Mengenal Dashboard Blogger dan Fungsi Menunya

Mengenal Dashboard Blogger dan Fungsi Menunya

Mengenal Dashboard Blogger dan Fungsi Menunya

Cara Membuat WordPress GratisJogja One Solution –  WordPress atau yang lebih familiar disebut sebagai WP merupakan salah satu CMS (Content Management System) berlisensi Open Source yang saat ini banyak digunakan untuk membuat website profesional. CMS yang menurut laman Wikipedia juga digunakan oleh situs ternama seperti CNN, The New York Times, Tech Crunch, hingga Reuters tersebut cenderung banyak disukai karena WordPress memiliki dashboard yang menarik dengan berbagai kemudahannya. CMS WordPress digunakan untuk membantu memudahkan admin website dalam mengelola konfigurasi, agar tidak perlu melakukan input file satu persatu artikel ke dalam database serta bisa juga meminimalisir pengeditan file html/php jika membutuhkan fitur baru. Kita harus mengenal dashboard blogger dan fungsi menunya.

 

Apa Itu Dashboard Blogger

apa itu dashboard blogger

Secara umum, dasbor adalah istilah yang digunakan untuk menyebut halaman admin blog. Kata dasbor sendiri sejatinya merupakan serapan dari kata Bahasa Inggris, yakni Dashboard. Setiap blog, situs, maupun website pastinya memiliki dasbor admin untuk melakukan posting artikel, edit tampilan, menambahkan kode iklan, serta keperluan lainnya. Maka dari itu, sangat penting untuk mengenal dan memahami tiap-tiap fungsinya.

Sebagai informasi, halaman dashboard umumnya hanya bisa diakses penuh oleh admin atau pemilik blog. Meski begitu, Anda juga bisa memberikan akses terbatas kepada para penulis, editor, atau orang-orang tertentu yang dipercaya sebagai kontributor.

Di platform Blogspot atau lebih populer dikenal sebagai Blogger.com, halaman dasbornya relatif lebih simpel dan clean. Bahkan, bagi beberapa pengguna mereka mengaku cenderung menyukai halaman dashboard blogspot dibandingkan dengan dasbor WordPress, WIX, Joomla, atau platform sejenis lainnya.

Cara Masuk ke Dashboard Blogspot

Bagi anda yang baru terjun ke dunia blogging, mungkin ada yang masih belum paham terkait bagaimana langkah-langkah untuk mengakses dasbor blogger. Padahal, sebenarnya caranya sangat mudah, berikut tutorialnya:

  1. Buka halaman blogger.com
  2. Masuk dengan cara klik tombol Sign In/Login
  3. Masukkan Username dan Password akun Google.
  4. Setelah berhasil Login, maka otomatis Anda akan diarahkan ke halaman dashboard blogspot atau dasbor blogger.
  5. Selesai.

Fungsi Menu Pada Dasbor Blogger

Sekarang anda sudah mengerti terkait apa itu dasbor blogger dan bagaimana cara mengaksesnya. Selanjutnya, kita akan mulai masuk kedalam pembahasan terkait fungsi berbagai menu yang ada di halaman dasbor blogger.

1.Menu Posts

Menu post dasbor blogger

Pada interface atau desain tampilan dashboard blogspot yang baru, menu posts dibuat berdiri sendiri sehingga ketika pengguna mengakses menu ini langsung bisa melihat artikel postingan.

Selain bisa melihat daftar postingan yang sudah diterbitkan, melalui menu Posts Anda juga bisa melihat Draft artikel, statistik kunjungan per artikel, tanggal publish, jumlah komentar, author, dan juga kategori yang sudah ditambahkan.

2.Menu Stats

Menu Statistik kunjungan blog

Statistik adalah salah satu metrik utama yang kerap digunakan oleh para blogger untuk mengukur kesuksesan blog. Ketika menggunakan platform blogspot, Anda akan disuguhkan data statistik yang lumayan lengkap. Mulai dari hitungan pengunjung perhari, perbulan, pertahun, hingga all time.

Tidak hanya menampilkan statistik pengunjung blog, di tampilan dasbor blogger versi 2020 Anda juga bisa melihat statistik jumlah followers blog, statistik jumlah postingan artikel serta statistik komentar. Sangat lengkap bukan?

3.Menu Comments

Menu post dasbor blogger

Apalah artinya sebuah blog tanpa adanya audiens yang meninggalkan komentar. Jaman dahulu kala sekitar awal tahun 2007-an, komentar menjadi pemicu semangat paling besar bagi blogger. Bahkan, pada waktu itu sampai ada gerakan blogwalking antar sesama blogger untuk menjalin silaturahmi serta saling mendukung kemajuan blog satu sama lain.

Melalui menu Comments pada dashboard blogger, Anda bisa melakukan moderasi seluruh komentar yang masuk. Menyaring komentar yang dianggap spam, serta membalas komentar dari pengunjung yang membutuhkan jawaban.

4.Menu Earnings

Sebagaimana kita ketahui, Google memiliki jaringan periklanan digital bernama AdSense yang menjadi atap bagi para pengais rejeki online. Sebagai anak usaha Google, para pengguna blogspot tentu juga diberikan opsi untuk mendapatkan penghasilan dari Google AdSense dengan cara mendaftar melalui menu ini.

Terlepas dari itu, dalam beberapa kasus ditemukan bahwa blogger tidak bisa mengakses menu Earnings atau menautkan akun ke Google AdSense. Hal ini salah satunya disebabkan karena konten yang kurang memenuhi syarat, minimnya traffic kunjungan, atau tampilan blog yang kurang optimal.

5.Menu Pages

Menu Pages berfungsi untuk membuat halaman statis seperti About Me, Kontak, Privacy Policy, atau Disclaimer.

6.Menu Layout

Menu Layout dashboard blogger

Jika Anda merupakan tipikal blogger yang suka melakukan custom tampilan. Maka menu ini sangat cocok untuk Anda. Pasalnya, melalui menu Layout Anda bisa mengatur berbagai Widget sesuai selera dan kebutuhan.

7.Menu Theme

Sesuai namanya, Menu Theme merupakan tempat dimana Anda bisa melakukan edit theme atau template blog. Di sini Anda bisa mengupload file theme, melakukan backup, atau sekadar ingin mengakses source code yang tertanam di dalam website.

8.Menu Settings

Menu setting redirect blogspot

Menu Setting menjadi tempat untuk mengatur segala hal yang menyangkut pengaturan blog. Salah satu fungsi yang paling sering digunakan adalah pengaturan redirect 301 dari halaman tertentu ke halaman baru.

Selebihnya, Anda bisa mengatur template artikel, menentukan jumlah post yang ingin ditampilkan ketika user membuka halaman depan, serta melakukan pengaturan akses admin, editor, atau author.

9.Reading List

Menu ini mungkin menjadi bagian yang cukup jarang digunakan. Apalagi jika Anda merupakan blogger newbie yang belum memfollow blog orang lain. Di sini Anda akan menemukan suguhan artikel dari berbagai blog yang sudah di follow. Fungsi utamanya yakni untuk memudahkan jika Anda ingin melakukan blogwalking.

Blogspot Lebih Profesional dengan Custom Domain

Ngeblog menggunakan platform gratisan dari blogger.com bukanlah suatu hal yang tabu. Faktanya, platform yang sudah eksis sejak era tahun 2000-an tersebut justru mampu memberikan banyak pengalaman tanpa harus mengeluarkan modal.

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat