengan adanya scanner, maka berkas lebih aman karena versi digital dapat menjadi jaminan eksistensi dari versi asli.

Hasil gambar untuk jenis scanner

Komponen-Komponen Scanner

Komponen-komponen yang dimaksud adalah komponen-komponen pada scanner flatbed,karena scanner jenis ini yang paling kita jumpai dan yang sering kita gunakan Komponen tersebut adalah :

  1. Alas Kaca

Alas kaca digunakan sebagai wadah dari gambar yang akan dibaca.

  1. Sumber Cahaya

Sumber cahaya berupa lampu dengan intensitas cahaya cukup tinggi akan menghasilkan cahaya yang diarahkan ke gambar.

  1. Sensor Sinar Pantulan

Jenis yang umum digunakan untuk jenis scanner flat bed adalah sensor CCD(charge-coupled devices). Alat ini berfungsi seperti mata yang akan membaca sinar pantulan dari gambar Untuk mengarahkan sampai ke CCD, cahaya pantulan dari gambar diarahkan dengan menggunakan sejumlah cermin dan lensa scanner.

  1. Motor Stepper danPita Bergerigi

Karena data dibaca baris perbaris, maka dibutuhkan motor stepper dan pita bergerigi untuk menggerakan lampu dan CCD

  1. Penutup Scanner

Penutup digunakan untuk menghindari sinar luar yang masuk, sehingga data yang dibaca oleh CCD benar-benar data pantulan dari gambar yang sedang dibaca.

Selain komponen-komponen tersebut tentu masih ada banyak komponen lain, tetapi fungsi dan bentuknya dapat berbeda antara jenis scanner satu dan lainnnya. Semoga bermanfaat.,

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat