Mengenal Black Friday dan Sejarahnya

Mengenal Black Friday dan Sejarahnya

Mengenal Black Friday dan Sejarahnya

Apa Itu Black Friday? Ini Sejarah & Definisinya - QwordsJogja One Solution – Black Friday biasanya identik dengan sejumlah promo dan diskon dari berbagai macam produk, terutama yang terpajang di e-commerce.  Melansir Huffpost, 17 November 2020, Black Friday merupakan istilah tidak resmi untuk hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving di Amerika Serikat. Sejak 1952, sehari setelah Thanksgiving dianggap sebagai awal musim belanja Natal di Amerika Serikat. Banyak toko menawarkan promosi pada Black Friday. Bahkan, sejumlah toko mengadakan diskon tengah malam atau mulai berjualan pada hari Thanksgiving. Kita perlu mengenal black friday dan sejarahnya.

 

 

 

Apa Itu Black Friday?

black friday adalah

Apa itu Black Friday? Black friday adalah istilah yang digunakan untuk menyebut hari jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving. Arti black friday yang sebenarnya merujuk pada kejadian mengenaskan yang terjadi di kawasan Philadelphia, Amerika Serikat. Kendati demikian, saat ini black friday lebih identik dengan diskon dan promo spesial yang digelar secara besar-besaran.

Kapan Black Friday?

Black friday sale dirayakan setiap tahun pada hari jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving. Tahun ini Black Friday jatuh pada tanggal 27 November 2020, sementara untuk tahun depan akan digelar pada tanggal 26 November 2021.

Sama seperti namanya, black friday selalu dirayakan setiap hari jumat mulai pukul 00.00 hingga 23.59. Biasanya, toko online di Indonesia ikut merayakan momen ini dengan memberikan diskon produk pilihan setiap jam, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga normal.

Sejarah Black Friday

promo belanja jumat

Menilik dari laman wikipedia, sejarah black friday merujuk pada kejadian di kota Philadelphia, Amerika Serikat pada kisaran tahun 1950-an. Pada zaman dahulu, setiap hari jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving, masyarakat memadati jalan-jalan di seputaran distrik perbelanjaan kota Philadelphia, sehingga menimbulkan kerumunan massa.

Saking ramainya perkumpulan yang terjadi, polisi setempat kerap kali sampai menerjunkan personil ekstra untuk menjaga agar tidak ada kecelakaan atau tindak kriminal yang berpotensi menghilangkan nyawa.

Di era tahun 2000-an, istilah black friday semakin populer di ranah industri e-commerce dan hiburan. Momen ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, baik retail online maupun offline untuk menyebar promo diskon secara gila-gilaan.

Seiring waktu berjalan, kebiasaan tersebut semakin meluas berkat perkembangan internet yang menyebar ke seluruh dunia. Terlepas dari sejarahnya yang kelam, kini black friday sale menjadi salah satu hari favorit para penggemar belanja untuk mendapatkan barang-barang impian dengan harga miring.

Adapun untuk sejarah perayaan black friday di Indonesia, awal mulanya dilakukan pada tahun 2012 atas prakarsa dari brand e-commerce raksasa seperti Lazada Indonesia, Blanja, BerryBenka, Bukalapak, dan sejumlah toko online lainnya. Tradisi ini masih bertahan sampai sekarang.

Tips Belanja Saat Black Friday

apa itu black friday

1.Buat Daftar Belanjaan

Saat Black Friday, penawaran dari toko online biasanya sangat menggiurkan. Nah, untuk menghindari pembelian secara impulsif maka Anda perlu membuat daftar belanjaan barang-barang yang ingin dibeli.

Selain akan menghemat waktu, cara ini juga bisa menjaga agar kantong tidak jebol akibat besarnya godaan promo black friday sale.

2.Cek Harga

Potongan harga merupakan salah satu trik marketing yang usianya sudah cukup lama. Biasanya, vendor kerap kali menggunakan trik diskon gila-gilaan dengan cara menaikkan harga terlebih dahulu sebelum memberikan potongan diskon.

Maka dari itu, Anda harus teliti dan rajin membandingkan harga dengan toko lainnya. Pastikan bahwa harga jual memang benar-benar nyata bukan akal-akalan marketing semata.

3.Jangan Panik

Para pembeli di event black friday kerap kali mengalami kepanikan ketika berbelanja. Hal ini memang wajar, terutama mengingat adanya banyak peringatan terkait keterbatasan waktu dan stok produk yang diberikan oleh vendor.

Tips dari kami, usahakan untuk tidak panik ketika berburu barang di black friday sale, karena setelah event selesai terkadang ada barang yang dijual dengan harga diskon tambahan.

4.Persiapkan Saldo Pembayaran

Tips yang satu ini tidak boleh dilewatkan ketika berburu flash sale, black friday, atau event rebutan lainnya. Pastikan Anda sudah menyiapkan metode pembayaran yang berlaku, lengkap dengan saldo yang mencukupi.

Misalnya, saat ingin membeli nama domain dari perusahaan di luar negeri, maka Anda harus menyiapkan kartu kredit atau paypal yang sudah diisi saldo pembayaran.

5.Pastikan Koneksi Internet Stabil

Ibarat senjata perang, koneksi internet yang stabil merupakan alat tempur utama yang harus dipersiapkan ketika berburu black friday sale. Jangan sampai jaringan internet Anda malah ngadat ketika event flash sale sudah dibuka, karena Anda bakal kehabisan kuota.

Nah, salah satu trik untuk membuat koneksi internet jadi lebih stabil adalah dengan menggunakan provider populer yang memiliki sinyal kuat di sekitar tempat tinggal. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Virtual Private Network (VPN) dari Diego VPN untuk menjaga agar jaringan tetap lancar sekaligus mengenkripsi data-data pribadi.

virtual private network

JOGJA ONE SOLUTION – Kami hadir memberi solusi untuk kebutuhan media promosi bisnis atau usaha Anda. Grafik order dan omzet meningkat. Dapatkan website murah, desain menarik, kompleks, dan full maintenance dengan harga yang terjangkau KLIK DISINI. Atau hubungi kami di Telp (0274) 5017127 | WA : 0888 0289 8802


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat