Mengenal E-Wallet dan Keuntungan Menggunakannya

Mengenal E-Wallet dan Keuntungan Menggunakannya

Mengenal E-Wallet dan Keuntungan Menggunakannya

Beragam keuntungan pembayaran menggunakan e-wallet - BlogJogja One Solution – Coba deh kamu perhatikan kalau lagi jalan-jalan ke mal atau pusat perbelanjaan. Banyak toko dan restoran yang menawarkan diskon atau cashback dengan pembayaran menggunakan e-wallet, kan?. Pembayaran dengan dompet digital dan e-wallet semakin merajalela. Bahkan pada tahun 2018 saja, transaksi digital atau nontunai meningkat hingga 24%. Tidak mengherankan, karena ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan dompet digital ini. Yuk kita mengenal e-wallet dan keuntungan menggunakannya.

Apa itu E-Wallet?

apa itu e-wallet

Berdasarkan Wikipedia, pengertian E-Wallet adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran. E-Wallet juga bisa berupa sebuah program perangkat lunak, aplikasi, atau bahkan layanan jasa yang terbuat untuk menyimpan uang digital dan melakukan transaksi secara online antar pengguna.

E-Wallet mulai berkembang pesat seiring menjamurnya startup fintech  Tanah Air. Belakangan ini, pemerintah bahkan sudah menerbitkan regulasi yang mengatur tentang legalitas transaksi menggunakan uang elektronik untuk semakin memudahkan proses adaptasi teknologi.

E-Wallet di Indonesia

  1. GoPay
  2. OVO
  3. Link Aja
  4. DANA
  5. Doku
  6. Jenius

Kelebihan Menggunakan E-Wallet

kelebihan e-wallet

1.    Terhindar Uang Palsu

Salah satu kelebihan dari E-Wallet adalah mampu mengurangi peredaran uang palsu. Pasalnya, teknologi uang digital yang tersimpan pada E-Wallet masih sangat susah menembus dari sisi keamanan.

Setiap transaksi digital, baik pembeli maupun penjual juga tidak perlu memikirkan kembalian karena E-wallet bisa memotong saldo hingga jumlah desimal sesuai jumlah pembayaran.

2.    Transaksi Lebih Cepat

Jika terbandingkan dengan menggunakan uang konvensional, proses transaksi menggunakan E-Wallet relatif jauh lebih cepat. Untuk membayar, pembeli tinggal melakukan scan barcode yang sudah tersediakan oleh penjual, tanpa perlu mengeluarkan dompet ataupun menghitung uang sesuai nominal yang dibutuhkan.

3.     Menghidari Penyebaran Virus / Bakteri

Pada kondisi pandemi virus corona COVID-19 seperti sekarang ini, penggunaan E-Wallet bisa meminimalisir kontak dengan orang lain. Bahkan, pemerintah secara resmi memberikan anjuran terkait hal ini guna mencegah adanya penyebaran virus melalui uang tunai.

4.    Lebih Praktis

Pernahkah Anda lupa membawa dompet ketika sudah sampai di depan kasir toko? Nah, Dengan adanya E-Wallet anda tidak perlu khawatir ketika lupa membawa dompet atau uang tunai saat berbelanja, karena pembayaran bisa dilakukan dengan aplikasi E-Wallet yang sudah terinstal pada smartphone.

5.    Riwayat Transaksi Lengkap

Adanya fitur pencatatan riwayat transaksi merupakan fitur menarik dari E-Wallet. Dengan adanya riwayat transaksi yang jelas, anda bisa lebih mudah dalam melacak setiap pengeluaran maupun pemasukan.

Kekurangan Menggunakan E-Wallet

kekurangan e-wallet

1.    Merchant Masih Terbatas

Salah satu kekurangan E-Wallet di Indonesia adalah masih minimnya merchant yang menerima transaksi digital. Hal ini tidak lain disebabkan karena masih minimnya infrastruktur internet di Indonesia. Namun, seiring perkembangan waktu, nantinya bisa dipastikan kalau akan semakin banyak merchant yang menerima pembayaran via E-Wallet.

2.    Ada Biaya Transaksi

Sebagaimana kita ketahui, beberapa E-wallet masih membebankan biaya administrasi untuk setiap transaksi yang ada. Biaya transaksi ini besarnya berbeda-beda tiap aplikasi E-Wallet.

3.    Menjadi Lebih Konsumtif

Tidak seperti uang tunai yang terasa pengurangannya ketika digunakan untuk berbelanja, uang digital seperti E-Wallet cenderung tidak terasa setelah digunakan. Hal ini otomatis mendorong pengguna untuk berbelanja lebih banyak dan lebih boros dari biasanya.

Cara Membuat E-Wallet

Setelah mengetahui apa itu E-Wallet, berikutnya kita akan belajar cara membuat E-Wallet. Pada dasarnya, alur pendaftaran akun E-Wallet tiap aplikasi berbeda-beda. Namun, secara umum proses pendaftaran bisa dilakukan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tentukan aplikasi E-Wallet sesuai kebutuhan / selera pribadi.

2.  Siapkan nomor handphone dan Email aktif

3. Buka aplikasi E-Wallet

4.  Masukkan nomor handphone

5.  Isi data-data pribadi yang dibutuhkan

  • Nama lengkap
  • Alamat
  • Password

6.Klik daftar

Perbedaan E-Money dan E-Wallet

e-wallet-adalah

1.   Chip Based vs Server Based

Meski sama-sama masuk dalam kategori uang digital, E-Money dan E-Wallet memiliki teknologi yang berbeda. Untuk E-Money layanan ini memanfaatkan sistem berbasis chip yang tertanam di dalam sebuah kartu seukuran ATM.

Sementara untuk E-Wallet menggunakan teknologi digital berbasis server yang dieksekusi menggunakan aplikasi. Berbeda dengan E-Money, pengguna E-Wallet wajib terkoneksi dengan internet dan penyedia layanan agar bisa digunakan.

2.   Jumlah Saldo Maksimal

Perbedaan selanjutnya antara E-Money dan E-Wallet terletak pada jumlah saldo maksimal yang bisa dimasukkan. Sebagaimana kita ketahui, E-Money maksimal hanya bisa diisi saldo sebesar Rp1 juta, sedangkan E-Wallet saldo maksimalnya bisa mencapai Rp10 juta.

3.   Fleksibilitas

Jika bicara dari segi fleksibilitas, E-Money saat ini lebih unggul dibandingkan E-Wallet. Pasalnya, E-Money sudah banyak diterima sebagai alat pembayaran sehari-hari. Mulai dari mengisi BBM, belanja di minimarket, bayar tol, hingga pembelian tiket hiburan.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat