Mengenal C# Lebih Detail

bahasa c#

bahasa c#MENGENAL C# LEBIH DETAIL

Bahasa Pemrograman – Mengenal bahasa pemrograman C# lebih detail itu penting dilakukan. Jika kita belum tahu apa itu C# yang dibaca C-sharp, maka bagaimana kita akan mengerti alurnya dan bagaimana kita dapat menulis kodenya? Sebelum masuk ke pengenalan C#, menurut kalian berapa banyak bahasa pemrograman? Ya, jawabannya sangat banyak. Dari yang mudah untuk pemula hingga expert.

Salah satu bahasa pemrograman untuk pemula adalah C#. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai C#, simak artikel berikut ini

Apa itu C#?

C# atau yang dibaca C sharp adalah bahasa pemrograman sederhana yang digunakan untuk tujuan umum, dalam artian bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk berbagai fungsi misalnya untuk pemrograman server-side pada website, membangun aplikasi desktop ataupun mobile, pemrograman game dan sebagainya. Selain itu C# juga bahasa pemrograman yang berorientasi objek, jadi C# juga mengusung konsep objek seperti inheritance, class, polymorphism dan encapsulation.

Struktur Program atau Kode pada C#

Dalam pemrograman C# (mungkin juga berlaku untuk beberapa pemrograman lainnya) memiliki 5 struktur dasar yang harus diingat yaitu,

1. Resource atau library

Struktur pertama ini merupakan pendefinisian library apa yang harus ada pada program kita atau library apa yang kita impor.

2. Namespace

Struktur kedua ini adalah nama dari project kita.

3. Nama Class

Struktur ketiga ini berbicara tentang apa nama dari Class yang kita buat dan bisa juga langsung diberi penanda seperti Main Class yang menandakan bahwa Class tersebut Class utama.

4. Deklarasi Method

Struktur keempat ini merupakan pendeklarasian method sebagai awalan untuk menjalankan method atau perintah yang ada di dalamnya, jika didefinisikan dengan “Main” maka method tersebut yang dijalankan pertama kali oleh compiler.

5. Method atau Command

Struktur kelima adalah method atau perintah yang kita berikan untuk di eksekusi oleh compiler.

Jenis Tipe Data C

1. Tipe data integral

Terdiri atas int, uint, byte, sbyte, shor, ushort, long, ulong dan char. Berikut merupakan tabel secara lengkap dari tipe data integral ini.

2. Tipe data Double dan Float

Tipe data yang kedua ini sangat berhubungan dengan angka desimal, sehingga jika kamu mau menggunakan angka yang memiliki koma harus memakai tipe data ini.

Contohnya double a = 1.34234 kemudian float b = 2.321f (Untuk float belakangnya harus diberi “f”) dan decimal c = 3.232m (Untuk decimal belakangnya harus diberi “m” atau “M”)

3. Tipe data Boolean dan String,

tipe data boolean hanya mengandung True dan False sama seperti pada bilangan biner yang hanya memiliki nilai 1 dan 0. Lalu tipe data string seperti yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan tipe data yang berupa teks seperti “Hello World”, “Belajar C#” dan sebagainya.

Operator Dasar pada C

Operator dasar dalam C# terbagi atas +-*/ dan %.
Operator + adalah operator pertambahan seperti int a = 3 + 4 = 7.
Operator - adalah operator pengurangan seperti int a = 5 - 4 = 1.
Operator * adalah operator perkalian seperti int a = 3 * 4 = 12.
Operator / adalah operator pembagian seperti int a = 8 / 4= 2.
Operator % adalah operator modulus seperti int a = 5 % 4 = 1 .

Contoh Script Code di C#

Hasil gambar untuk c#

Nah, tadi merupakan dasar dasar belajar pemrograman C# ya. Apakah kalian tertarik? Coding ngga sulit kok kalau kalian niat dan bersungguh-sungguh

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat